Daftar Hari Libur Maret dan Cuti Bersama Nasional 2023

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Memasuki bulan ketiga di tahun 2023, apa yang pertama kali terpikirkan olehmu? Apakah mengecek tanggal merah di bulan Maret 2023? Jika iya, kamu sedang membuka artikel yang tepat karena KitaLulus akan memberikan informasi terkait hari libur Maret 2023.

Kabar gembiranya, hari libur Maret 2023 ada di weekday atau hari kerja, lho, tidak seperti hari libur Januari dan Februari 2023 yang ada di weekend. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut yuk!

Perayaan Nyepi di Hari Libur Maret 2023

Merayakan Nyepi memang menjadi momen sakral untuk umat Hindu. Khusyuk melakukan perenungan dan meninggalkan urusan duniawi sejenak akan dilakukan selama seharian penuh di hari Nyepi ini.

Untuk kamu yang merayakan Nyepi, kamu akan mendapatkan libur di Hari Rabu, 22 Maret 2023. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan jatah cuti bersama di hari berikutnya, yaitu Kamis, 23 Maret 2023.

Jika kamu bekerja dengan waktu kerja 5 hari dalam sepekan, kamu berarti akan mendapatkan hari kejepit, yaitu di Hari Jumat. Dengan begini, kamu bisa menggunakan jatah cuti tahunan dan mengambil satu hari cuti di tanggal 24 Maret 2023. Jadi, nantinya kamu bisa mendapatkan hari libur Maret 2023 selama 5 hari berturut-turut, deh.

Baca juga: Hari Libur April 2023 Terbanyak, Berikut Info Detailnya

Perayaan Hari Raya Nyepi di Indonesia

perayaan hari raya nyepi

Perayaan Nyepi menjadi suatu momen penting di mana masyarakat Hindu melakukan permohonan pada Tuhan Yang Maha Esa untuk menyucikan alam manusia dan alam semesta.

Pada hari ini, seluruh masyarakat Hindu, khususnya Bali tidak melakukan aktivitas apa pun di luar rumah dan hanya menyepi di rumah masing-masing. Selain itu, berbagai aktivitas umum juga ditiadakan, termasuk toko hingga bandara. Hanya rumah sakit yang diperbolehkan untuk tetap beroperasi.

Dalam perayaan Nyepi, terdapat juga beberapa ritual upacara yang dilakukan, seperti berikut.

1. Upacara Melasti

Upacara Melasti dikenal juga dengan sebutan Melis atau Mekiyis. Ini merupakan upacara yang dilakukan pada 3 atau 2 hari sebelum puncak Hari Nyepi.

Pada upacara Melasti, masyarakat Hindu mengarak persembahyangan yang ada di Pura atau tempat-tempat suci menuju sumber air suci yang dianggap mampu menyucikan segala keburukan dalam diri manusia maupun alam, yaitu pantai.

2. Pecaruan

Berikutnya ada upacara Tawur atau Mecaru yang digelar pada hari Tilem Sasih Kesange atau sehari sebelum puncak Hari Raya Nyepi. Upacara ini dilakukan untuk menyucikan, membasmi segala kotoran, dan dilaksanakan di tiap rumah, desa, serta wilayah lainnya.

3. Upacara Pengrupukan

Upacara Mecaru diikuti dengan upacara Pengrupukan yang bertujuan mengusir para Bhuta Kala dari pekarangan rumah dan lingkungan sekitar. Upacara ini identik dengan menabur nasi tawur, mengobori sekitaran, menyemburi rumah dengan mesiu, serta membunyikan benda-benda agar menimbulkan suara gaduh.

Di Bali, biasanya upacara Pengrupukan dimeriahkan dengan pawai ogoh-ogoh yang diarak keliling lingkungan hingga kemudian dibakar.

4. Puncak Nyepi

Puncak Nyepi dilaksanakan pada sasih Kedasa (tanggal 1, bulan ke-10). Momen ini bisa dimaknai sebagai ajang pengakuan dan pengikhlasan. Artinya, sebagai manusia hendaknya mengakui kesalahan dan meminta atau memberi maaf kepada sesama. Setelah Nyepi, biasanya umat Hindu saling mengunjungi rumah tetangga atau kerabat untuk bermaaf-maafan.

Itulah informasi terkait hari libur Maret 2023 yang bisa kamu rayakan. Untuk kamu yang tidak merayakan Nyepi, apa rencana kamu di hari libur Maret 2023 tersebut? Jangan hanya rebahan dan scroll media sosial seharian penuh. Yuk, lakukan kegiatan seru dan bermanfaat.

Kamu bisa mengerjakan hobi kamu untuk kemudian diseriusi menjadi side hustle, lho. Dari hal tersebut, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan freelance dan mendapatkan side income.

Nah, jika kamu belum tahu di mana mendapatkan loker freelance yang terjamin keamanannya, kamu bisa coba aplikasi KitaLulus. Platform pencarian kerja ini menyediakan banyak macam loker, mulai dari loker kontrak, fulltime, work from home, remote, hingga freelance.

Instal aplikasi KitaLulus di smartphone untuk informasi lebih lanjut. Penggunaannya sangat mudah dan tim KitaLulus juga sangat responsif. Jadi, ketika kamu memiliki kendala saat menggunakan aplikasi, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan tim profesional KitaLulus.

Nah, di mana lagi mendapatkan info loker aman dan terpercaya jika bukan aplikasi KitaLulus? Yuk, instal sekarang juga!

Baca Juga: Kalender 2023 Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!