10 Jenis Kerja Part Time untuk Mahasiswa & Info Lowongannya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Kerja part time bisa jadi peluang kerja ideal untuk kamu yang mungkin saat ini masih menempuh pendidikan tapi ingin mempunyai pengalaman kerja dan uang jajan tambahan.

Saat ini, cukup banyak perusahaan atau juga UMKM yang membuka kesempatan untuk bekerja paruh waktu atau part time. Nah, untuk kamu yang tertarik, wajib baca artikel ini dulu!


Apa Itu Kerja Part Time?

Kerja part time adalah bekerja dengan waktu setengah dari jam kerja normal atau full time. Contohnya, bila karyawan full time bekerja selama 40 jam per minggu, maka sebagai pekerja part time, jam kerja kamu kurang dari 40 jam per minggu. Bisa jadi hanya 15 sampai 25 jam per minggunya.  

Selain dari segi jam kerja, pekerjaan part time juga biasanya bersifat sementara. Tipe pekerjaan ini biasanya membutuhkan pertukaran shift, seperti bekerja di restoran, cafe, jadi SPG, dan lainnya. Walaupun begitu, pekerja paruh waktu tetap tidak bisa disamakan dengan pekerja shift, karena pekerja shift harus bekerja 8 jam dalam satu shift.


Keuntungan Kerja Part Time

Melakukan kerjadipilih sebagian orang karena membuat mereka merasakan berbagai keuntungan, selain dari segi penghasilan. K

1. Menambah Skill Baru

Tidak bisa dipungkiri lagi, persaingan mencari kerja yang ketat membuat kamu harus punya berbagai skill. Nah, dengan bekerja part time, kamu jadi punya kesempatan  untuk menambah skill baru yang dibutuhkan di dunia kerja.

2. Meningkatkan Keterampilan Manajemen Waktu

Secara tidak langsung, bekerja paruh waktu dapat membuatmu meningkatkan keterampilan manajemen waktu. Ini semua karena waktu kerja yang fleksibel sehingga kamu diminta untuk mengatur waktu dengan bijak.

3. Bisa Bekerja di Beberapa Tempat

Karena jam kerja yang tidak full, kamu bisa bekerja part time di beberapa tempat. Hal ini tentu sesuatu yang tidak bisa dilakukan jika kamu bekerja full time karena kamu terikat perjanjian kerja dengan perusahaan yang memberi kerja.

4. Bisa Mendapatkan Peluang Kerja Full Time

Tidak menutup kemungkinan setelah kamu bekerja part time di sebuah perusahaan, kamu bisa diangkat menjadi pekerja full time. Setelah melihat bagaimana kinerja dan skill kamu selama bekerja, daripada perusahaan harus mencari kandidat lainnya yang belum tentu cocok, mereka cenderung akan memilih orang yang sudah pernah bekerja dengan mereka.

5. Menambah Relasi dan Pengalaman

Relasi dalam dunia kerja sangat penting, hal ini bisa kamu dapatkan dari bekerja sebagai part time. Selain itu, semakin banyak projek yang kamu kerjakan, tentu ini akan sangat baik untuk pengalaman kerja yang bisa kamu tulis di CV.

Baca juga: 30 Contoh Keahlian dalam CV yang Menarik Perhatian HRD


Jenis Kerja Part Time

Berikut beberapa jenis pekerjaan yang biasanya membuka peluang paruh waktu.

1. Fotografer

Pekerjaan ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki hobi fotografi. Ada banyak peluang kerja sebagai fotografer. Baik fotografer panggilan untuk pernikahan atau fotografer studio, prewedding, hingga acara lain.

Gaji kerja part time sebagai fotografer cukup besar, lho. Selain itu, waktunya juga bisa kamu sesuaikan.

2. Guru Les

Apa kamu merasa cukup pintar di bidang akademis atau mahir memainkan alat musik? Nah, manfaatkan ini untuk mencari lowongan kerja part time sebagai guru les. Ada banyak jenis les yang bisa dilakukan, dari mengajar pelajaran sekolah, guru ngaji, privat baca tulis, atau bahkan mengajar musik.

3. Barista atau Waiter

Cafe atau coffee shop sangat sering membuka lowongan untuk pekerja part time menjadi barista atau waiter. Jenis pekerjaan ini juga banyak dipilih oleh mahasiswa yang mencari uang tambahan.

Baca juga: Gaji Barista, Skill, dan Cara Menjadi Barista Profesional

4. Tour Guide atau Tour Leader

Jika kamu suka jalan-jalan dan mahir berbahasa asing, jenis pekerjaan part time satu ini pas banget kamu coba. Terlebih lagi jika di sekitar kamu banyak sekali tempat wisata yang menarik.

Selain menjadi tour guide, kamu juga bisa bekerja jadi tour leader. Beberapa agen tour biasanya membuka lowongan tour leader paruh waktu. 

