30 Tempat Wisata di Malang Hits yang Wajib Dikunjungi

Naura Agustina
Naura Agustina

Digital marketing enthusiast. Menekuni kepenulisan di bidang karir dan bisnis

Isi Artikel

Salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi di Provinsi Jawa Timur adalah Malang Raya. Daerah ini terdiri dari tiga kabupaten/kota yaitu Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Malang Raya memiliki banyak jenis destinasi wisata, dari wisata alam, kuliner, sejarah, hingga religi.

Selain terkenal dengan apelnya, Malang juga terkenal memiliki potensi wisata yang cukup baik. Bagi kamu yang belum pernah ke Malang tetapi punya rencana untuk menghabiskan liburan akhir tahun di Malang, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Malang yang bisa kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Malang

1. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise
Sumber: Laman Resmi Malang Night Paradise

Salah satu tempat wisata di Malang yang lagi hits adalah Malang Night Paradise. Tempat wisata ini menyajikan keindahan taman dengan gemerlap lampu LED dan lampion yang menjadikannya sebuah wisata swafoto menarik.

Selain berswafoto, di tempat ini kamu bisa menjajal berbagai wahana permainan yang dapat dicoba oleh segala usia. Wahana-wahana tersebut di antaranya Magic Journey 2, Roemah 147, Adventure Land, dan Museum Ganesya.

Jam buka: 17.45-22.00 WIB

Alamat: Jl. Graha Kencana Raya Jl. Raya Karanglo No.66, Karanglo, Balearjosari, Kec. Blimbing, Kota Malang

Harga tiket: (Senin-Jumat) Rp55.000,00, (Sabtu, Minggu, Hari Libur) Rp65.000,00

2. Pantai Parang Dowo

Pantai Parang Dowo merupakan salah satu pantai yang berada di selatan Kabupaten Malang. Daya tarik pantai ini terletak pada deretan batuan karang yang membujur panjang dari sisi timur ke sisi barat.

Karang-karang tersebut berfungsi untuk melindungi pantai dari terjangan ombak besar. Pantai ini sering digunakan sebagai spot foto yang eksotik, lho!

Jam buka: 24 jam

Alamat: Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang

Harga tiket: Rp10.000,00

3. Flora Wisata Santerra de Laponte

Flora Wisata Santerra de Laponte
Sumber: Travels Promo

Jika kamu menyukai wisata flora, maka Santerra de Laponte adalah pilihan yang tepat. Terdapat 700 jenis bunga yang terhampar di kawasan wisata ini. Bunga-bunga tersebut terdiri dari bunga lokal dan beberapa didatangkan dari luar negeri. Area taman bunga sendiri dibagi menjadi indoor dan outdoor. 

Selain melihat bunga dan berfoto-foto, di tempat ini juga tersedia berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati oleh anak-anak, seperti rumah balon, trampolin, bumper car, dan sebagainya.

Jam buka: 08.00-17.00 WIB

Alamat: Jalan Raya Madya, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Kabupaten Malang

Harga tiket: (Senin-Jumat) Rp20.000,00, (Sabtu, Minggu, Hari Libur) Rp25.000,00

4. Alun-alun Malang

Alun-alun Malang adalah salah satu ruang terbuka di Malang yang dipergunakan oleh masyarakat untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga atau teman.

Di tengah alun-alun ini terdapat sebuah air mancur yang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, Alun-alun Malang juga sudah dilengkapi dengan fasilitas WiFi.

Jam buka: 24 jam

Alamat: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang

Harga tiket: Gratis

5. Teluk Bidadari

Teluk Bidadari
Sumber: Daka Tour

Teluk Bidadari adalah sebuah cekungan besar berisi air yang dikelilingi oleh karang-karang eksotis. Tempat ini bisa digunakan untuk berenang sambil melepas penat dari kegiatan sehari-hari.

Selain itu, kita juga bisa menikmati semburan air dari balik karang yang merupakan terjangan ombak dari Pantai Mbehi. Konon air yang terdapat di Teluk Bidadari adalah air bekas terjangan ombak yang mengalir dari karang.

