20+ Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia, Tertarik?

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
pekerjaan dengan gaji tinggi
20+ Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia, Tertarik?

Selain karena passion, sebagai pencari kerja pasti kita juga mengincar pekerjaan dengan gaji tinggi. Hal ini tidak mengherankan karena gaji adalah aspek krusial dalam pekerjaan. Semakin tinggi gaji yang ditawarkan, semakin tinggi pula minat pelamar. 

Dari dulu kita percaya, pekerjaan dengan gaji tinggi itu ada di luar negeri. Namun ternyata di Indonesia juga banyak profesi yang menjanjikan gaji besar, lho! Apakah kamu penasaran? Simak informasinya di artikel ini.

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, daftar pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi di Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Corporate Suite Roles (C-Suite Roles)

profesi dengan gaji tinggi

Gaji paling tinggi di Indonesia berada pada level corporate suite, yaitu orang yang duduk di jabatan Chief/Direktur.

Posisi eksekutif di perusahaan seperti Chief Financial Officer, Chief Executive Officer, Chief Operating Officer berkisar Rp137.000.000 hingga Rp250.000.000. Umumnya, mereka memiliki keahlian ilmu dalam properti dan konstruksi, konsumer dan ritel, bisnis dan layanan keuangan, hingga manufaktur.

2. Head of Finance

Posisi head of finance juga mendapatkan gaji tinggi hingga Rp115.000.000 per bulan. Tentu gaji yang besar juga memiliki tanggung jawab yang besar. Posisi ini bertanggung jawab atas keuangan organisasi, mengawasi anggaran di berbagai departemen, melakukan manajemen risiko, mengevaluasi investasi, dan memastikan bisnis perusahaan tetap menguntungkan.

3. Country Sales Manager

Departemen penjualan dalam perusahaan merupakan bagian yang penting. Maka tidak mengherankan bila pemimpin departemen ini akan mendapatkan kompensasi tinggi ketika pekerjaan dilakukan dengan baik. Pekerjaan Country Sales Manager bisa mendapatkan gaji hingga Rp175.000.000. 

Namun, kisaran gaji tersebut tergantung pada industri, ukuran perusahaan, dan volume penjualan perusahaan.

Baca juga: 10 Daftar Daerah dengan UMP 2024 Tertinggi, Ini Juaranya

4. Head of Risk

Seorang yang menduduki posisi ini setidaknya harus memiliki gelar dan pengetahuan terkini tentang peraturan dan regulasi yang terus berubah. Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk melindungi perusahaan dari risiko di berbagai bidang, mulai dari risiko keuangan, kepatuhan, hingga strategi. 

Karena perannya yang sangat krusial, seorang head of risk professional bisa mendapatkan gaji hingga Rp150.000.000.

5. Direktur Marketing

Tidak bisa disangkal, peran direktur marketing sangat penting dalam memperoleh klien atau pelanggan baru serta meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan pasar. Karena ini, seorang direktur marketing dapat memperoleh penghasilan berkisar Rp110.000.000 hingga Rp150.000.000.

6. Direktur Product Management

Jabatan ini memiliki beberapa tanggung jawab tergantung pada industri, proyek, dan ukuran tim yang dikelola. Direktur product management menjadi kunci dalam mengatur dan menyelesaikan proyek perusahaan. Oleh sebab itulah, ia bisa mendapatkan gaji hingga Rp140.000.000.

Baca juga: 7 Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMA, Gaji Besar dan Ada Jenjang Karir!

7. Direktur Teknik

Pekerjaan direktur atau VP of Engineering bertanggung jawab penuh memimpin departemen engineering di perusahaan. Direktur teknik memiliki beberapa tanggung jawab di antaranya merencanakan dan mengarahkan semua aspek kegiatan teknik mulai dari mempekerjakan dan melatih anggota tim baru hingga mengelola proyek dan anggaran teknik.