5. Penerjemah

Manfaatkan kemampuan kamu dalam berbahasa asing untuk menghasilkan cuan! Jika skill bahasa asing kamu sudah mumpuni, tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaansebagai penerjemah bahasa asing. Menjadi penerjemah di sini berkaitan dengan menerjemahkan dokumen.

6. SPG

Perusahaan juga banyak membuka kesempatan kerja part time untuk SPG. Biasanya ketika ada produk baru yang diluncurkan, kebutuhan SPG akan meningkat. Jika kamu mempunyai keterampilan berkomunikasi yang baik, pekerjaancocok untuk kamu.

Persyaratan untuk melamar sebagai SPG juga tidak terlalu sulit, kok. Menjadi SPG juga bisa menambah relasi kamu. Lumayan kan  bisa jadi rekan bisnis atau jadi sumber info lowongan kerja. 

7. Desainer Grafis

Bila kamu menguasai beberapa aplikasi desain seperti Photoshop atau Adobe Ilustrator, kamu bisa menjadi desainer grafis. Apa lagi hari ini sangat banyak bisnis yang membutuhkan jasa desain grafis, baik itu untuk kebutuhan membuat konten atau kebutuhan lainnya.

8. Penjaga Toko

Lowongan kerja part time menjadi penjaga toko juga cukup banyak. Kamu bisa mencari toko yang tidak terlalu jauh dari lokasi tempat tinggal kamu. 

Bekerja menjadi penjaga toko juga bisa memberimu keuntungan. Misalnya jika kamu bekerja sebagai penjaga toko buku, selagi berjaga, kamu bisa memanfaatkan itu untuk membaca buku-buku yang bisa menambah pengetahuan kamu.

9. Penulis

Jenis kerja part time untuk mahasiswa berikutnya yaitu menjadi penulis. Yup, untuk menjadi penulis tentu saja kamu harus memiliki keahlian menulis yang baik serta update dengan tren.

Salah satu yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan saat ini adalah penulis blog. Mereka membutuhkan penulis yang mampu membuat konten artikel berkualitas untuk meningkatkan brand awareness. Gaji penulis juga sangat lumayan, lho! Apakah kamu tertarik mencobanya?

10. Crew WO

Menjadi crew WO adalah salah satu jenis pekerjaan paruh waktu yang mengasyikkan. Pasalnya, kamu akan menjalin relasi dengan vendor-vendor lain dan merancang suatu acara agar berjalan meriah.

Biasanya sebagai crew WO kamu akan mendapat bayaran per event. Kualifikasi yang diminta pun tidak sulit, kok. Dan kebanyakan kamu akan bekerja di hari Sabtu-Minggu.

Baca juga: 17 Macam Kerja Online Mengetik dengan Gaji Menggiurkan


Berapa Gaji Kerja Part Time?

Pertanyaan satu ini pasti menjadi pertanyaan semua orang yang ingin bekerja paruh waktu. Perlu kamu ketahui sebelumnya, tipe pekerja ini tidak memiliki kontrak kerja seperti pegawai tetap di kantor. 

Sebagai part timer kamu bisa membuat kesepakatan dengan perusahaan atau orang yang memberikan pekerjaan, seperti masalah upah yang dibayarkan dan juga fasilitas-fasilitas yang mungkin akan didapat. 

Gaji yang didapat dari bekerja part time biasanya dihitung perhari (harian) dan diakumulasikan selama hari pegawai tersebut bekerja.

Tips Mendapatkan Kerja Part Time

Apakah kamu tertarik untuk bekerja secara part time, tapi masih belum tahu bagaimana menemukan info lowongannya? Beberapa tips di bawah ini akan memberikan kamu titik cerahnya.

1. Ikuti Akun-akun Media Sosial Loker di Daerahmu

Saat ini ada banyak akun medsos yang mengkhususkan diri dalam menginfokan lowongan. Jika kamu cari di platform media sosial Loker Jogja, Loker Jakarta, Loker Bandung, kamu pasti bisa menemukannya.

2. Mencari Peluang dari Kenalan

Hilangkan gengsimu untuk menanyakan kepada kenalan atau teman, apakah ada lowongan kerja yang bisa kamu lamar. Inilah mengapa pentingnya menjaga relasi yang baik dengan banyak orang di lingkungan sosial.

3. Memanfaatkan Lowongan Kerja

Tips mencari kerja part time terakhir adalah dengan memanfaatkan situs lowongan kerja. Saat ini ada banyak website yang menyediakan info lowongan kerja. Kamu bisa mendaftar di beberapa platform yang menyediakan kategori part time.

Tapi saat kamu melamar pekerjaan di situs cari kerja, kamu harus cermat karena ada banyak lowongan palsu yang bisa merugikanmu.

Untuk itu, carilah lowongan kerjadi situs terpercaya seperti KitaLulus. Semua lowongan di KitaLulus ditu ada banyak lowongan mulai dari part time, freelance, dan full time. Yuk, download aplikasi KitaLulus di Play Store dan App Store sekarang!

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!