Jam buka: 24 jam

Alamat: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang

Harga tiket: Rp10.000,00

6. Alun-alun Kota Batu

Tidak seperti di alun-alun di kota lain, ada hal menarik yang terdapat di Alun-alun Kota Batu, yaitu sebuah bianglala besar dengan gemerlap lampu warna warni. Jika ingin mencoba wahana ini kamu hanya perlu membayar sekitar Rp10.000,00.

Selain naik Bianglala, di Alun-alun Kota Batu juga bisa menjadi kawasan berkumpul keluarga dan tempat bermain anak-anak yang menyenangkan.

Jam buka: 24 jam

Alamat: Alun-alun Kota Wisata Batu, Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu

Harga tiket: Gratis

7. Taman Langit Gunung Banyak

Taman Langit Gunung Banyak
Sumber: Travels Promo

Salah satu tujuan berwisata adalah untuk mendapatkan foto yang menarik. Jika kamu menyukai wisata dengan tempat Instagrammable, kamu bisa mengunjungi Taman Langit Gunung Banyak.

Di sini juga terdapat kafe dan penginapan bagi pengunjung. Lokasinya terletak di atas bukit sehingga terlihat dekat dengan langit. Itulah mengapa dinamakan Taman Langit.

Jam buka: 07.00-21.00 WIB

Alamat: Jl. Gunung Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu

Harga tiket: Rp10.000,00

8. Taman Rekreasi Selecta

Taman Rekreasi Selecta memiliki banyak bunga berbagai warna dengan cuaca sejuk dan pemandangannya yang masih asri.

Selain taman bunga, di tempat ini tersedia kolam pemandian atau kolam renang yang dapat dinikmati bersama keluarga. Tak lupa, terdapat pula beberapa wahana permainan anak hingga bioskop 4D. 

Jam buka: 06.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Raya Selecta No.1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu

Harga tiket: Rp40.000,00

Baca juga: 15 Tempat Healing di Bogor Terbaik, Dijamin Refreshing!

9. Jatim Park 1

Jatim Park 1
Sumber: Detikcom

Jatim Park 1 merupakan destinasi wisata yang menyajikan berbagai macam sarana edukasi yang dipadukan dengan wahana hiburan. Selain terdapat Taman Fisika, Taman Sejarah, Galeri Etnik dan sebagainya, di sini juga terdapat wahana hiburan seperti Himalaya Coaster dan Flying Tornado.

Jam buka: 08.30-16.30 WIB

Alamat: Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu

Harga tiket: Rp100.000,00 - Rp110.000,00

10. Jatim Park 2

Berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 menawarkan wisata kebun binatang interaktif dan memamerkan aneka satwa. Di area Jatim Park 2 terdapat beberapa tempat yang bisa dikunjungi seperti Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park.

Jam buka: 09.30-17.00 WIB

Alamat: Jalan Oro-Oro Ombo Nomor 9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu

Harga tiket: Rp130.000,00

11. Jatim Park 3

Jatim Park 3
Sumber: Travels Promo

Masih dari Jatim Park Group, tempat wisata yang wajib dikunjungi jika kamu berlibur ke Malang adalah Jatim Park 3. Daya tarik dari tempat ini adalah penggunaan tema-tema yang unik seperti Dino Park, Millenial Glow Garden, dan Funtech Pizza yang disajikan dengan konsep wisata keluarga masa kini.

Jam buka: 11.00-20.00 WIB

Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu

Harga tiket: Rp30.000-Rp160.000

12. Eco Green Park

Seperti penjelasan sebelumnya, Eco Green Park merupakan destinasi wisata yang terdapat dalam area Jatim Park 2. Sesuai namanya, tempat wisata ini menyajikan pengalaman berpetualang yang berkaitan erat dengan alam.

Yang bisa dilakukan di Eco Green Park di antaranya berpetualang di hutan, bertemu aneka hewan, hingga belajar mendaur ulang sampah.

Jam buka: 08.30-16.30 WIB

Alamat: Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu

Harga tiket: (Senin-Kamis) Rp50.000,00, (Jumat-Minggu, Hari Libur) Rp70.000,00

13. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo
Sumber: RivaWidya Trans

Coban Rondo berasal dari kata “coban” yang berarti air terjun dan “rondo” yang berati janda. Nama ini diambil dari legenda Dewi Anjarwati yang kehilangan suaminya saat ia diminta bersembunyi di tempat yang terdapat air terjun. Konon, batu besar yang terletak di bawah air terjun itu adalah tempat di mana Dewi Anjarwati duduk menunggu suaminya. 