Seorang direktur teknik di berbagai bidang dapat memperoleh gaji tinggi di Indonesia, mulai dari Rp117.000.000 hingga 129.000.000. 

8. Kepala Pengadaan (Procurement)

Peran kepala pengadaan sangat penting karena bertanggung jawab mengawasi pembelian perusahaan. Kepala pengadaan akan bekerja sama dengan tim keuangan dan logistik menetapkan strategi dan kebijakan pembelian untuk bisa memenuhi anggaran perusahaan dan operasional lainnya. 

Gaji seorang kepala pengadaan di Indonesia bisa mencapai Rp99.000.000.

Kepala Bagian Hukum (Legal)

Pekerjaan dengan gaji tinggi juga didapatkan oleh kepala bagian hukum atau Head of Legal. Posisi ini diharuskan memanfaatkan pengetahuan industri dan berfungsi sebagai penasehat bisnis untuk CEO. Selain itu, ia juga membantu untuk mendorong efisiensi organisasi dengan memanfaatkan teknologi hukum.

Gaji yang didapatkan Head of Legal berkisar Rp57.000.000 hingga Rp91.000.000. 

10. Pekerjaan Teknologi Informasi

Pekerjaan yang semakin banyak peminat di era digitalisasi adalah pekerjaan yang berkaitan dengan internet, salah satunya teknologi informasi. 

Seorang ahli teknologi informasi, atau yang biasa kita ketahui dengan ahli IT merupakan pekerjaan yang banyak dicari oleh perusahaan. Hal inilah yang mendorong profesi ini menjadi salah satu profesi dengan gaji tertinggi.

Gaji seorang ahli IT berbeda-beda bergantung pada keahlian dan banyaknya pengalaman.

Baca juga: 25 Prospek Kerja Teknik Informatika dan Gajinya, Pilih Mana?

11. Ahli Pertambangan

Sesuai data BPS, ahli pertambangan masih jadi primadona dalam pekerjaan dengan gaji tinggi. 

Seiring dengan gajinya yang tinggi, pekerjaan pertambangan memiliki banyak risiko. Selain itu, pekerja tambang harus siap bekerja jauh dari rumah. Namun demikian, peminat pekerjaan pertambangan tetap tinggi.

Seorang fresh graduate di bidang pertambangan bisa mendapatkan upah Rp6-8 juta. Sementara untuk level yang lebih tinggi dan senior bisa mendapatkan kisaran Rp10-40 juta.

12. Ahli Oil and Gas

Ahli Oil and Gas

Terdapat banyak profesi yang bernaung di bidang oil and gas, di antaranya Petroleum Engineer, Engineering Technologist, Geologist, dan Field Services Technician.

Tidak jauh berbeda dengan pertambangan, bidang oil and gas juga menjadi sasaran jobseeker karena gajinya yang tinggi. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini adalah Rp8-15 juta untuk level fresh graduate.

Baca juga: Ini Dia 8 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi untuk Wanita di 2022 & Jurusan Kuliahnya

13. Ahli Konstruksi

Pembangunan infrastruktur terus menerus terjadi di berbagai belahan dunia. Hal tersebut telah membuat ahli konstruksi menjadi profesi yang banyak dicari. Tingginya demand ini menjadikan profesi ahli konstruksi memiliki gaji yang tinggi.

Gaji seorang fresh graduate di bidang ahli konstruksi bisa mencapai Rp7-15 juta. Angka ini terbilang cukup fantastis bagi seorang yang baru masuk ke dunia kerja.

14. Pilot

Setiap pekerjaan pengendara transportasi pasti memiliki tanggungan risiko. Seorang pilot termasuk pekerjaan pengendara transportasi dengan risiko yang cukup berat. Tidak heran pekerjaan ini termasuk salah satu dalam deretan pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia.

Dalam satu kali penerbangan komersil, seorang pilot bisa mendapatkan gaji sebesar Rp20-40 juta.

