Mau Kuliah Sambil Kerja? Ini Tips, Jenis Pekerjaan, Pilihan Universitasnya

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
cara kuliah sambil kerja
Mau Kuliah Sambil Kerja? Ini Tips, Jenis Pekerjaan, Pilihan Universitasnya

Tidak sedikit orang yang ingin melanjutkan kuliah sambil bekerja. Tentu alasannya beragam, mulai dari mencari pengalaman, meringankan biaya kuliah, atau bisa juga meningkatkan kualifikasi pendidikan.

Namun,  ternyata masih banyak yang bingung bagaimana menjalani kehidupan kuliah dan bekerja sampai memilih kampus berkualitas mana saja yang membuka kelas karyawan. Nah, kali ini semua akan KitaLulus bahas secara mendalam. Simak di bawah ini, ya!

Manfaat Kuliah Sambil Kerja

Manfaat kuliah sambil kerja

Kuliah sambil kerja bukanlah hal baru. Walau terkesan melelahkan, tapi banyak orang yang memilihnya karena antara karier dan pendidikan bisa ditempuh secara bersamaan. Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan, seperti:

1. Mandiri Secara Finansial

Banyak dari kita yang tidak bisa melanjutkan jenjang pendidikan kuliah karena terhalang biaya. Jika memaksakan kuliah, akan menjadi beban.

Nah, kuliah sambil kerja bisa jadi jalan keluar untuk permasalahan itu. Kamu tidak lagi perlu risau biaya kuliah akan menjadi beban keluarga karena kamu sudah bisa menanggung sendiri biaya kuliah dari gajimu.

Atau bila mungkin gajimu terbatas, setidaknya kamu bisa meringankan biaya kuliah yang harus dibayarkan oleh orang tuamu.‍

2. Memperkaya Pengalaman

Jika biasanya CV fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja, maka kalau kamu sudah mulai kerja saat kuliah, nantinya kamu bisa memasukkan pengalaman tersebut ke dalam CV. Selain itu, pengembangan keterampilan yang kamu miliki juga akan lebih terlihat dalam CV. 

Dengan begitu, nantinya kamu bisa mendapatkan peluang karier yang lebih luas setelah lulus kuliah.

Baca juga: Pengalaman Organisasi di CV, Perlukah Ditulis? Ini Tipsnya

3. Menemukan Minat Karier

Dengan menjalani kuliah sambil kerja, kamu juga bisa tahu ke mana minat karier kamu ke depannya. Apakah pekerjaan tersebut cocok atau tidak untukmu. Bila tidak, kamu bisa mencari bidang profesi lainnya, atau jika ternyata cocok, keterampilan apa yang bisa kamu asah ke depannya untuk menunjang karier kamu di bidang tersebut.

Sehingga, kamu tidak perlu bingung lagi setelah lulus karier apa yang ingin kamu jalani dan pekerjaan apa yang harus kamu lamar. 

4. Membangun Relasi yang Luas

Lingkungan pertemanan di perusahaan tentu berbeda dengan kampus. Di dunia kerja, kamu bisa memiliki teman dengan usia yang lebih dewasa dan latar belakang yang berbeda-beda. 

Dengan begitu, kamu bisa membangun koneksi dan memiliki relasi yang lebih luas, yang tentunya akan sangat berguna untuk karier kamu ke depannya.

5. Dianggap Punya Dedikasi

Mengutip dari IDS Digital College, kuliah sambil kerja membuat kamu dilihat sebagai seseorang yang berdedikasi dan bertanggung jawab tinggi, apalagi bila kamu bisa menjalankan pekerjaan dan studi dengan baik.

6. Melatih Time Management

Menjalani studi sambil kerja tentu punya beban tanggung jawab yang lebih besar. Kamu harus menyelesaikan tugas di kampus dan pekerjaan di tempat kerja. Kamu harus bisa membagi prioritas keduanya agar bisa berjalan dengan baik. Sehingga di sinilah time management kamu akan terlatih.

Baca juga: 15 Kerja Online Untuk Pelajar yang Bisa Kamu Coba!

Tips Menjalani Kuliah Sambil Kerja untuk Anak Muda

Tips kuliah sambil kerja dan motivasinya

Sudah jadi rahasia umum jika banyak yang beranggapan kuliah sambil kerja itu sulit, kamu harus memilih salah satunya. Padahal asalkan kamu bisa mengatur waktu dengan baik, keduanya bisa berjalan lancar.

Oleh karena itu, ketika kamu memilih untuk kuliah dan bekerja, kamu harus benar-benar fokus dan punya niat untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu. Berikut ini tips menjalani kuliah sambil kerja.