Selain air terjun, di area tersebut juga terdapat wahana seperti flying fox, labirin, hingga kebun buah.

Jam buka: 08.00-16.00 WIB

Alamat: Jalan Coban Rondo Krajan, Pujon, Malang

Harga tiket: (Weekday) Rp30.000,00, (Weekend) Rp40.000,00

14. Taman Rekreasi Sengkaling

Taman Rekreasi Sengkaling adalah tempat wisata air (waterpark) yang bisa dikunjungi bersama seluruh anggota keluarga. Tempat ini memiliki banyak wahana yang terhampar di lahan seluas 9 hektar. Selain itu, area waterpark juga dikelilingi oleh pohon-pohon rindang.

Yang menarik dari Taman Rekreasi Sengkaling adalah bahwa airnya berasal dari mata air alami pegunungan. Bahkan jika kamu berenang di Kolam Tirta Alam, konon kamu akan awet muda.

Jam buka: 08.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Raya Mulyoagung No.188, Sengkaling, Kec. Dau, Kabupaten Malang

Harga tiket: (Weekday) Rp30.000,00, (Weekend) Rp35.000,00

15. Mata Air Sumber Sirah

Mata Air Sumber Sirah
Sumber: Instagram @sumbersirah

Mata Air Sumber Sirah adalah salah satu destinasi wisata yang cocok bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata alam di Malang. Jernihnya mata air di sini bisa membuatmu melihat dengan jelas ikan-ikan, ganggang hijau, serta ekosistem lain yang berada di dasar air.

Untuk kamu yang menyukai pemandangan bawah air, kamu bisa juga melakukan snorkeling di Mata Air Sumber Sirah ini.

Jam buka: 07.00-17.00 WIB

Alamat: Jalan Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Kec. Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65174

Harga tiket: Rp10.000,00

16. Taman Kunang-kunang

Tempat wisata Taman Kunang-kunang menyajikan keindahan penataan lampu. Tempat ini terbagi menjadi beberapa area yang disebut plaza. Setiap plaza memiliki daya tarik yang berbeda-beda.

Tempat ini biasa dikunjungi di malam hari karena penataan lampu LED terlihat lebih menarik. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk berswafoto.

Jam buka: 24 jam

Alamat: Jalan Jakarta Oro-oro Dowo, Penanggungan, Kec. Klojen, Kota Malang

Harga tiket: Rp10.000,00

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Jogja yang Lagi Hits Selain Malioboro

17. Kampung Warna-warni Jodipan

Kampung Warna-warni Jodipan
Sumber: Pegipegi

Kampung Warna-warni Jodipan adalah salah satu dari kampung tematik yang ada di Malang. Yang menarik dari kampung ini adalah setiap rumah dan jalannya dicat dengan warna mencolok.

Tempat ini memiliki banyak spot foto yang Instagramable sehingga sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berswafoto ria.

Jam buka: 07.00-18.00 WIB

Alamat: Jl. Zaenal Zakse Jl. Ir. H. Juanda 6, Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang

Harga tiket: Rp5.000,00

18. Dino Mall

Salah satu tempat wisata unik di Batu adalah Dino Mall, sebuah mall yang di dalamnya memiliki banyak jenis wahana permainan edukatif. Dino Mall ini masih termasuk ke dalam wilayah Jatim Park 3.

Salah satu wahana yang menarik di sini yaitu The Legend Star. Kamu bisa melihat replika Istana Bogor hingga Majapahit Zone. Jika kamu menyukai selfie, kamu dapat mengunjungi wahana Terminal Selfie.

Jam buka:  (Weekday) 11.00-20.00 WIB, (Weekend) 11.00-21.00 WIB

Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu

Harga tiket: (Weekday) Rp125.000,00-Rp140.000,00, (Weekend) Rp155.000,00-Rp160.000,00

19. Kampung Biru Arema Malang

Kampung Biru Arema Malang
Sumber: Antara News

Arema adalah sebuah klub sepak bola asal Malang yang juga menjadi kebanggaan masyarakat Malang Raya. Bahkan terdapat sebuah kampung yang dicat full biru yang identik dengan warna dasar logo Arema. Selain itu, di kampung ini wisatawan juga bisa mengetahui segala hal berkaitan dengan Arema.

