Daftar Hari Libur Februari 2024, Apakah Ada Cuti Bersama?

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
hari libur februari
Daftar Hari Libur Februari 2024, Apakah Ada Cuti Bersama?

Apakah kamu akan langsung teringat perayaan Hari Valentine jika mendengar kata Februari? Eits, tapi itu bukan hari libur, lho. Ada hari libur Februari 2024 yang juga akan diperingati secara meriah dan khidmat.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan hari libur Februari pada kalender 2024 yang bisa kamu simak.

Daftar Hari Libur dan Cuti Bersama Februari 2024

Hari Libur dan Cuti Bersama Februari 2024

Hari libur nasional dan cuti bersama 2024 ditetapkan bersama 3 kementerian, yaitu Kementerian Agama, Ketenagakerjaan, serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dari penetapan tersebut, dapat kita ketahui bahwa ada dua hari libur nasional Februari 2024, yaitu:

  • Kamis, 8 Februari 2024: Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
  • Sabtu, 10 Februari 2024: Tahun Baru Imlek

Sementara itu terdapat satu cuti bersama, yaitu:

  • Jumat, 10 Februari 2024: Cuti Bersama Tahun Baru Imlek

Baca juga: Daftar Hari Libur Nasional & Cuti Bersama Maret 2024

Tradisi Isra Miraj di Indonesia

Isra Miraj adalah dua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam waktu satu malam. Peristiwa ini menjadi peristiwa penting terutama bagi umat Islam, karena pada saat itu Rasulullah SAW mendapatkan perintah untuk menjalankan sholat 5 waktu sehari semalam.

Isra Miraj diperingati setiap tanggal 27 Rajab tahun Hijriyah. Dalam bahasa Arab, Isra berarti perjalanan malam hari, sedangkan Miraj memiliki arti kenaikan. Isra adalah perjalanan Rasulullah dari Kabah Mekkah ke Masjidil Al Aqsa dengan mengendarai Buraq.

Sedangkan Miraj adalah perjalanan Nabi dari Masjidil Al Aqsa menuju ke langit Ketujuh atau sifratul muntaha. Pada momen itulah Rasulullah mendapat perintah untuk menunaikan salat wajib 5 waktu. Setelah itu, umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah fardlu 5 waktu dalam sehari.

Berikut beberapa tradisi perayaan Isra Miraj di berbagai daerah di Indonesia.

1. Rajaban

Salah satu tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Cirebon, Jawa Barat dalam memperingati Isra Miraj adalah Rajaban. Ini berasal dari kata Rajab, yaitu bulan peristiwa Isra Miraj.

Adapun kegiatan Rajaban di antaranya berziarah ke makam dua orang penyebar agama Islam, yaitu Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan.

2. Ambengan

Selain Rajaban, masyarakat di Jawa Timur dan Jawa Tengah biasanya melangsungkan Ambengan untuk memperingati hari Isra Miraj. Ambengan berasal dari bahasa Jawa yaitu ambeng, di mana artinya wadah dengan ukuran besar.

Ambeng biasanya diisi dengan nasi dan lauk pauk, lalu masyarakat membawanya ke masjid atau mushala setelah sholat Maghrib. Kemudian seorang Kiai akan memimpin doa dan acara dilanjutkan dengan makan bersama.

Tradisi Perayaan Imlek

Tahun baru Imlek pada tahun 2024 jatuh pada bulan Februari. Ini merupakan hari besar agama Konghucu yang juga disebut sebagai tahun baru China.

Imlek sering dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga agar tali persaudaraan semakin erat. Biasanya masyarakat Tionghoa juga kompak mengenakan busana bernuansa merah.

Meski hanya berlangsung beberapa hari, namun pada dasarnya tahun baru imlek dirayakan selama 15 hari, di mana pada hari kelima belas diakhiri dengan tradisi Cap Go Meh.

Hampir sama seperti perayaan tahun baru masehi, tahun baru imlek Cap Go Meh juga identik dengan keramaian. Beberapa tradisi yang sering dilakukan di antaranya menjamu keluarga, pesta kembang api, pertunjukan barongsai, menyalakan lampion, dan berbagi angpao.

Itulah daftar tanggal merah dan hari libur Februari 2024. Untuk kamu yang merayakan peringatan Isra Miraj maupun Imlek, rayakan dengan khusuk dan khidmat sehingga memahami makna perayaan dengan baik.

Untuk kamu yang tidak merayakan lalu merasa gabut karena libur, kamu bisa lho bergabung di suatu komunitas sesuai bidang yang kamu minati. Bergabung di suatu komunitas berarti kamu akan mendapatkan ilmu baru serta memperluas networking. Jadi, pertemanan meluas, ilmu pun bertambah.

Bingung di mana menemukan komunitas yang menyenangkan sekaligus menambah wawasan? Tenang saja, aplikasi KitaLulus memiliki lebih dari 30 komunitas di berbagai bidang pembahasan. Kamu bisa bergabung di satu atau lebih komunitas yang ada di sana.

Caranya mudah. Cukup instal aplikasi KitaLulus lalu lakukan registrasi dengan masuk ke akun Google kamu yang aktif. Setelah itu, kamu bisa klik tab “Komunitas” di bagian bawah. Setelah bergabung, kamu bisa langsung mengobrol dengan seluruh anggota, saling berbagi informasi penting, hingga berbagi info loker, lho.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan dapatkan banyak fitur asik dan bermanfaat dari KitaLulus!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top