1. Mengambil Kelas Karyawan

Tips pertama agar kuliah dan kerja kamu bisa berjalan dengan efektif adalah mendaftar kuliah kelas karyawan.  Kelas karyawan, seperti namanya memang diperuntukan untuk mereka yang kuliah sambil kerja, biasanya dilakukan pada malam hari setelah jam pulang kantor atau pada hari Sabtu atau Minggu. 

Beberapa universitas yang membuka kelas karyawan juga menawarkan kamu fleksibilitas dengan mengikuti kelas online. Program kelas karyawan ini bisa memudahkan kamu dalam mengatur waktu dan bisa fokus kuliah dan bekerja.‍

2. Manajemen Waktu yang Baik

Kegiatanmu akan double sibuknya, jadi cobalah untuk manajemen waktu sebaik-baiknya. Buat skala prioritas agar semua tanggung jawab bisa terselesaikan. 

Kamu juga harus bisa mengatur jadwal sehari-hari dengan baik. Pastikan jadwal kelas dan kerja tidak bentrok.‍

3.  Pertimbangkan Jarak Antara Kantor, Kampus, dan Tempat Tinggal

Jarak, hal yang juga harus jadi pertimbanganmu ketika memutuskan kuliah sambil kerja. Sebisa mungkin, pilihlah jarak kampus yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kantor, dan pastikan juga terjangkau dari tempat tinggal. 

Hal ini agar kamu tidak terlalu lelah karena menempuh perjalanan yang jauh dan kamu tetap punya waktu istirahat yang cukup atau mengerjakan tugas.

4. Terbuka dengan Tempat Kerja

Hal terpenting agar kuliah dan kerja dapat berjalan lancar adalah membicarakan jadwal kuliahmu dengan atasan tempat kamu bekerja. Dengan begitu, perusahaan juga akan bisa memahami kondisimu sebagai mahasiswa.‍

5. Bila Memungkinkan, Pilih yang Bisa Dilakukan Secara Online

Jika bisa, kamu memilih kuliah online, atau pekerjaan yang dilakukan secara remote. Hari ini, tidak sulit untuk menemukan hal tersebut, ditambah lagi kini banyak tools yang memudahkan hal tersebut.‍

6. Komitmen

Kamu harus bisa menjaga komitmen kamu selama menjalani kuliah dan bekerja. Jangan sampai pada akhirnya kamu mengabaikan salah satunya dan mengorbankannya. Biasanya karena sudah terlalu asik atau lelah di tempat kerja, kuliah jadi terabaikan dan akhirnya ditinggalkan.

Sebaiknya kamu tetap menjaga komitmen kamu hingga bisa meraih gelar sarjana.‍

7. Menjaga Kesehatan 

Agar antara kuliah dan kerja bisa berjalan lancar, pastikan kamu menjaga kesehatan. Pastikan kamu menjaga pola makan, minum vitamin, dan cukup tidur sehingga kesehatan tetap terjaga.

Selain itu, perhatikan juga stress level, saat kamu sudah merasa kelelahan, kewalahan, atau mulai tertekan, luangkan waktu untuk menenangkan diri.‍

Baca juga: Lulus Sastra Korea Kerja Apa? Ini Info Kuliah & 7 Prospek Kerjanya

Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok untuk Mahasiswa

Pekerjaan yang Cocok untuk Mahasiswa

Setelah mengetahui tips dan manfaat kuliah sambil bekerja, tentunya kamu bisa memulai untuk mencari pekerjaan tersebut. Jika kamu masih bingung pekerjaan apa saja yang memungkinkan untuk dilakukan sambil berkuliah, simak rekomendasinya berikut.

1. Desainer Grafis

Bagi kamu yang sedang berkuliah di jurusan desain grafis ataupun memiliki kemampuan di bidang tersebut, kamu sangat mungkin untuk menjadi seorang freelancer desainer grafis.

Dengan kemampuan yang kamu miliki, kamu bisa memulai dengan membuat logo usahamu sendiri. Setelah itu, kamu bisa membuat sebuah portfolio hasil kerjamu guna meyakinkan calon klien.

2. Penulis Konten

Dewasa ini, setiap bisnis berlomba-lomba untuk masuk ke ranah digital. Salah satu caranya adalah dengan membuat website atau situs web.

Untuk membuat bisnis semakin dikenal, situs web yang mereka miliki harus sering dikunjungi oleh pembaca. Agar sering dikunjungi, website harus melakukan optimasi, salah satu caranya adalah dengan rutin membuat konten tulisan.

Oleh karena itulah kini banyak bisnis yang membuka lowongan kerja paruh waktu sebagai penulis konten. Jadi, jika kamu adalah seorang mahasiswa dan suka menulis, kamu bisa mengambil pekerjaan ini selagi berkuliah.

3. Guru Les Privat

Salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa, terutama yang memiliki latar belakang pendidikan adalah menjadi guru les privat.