Jam buka: 08.00-19.00 WIB

Alamat: Jalan Embong Brantas, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang

Harga tiket: Rp2.500,00 (Donasi Rp25.000,00)

20. Wisata Alam Brakseng

Bagi kamu penikmat wisata alam, maka tak boleh melewatkan Wisata Alam Brakseng saat berkunjung ke Kota Batu. Destinasi ini memiliki lahan dengan berbagai jenis tanaman pertanian yang terhampar seluas 200 hektar.

Keindahan Wisata Alam Brakseng semakin bertambah dengan keberadaan jurang, pegunungan, dan lembah yang menjadi latar. Banyak pecinta alam datang ke tempat ini untuk berfoto atau sekadar menikmati pemandangan.

Jam buka: 06.00-17.00 WIB

Alamat: Kawasan Brakseng, Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu

Harga tiket: Rp5.000,00

21. Taman Kemesraan

Taman Kemesraan
Sumber: Post Malang

Penggabungan wisata alam dengan edukasi kultur Jawa diusung sebagai konsep Taman Kemesraan. Di sini terdapat beberapa patung termasuk patung pasangan Kamaratih dengan Kamajaya.

Di Taman Kemesraan kamu bisa melakukan aktivitas berfoto, berenang, bahkan berdayung. Selain itu, disediakan juga fasilitas penyewaan tenda bagi pengunjung yang ingin menginap.

Jam buka: 08.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Tretes, Bendosari, Pujon, Kabupaten Malang

Harga tiket: Rp15.000,00

22. Batu Flower Garden

Jika Kabupaten Malang memiliki Flora Wisata Santerra, Kota Batu memiliki Batu Flower Garden. Kedua tempat ini menyajikan wisata taman bunga yang bisa dijadikan sarana edukasi maupun spot foto menarik.

Bila kamu ingin berfoto di spot yang sudah disediakan oleh pengelola, kamu harus membayar tiket tambahan yang berkisar antara Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00.

Jam buka: 08.00-16.00 WIB

Alamat: Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu

Harga tiket: Rp37.500,00

23. Taman Kelinci Pujon

Taman Kelinci Pujon
Source: Google Maps Image

Seperti namanya, di taman ini terdapat banyak jenis kelinci. Selain itu di Taman Kelinci Pujon juga terdapat sebuah replika rumah hobbit yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Di Taman Kelinci Pujon, anak-anak bisa berinteraksi dengan kelinci-kelinci yang bebas berkeliaran di taman. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok jika kamu mencari tempat wisata yang ramah anak.

Jam buka: 09.00-17.00 WIB

Alamat: Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Kota Batu

Harga tiket: Rp20.000,00, (Anak 1-4 tahun) Rp10.000,00

Baca juga: 30 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits dan Terfavorit

24. Hill House

Jika kamu mencari tempat wisata kuliner saat berkunjung ke Kota Batu, Hill House bisa menjadi destinasi yang unik. Hill House sendiri merupakan sebuah restoran yang juga dapat dijadikan tempat nongkrong. Saat menyantap makanan di Hill House kamu akan dimanjakan dengan udara sejuk khas Kota Batu dan pemandangan alam yang eksotis.

Jam buka: 11.00-23.00 WIB

Alamat: Jl. Mawar, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu

Harga tiket: -

25. Bumi Kitiran Batu

Bumi Kitiran Batu
Sumber: Malang Channel

Dinamai Bumi Kitiran karena di tempat ini terhampar ribuan kincir angin kecil berwarna-warni seperti pelangi. Selain ribuan kincir angin kecil yang bisa menjadi spot foto menarik, dari tempat ini juga terlihat dengan jelas panorama Gunung Panderman yang bisa menjadi latar foto yang cantik.

Jam buka: 09.00-17.00 WIB

Alamat:  Dusun Binangun, Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Harga tiket: Rp10.000,00

26. Goa Pinus

Wisata Instagramable di Malang memang seakan tiada habisnya. Selain wisata buatan, banyak juga wisata alam yang bisa menjadi spot foto cantik, salah satunya Goa Pinus. Di tempat ini kamu bisa berfoto di berbagai titik yang menarik dengan latar pemandangan yang masih asri.