15. Content Manager

Aktivitas manusia di era smart society ini tak bisa lepas dari gadget. Kegiatan seperti berbelanja pun kini bisa dilakukan dalam genggaman. Oleh karena itu proses pemasaran juga penting untuk dilakukan melalui media internet.

Salah satu profesi yang mengatur strategi pemasaran melalui internet adalah content manager. Hal ini yang membuat content manager banyak dicari oleh perusahaan. Gaji seorang content manager dengan pengalaman lebih dari 5 tahun bisa mencapai Rp20juta.

Baca juga: 10 Pekerjaan Paling Dicari di 2024, Siapkan Dirimu!

16. Dokter Spesialis

Studi ilmu kedokteran masih menjadi favorit banyak lulusan SMA. Untuk menjadi seorang dokter perlu menjalani proses pendidikan yang cukup panjang. Apalagi untuk menjadi seorang dokter spesialis, perlu menempuh pendidikan pascasarjana kembali setelah menyelesaikan coass.

Profesi dokter spesialis sudah pasti memiliki tanggung jawab yang berat. Rata-rata gaji yang bisa didapatkan oleh dokter spesialis berkisar antara Rp10-50juta.

17. Head of Human Resources

Head of Human Resources

Sumber daya manusia di perusahaan merupakan aset yang penting. Oleh karena itu seorang human resources memiliki tanggung jawab tinggi. Tidak heran gaji yang ditawarkan untuk posisi head of HR memiliki nominal yang tinggi pula.

Gaji seorang head of HR umumnya berada pada kisaran Rp30juta.

18. Marketing Associate (MA)

Posisi ini memiliki tugas utama membantu menyusun strategi pemasaran dan membantu untuk menjangkau pelanggan serta prospek. Mereka juga bertanggung jawab melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi tren dan kebiasaan konsumen. Gaji pekerjaan ini ada di kisaran Rp5.000.000 hingga Rp7.000.000 per bulan. 

19. Public Relations Assistant (PR)

Pekerjaan mudah gaji tinggi yang bisa kamu pilih adalah menjadi PR. Gaji rata-rata di Indonesia untuk posisi fresh graduate ada di kisaran Rp5.000.000 sedangkan bila berpengalaman bisa ada di kisaran Rp9.000.000.

Seorang Asisten PR bertanggung jawab membantu tim PR melakukan penelitian, menyiapkan materi, dan memfasilitasi komunikasi antara account eksekutif dan klien. Mereka juga dapat membantu mengembangkan presentasi dan menangani korespondensi. 

20. Staff Perbankan

Pekerjaan dengan gaji tinggi untuk fresh graduate salah satunya adalah menjadi staff bank. Gaji awal seorang staf rata-rata berkisar di angka Rp5.000.000. Tetapi, untuk kedepannya, ada jenjang karier sebagai pengontrol keuangan yang gajinya bisa mencapai angka ratusan juta.

Baca juga: Daftar Gaji Pegawai Bank di Indonesia, Tugas, dan Jenjang Karir

21. Social Media Manager

Main sosmed doang bisa dapat gaji tinggi, mau? Cobalah untuk melamar posisi social media manager, kisaran gajinya di Indonesia adalah Rp17.000.000 hingga Rp33.000.000 per bulan. 

Sebagai seorang social media manager, kamu bertanggung jawab untuk merencanakan, mengembangkan, dan membuat kampanye sosial media untuk perusahaan, serta memantau dan menganalisis kinerja media sosial.

Itulah beberapa pilihan pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia. Apakah kamu tertarik? Temukan lowongan tersebut di KitaLulus.

Bukan hanya membantumu mendapat pekerjaan dengan lebih mudah, KitaLulus juga menyediakan informasi gaji lengkap untuk setiap lowongan kerja yang dipasang. Jadi, kamu bisa lebih leluasa memilih karir dengan pendapatan sesuai impian!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top