Selain bisa menjadi tutor untuk adik tingkat, kamu juga bisa mencoba mengajar siswa SD hingga SMA. Kamu bisa mengajarkan pelajaran-pelajaran umum seperti matematika atau bahasa Inggris.

4. Penerjemah

Untuk kamu yang berkuliah di jurusan bahasa dan sastra ataupun memang mahir berbahasa asing, kamu bisa mencoba bekerja menjadi penerjemah.

Sekarang ini pekerjaan penerjemah dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen, artikel, maupun buku. Selain bisa menghasilkan, dengan menjadi penerjemah kamu akan lebih mendalami mata kuliah yang sedang kamu tekuni.

5. Fotografer

Pekerjaan lain yang bisa kamu lakukan selagi berkuliah adalah menjadi fotografer. Profesi yang membutuhkan skill mumpuni ini cukup banyak dicari, lho!

Jika kamu merasa punya passion dan skill dalam bidang fotografi, kamu bisa membuat portfolio dengan mencantumkan foto-foto hasil karyamu untuk ditawarkan kepada calon klien.

Selain itu, di hari libur, kamu juga bisa mengambil proyek fotografi seperti prewedding dan pernikahan.

6. Video Editor

Sejalan dengan fotografer, video editor juga menjadi pekerjaan untuk mahasiswa yang cocok dijalani. Biasanya seorang fotografer bisa bekerja sama dengan video editor dalam sebuah proyek. Misalnya dalam mendokumentasikan acara seperti pernikahan, kelulusan, dan sebagainya.

Jika kamu memiliki skill dalam video editing, kamu bisa mengambil pekerjaan ini. Selain mendapat penghasilan, kamu juga bisa melakukannya dengan senang hati karena sekaligus menyalurkan hobi.

7. Pramusaji

Rekomendasi pekerjaan terakhir yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah menjadi pramusaji. Pekerjaan ini termasuk salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh mahasiswa.

Selain tidak memerlukan keahlian khusus, bekerja menjadi pramusaji juga memiliki waktu yang lebih fleksibel sehingga tidak mengganggu perkuliahan.

Baca juga: Ini Dia 8 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi untuk Wanita di 2022 & Jurusan Kuliahnya

Pilihan Universitas yang Bisa Kuliah Sambil Kerja di Jakarta

Bila kamu masih bingung, memilih kampus terbaik mana yang membuka kelas kuliah karyawan, berikut ini kami sudah siapkan beberapa daftar universitas terbaik yang bisa jadi referensi:

1. Mercu Buana

Universitas swasta ini sudah dikenal dan terkenal dengan jurusan Teknologi Informasi-nya. Selain itu, masih banyak juga jurusan favorit di sini.

Kampus Mercu Buana juga ada di beberapa lokasi seperti Menteng, Depok, Meruya, dan Bekasi sehingga kamu bisa memilih yang paling dekat dengan tempat kerja dan tempat tinggalmu.‍

2. Bina Nusantara (Binus)

Siapa yang tidak kenal kampus Binus? Kampus swasta ini sudah sangat terkenal bahkan alumninya juga disegani di dunia kerja. Binus juga membuka beberapa kuliah karyawan di malam hari, dan juga sistem pembelajarannya mayoritas sudah dilakukan secara online. ‍

3. Universitas Terbuka

Universitas terbuka adalah salah satu pilihan terbaik bila kamu ingin kuliah kelas karyawan. Semua pembelajaran sudah dilakukan secara online, jadi kamu tidak perlu datang ke kampus. Jurusan yang tersedia juga banyak, selain itu biayanya relatif terjangkau.

4. Universitas Indraprasta (Unindra)

Unindra sudah terkenal dengan kampus kelas karyawan terbaik di Jakarta. Ada banyak jurusan yang bisa kamu ambil, mulai dari komunikasi, DKV, dan lainnya.‍

5. Universitas Jayabaya

Pilihan kampus lainnya jika ingin kuliah sambil kerja adalah Universitas Jayabaya. Di sini kamu bisa mengikuti kelas karyawan yang tersedia pada malam hari atau pada akhir pekan. Sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal kerjamu.

Selain itu, biaya kuliah di Jayabaya diketahui relatif terjangkau dengan kualitas pendidikan yang bersaing dengan universitas swasta lainnya. Sehingga bisa sekali jadi bahan pertimbanganmu. ‍

Nah, itulah informasi untuk kamu yang berniat kuliah sambil kerja. Semoga kamu semakin yakin menjalani keduanya, ya! Jika kamu mencari pekerjaan yang sesuai dengan jam kuliah, kamu bisa daftar di KitaLulus. Ada berbagai pilihan kerja mulai dari freelance, part time, atau full time yang sesuai dengan minatmu. Yuk, temukan pekerjaan freelance favoritmu di KitaLulus dan jadi sarjana gemilang banyak pengalaman!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top