Jam buka: 07.00-17.30 WIB

Alamat: Gg. Mbah Ba'i, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu

Harga tiket: Rp5.000 (Rp10.000,00 saat hari libur)

27. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular
Sumber: Laman Resmi Jatim Park Group

Jika kamu sedang mencari tempat wisata di Batu Malang, kamu bisa mengunjungi Batu Night Spectacular (BNS). BNS merupakan tempat wisata yang menyajikan berbagai wahana yang bisa dinikmati oleh berbagai usia. Wahana yang bisa kamu jajal di antaranya Gravitron, Flying Swinger, Merry Go Round, Sepeda Gila, hingga Rumah Hantu.

Jam buka: 15.00-23.00 WIB

Alamat: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu

Harga tiket: (Senin-Kamis) Rp35.000,00, (Jumat, Sabtu, Minggu, Hari Libur) Rp40.000,00

28. Bukit Nirwana

Bukit Nirwana adalah salah satu tempat berkemah yang ada di Kabupaten Malang. Yang menarik adalah jika kita berkemah di Bukit Nirwana, kita juga bisa menikmati live music yang diadakan pada malam hari.

Bukit Nirwana juga akan menjadi tempat yang pas untuk berburu sunrise karena dikelilingi oleh gunung seperti Gunung Kawi dan Gunung Arjuno. Jika tidak ingin berkemah, tempat ini tetap bisa kamu nikmati karena memiliki pemandangan yang sangat cantik dan asri.

Jam buka: 06.00-22.00 WIB

Alamat: Tulungrejo, Pujon Kidul, Pujon, Kabupaten Malang

Harga tiket: Rp10.000,00 (Paket berkemah: Rp400.000,00)

29. Museum Angkut

Museum Angkut
Sumber: Laman Resmi Jatim Park Group

Destinasi wisata lainnya yang berada di Kota Batu adalah Museum Angkut. Museum transportasi dan tempat wisata modern ini memiliki lebih dari 300 koleksi angkutan baik tradisional maupun modern.

Di lahan seluas lebih dari 3 hektar ini terdapat berbagai jenis moda transportasi yang dibagi menjadi berbagai zona, seperti Zona Sunda Kelapa, Zona Eropa, Zona Gangster Town, hingga Zona Istana Buckingham.

Setiap zona memamerkan koleksi angkutan yang berasal dari zona tersebut. Selain itu, atmosfer setiap zona juga dirancang semirip mungkin dengan keadaan aslinya.

Jam buka: 12.00-20.00 WIB

Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu

Harga tiket: (Senin-Jumat) Rp100.000,00, (Sabtu, Minggu, Hari Libur) Rp110.000,00

30.  Wisata Tubing Wringinanom

Jika kamu sedang mencari tempat wisata yang memicu adrenalin, maka tempat ini cocok untuk kamu kunjungi. Tubing Wringinanom adalah sebuah wisata river tubing ditemani pemandangan sepanjang aliran sungai.

Terdapat 2 pilihan jalur yang bisa kamu ambil, yaitu jalur sepanjang 3 KM dan jalur sepanjang 5 KM. Kegiatan river tubing dilakukan di aliran Sungai Amprong yang cukup deras. Namun pengunjung tidak perlu khawatir karena akan diberikan perlengkapan keselamatan.

Jam buka: (Senin-Kamis) 09.00-15.00 WIB (Jumat-Minggu) 07.00-15.00 WIB

Alamat: Desa Wringinanom, Poncokusumo, Malang

Harga tiket: (Weekday) Rp85.000,00, (Weekend) Rp125.000,00

Baca juga: 15 Tempat Healing di Jakarta Paling Seru dan Terjangkau

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat sedang bepergian ke Malang.

Jika akhir tahun ini kamu belum bisa bepergian ke Malang karena belum menemukan pekerjaan, maka tidak perlu khawatir. Kamu bisa mulai mencari pekerjaan impianmu di KitaLulus.

KitaLulus merupakan platform pencarian kerja teraman. Di platform ini terdapat puluhan ribu lowongan pekerjaan yang bisa kamu filter sesuai dengan lokasi dan rentang gaji yang kamu inginkan.

Caranya mudah, kamu cukup mengunduh aplikasi KitaLulus, mendaftarkan diri, dan langsung bisa mulai mencari pekerjaan impian. Agar bisa punya pekerjaan baru di tahun baru, yuk segera unduh aplikasi KitaLulus!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up