Apa Itu Aktualisasi Diri? Ini 10 Ciri dan Cara Mencapainya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Aktualisasi diri adalah— Apakah kamu memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu atau menjadi sesuatu, tetapi takut terhadap opini orang lain? Jika iya, kamu belum mencapai tahap aktualisasi diri. Aktualisasi diri adalah suatu tahap di mana kamu bisa dengan bebas mencapai apa yang kamu inginkan tanpa memedulikan pandangan orang lain.

Dalam penjelasannya tentang piramida kebutuhan atau hierarki kebutuhan, Abraham Maslow menerangkan 5 tahapan manusia menemukan jati dirinya, dan aktualisasi diri adalah tahap tertinggi atau puncak.

Untuk memiliki aktualisasi diri ternyata cukup sulit, lho. Kamu harus tahu apa sih yang sebenarnya kamu inginkan. Padahal, untuk memahami diri sendiri terkadang lebih sulit dibanding memahami orang lain jika kita belum bisa menerima keadaan diri kita.

Jika kamu juga sedang mencari tahu tentang aktualisasi diri guna kamu terapkan ke kehidupan pribadi, di artikel ini KitaLulus bisa bantu menjelaskannya. Akan dijelaskan mengenai konsep aktualisasi diri, mulai dari manfaatnya hingga cara penerapannya. Tidak hanya itu, kamu juga akan tahu seperti apa sih ciri orang yang telah memiliki aktualisasi diri dalam hidupnya.

Yuk, mari simak hingga akhir!

Apa Itu Aktualisasi Diri?

pengertian aktualisasi diri

Umur tidak mencerminkan kedewasaan. Betul sekali istilah tersebut. Yang dapat mencerminkan bagaimana dewasanya kamu adalah ketika kamu sudah memiliki aktualisasi diri.

Secara definisi, aktualisasi diri adalah suatu pencapaian terpuncak dari pemahaman kamu akan diri sendiri. Dengan begitu, kamu tahu tentang apa yang kamu inginkan, bagaimana bertindak untuk mencapainya, dan apa konsekuensi yang didapat jika kamu mencapai hal tersebut.

Mengapa Seseorang Membutuhkan Aktualisasi Diri?

Mengapa seseorang membutuhkan aktualisasi diri? Satu pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan yang mudah dijawab. Kamu butuh mencapai titik aktualisasi diri untuk hidup dengan maksimal dan yang terpenting adalah nyaman.

Pada dasarnya, aktualisasi bukan tentang memenuhi ekspektasi orang lain akan diri kamu. Namun, aktualisasi diri adalah tentang kamu hidup secara content, merasa nyaman, dan mengerti bahwa itu adalah hal yang selama ini ingin kamu capai.

Selain itu, berikut adalah pentingnya memiliki aktualisasi diri:

  • Tidak mudah tergiring opini.
  • Memahami bakat kamu.
  • Untuk mengembangkan potensi kamu dengan maksimal.
  • Mampu menjalani hidup dengan tenang.
  • Memahami langkah apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai target yang dimiliki.

BACA JUGA: Pengertian Sifat Asertif, Contoh, dan Tips Menerapkannya

Ciri-Ciri Orang yang Siap Aktualisasi Diri

ciri ciri aktualisasi diri

Sebagaimana sifat personal lainnya, seseorang yang telah mencapai aktualisasi diri juga memiliki ciri yang bisa diamati lho. Berikut selengkapnya ciri-ciri orang yang sudah siap mengaktualisasikan dirinya:

1. Mandiri

Kamu tidak bergantung pada orang lain. Kecuali jika memang itu adalah hal yang harus dilakukan secara tim, kamu pasti bisa melaksanakannya sendiri. 

2. Realistis

Ciri-ciri orang yang memiliki aktualisasi diri yang kedua adalah realistik. Ciri ini bukan tentang bahwa kamu tidak bisa memiliki mimpi yang tinggi. Namun, kamu tidak memikirkan kekhawatiran yang belum terjadi. Jalani hari sekarang dengan usaha maksimal dan serahkan hasilnya kepada Tuhan.

3. Memiliki Kemampuan Problem Solving yang Baik

Paham dengan apa yang dikerjakan tentu saja paham bagaimana memecahkan masalah jika terjadi. Hal tersebut dikarenakan kamu telah melakukan break down di setiap langkah untuk mencapai suatu hal.

4. Memahami Situasi

Memahami situasi yang sedang terjadi di sekitar. Ini dapat berkaitan dengan cara kamu membawa diri di lingkungan mana pun, baitu itu keluarga, rumah, kantor, hingga masyarakat. Ini juga bisa ditandai dengan kamu memiliki selera humor atau candaan yang sesuai dengan lingkungan sehingga tidak mudah tersinggung.

5. Mudah Beradaptasi

Dengan memiliki aktualisasi diri, kamu akan mudah beradaptasi, di mana pun kamu berada. Jadi, kemampuan adaptasi ini bukan tentang apakah kamu memiliki kepribadian introvert atau ekstrovert ya. 

6. Memahami Proses

Ciri-ciri orang yang memiliki aktualisasi diri adalah mampu memahami proses. Segala hal besar yang harus dicapai tentu saja tidak mudah pelaksanaannya. Dengan begitu, jika kamu telah mencapai tahap aktualisasi diri, kamu tidak akan mudah percaya dengan hal-hal instan karena semuanya membutuhkan proses.

7. Berempati

Menekan ego dan bisa berempati ke berbagai hal adalah sifat yang dapat kamu miliki saat mencapai tahap aktualisasi diri dalam hidup.

8. Memiliki Target

Ciri selanjutnya adalah paham apa yang dimau sehingga memiliki target. Ciri ini merupakan ciri utama. Sebab, dengan memahami apa yang kamu mau dalam hidup, berarti kamu harus sudah tahu apa yang harus dilakukan hingga kenapa kamu mau mencapai hal tersebut.

9. Berintegritas

Kamu bakal menjadi orang yang bertanggung jawab dan memiliki integritas tinggi saat sudah berada pada tahap aktualisasi diri. Sebab, kamu telah melalui proses dalam pencapaian sesuatu.

10. Mudah Bersyukur

Manusia yang berencana dan berusaha, hasilnya hanya Tuhan yang dapat menjamin kesuksesannya. Hal tersebut dipahami dengan baik orang orang yang memiliki aktualisasi diri. Maka dari itu, dia akan senantiasa bersyukur di berbagai situasi yang dia hadapi.

Cara Mencapai Aktualisasi Diri

cara mencapai aktualisasi diri

Lantas, jika kita ingin mencapai tahap aktualisasi diri, apa yang harus dilakukan? Karena aktualisasi diri adalah suatu pencapaian tertinggi dalam hidup, kamu tentu tidak bisa dengan instan mencapainya. Terkadang, seseorang bahkan harus mengalami kejadian besar untuk bisa mencapai hal tersebut.

Namun, kamu tetap bisa mengusahakannya kok! Berikut beberapa cara mencapai aktualisasi diri yang bisa kamu lakukan:

  • Memahami keadaan diri sendiri.
  • Mempelajari lingkungan sekitar.
  • Tampil sebagaimana diri kamu tanpa harus membohongi lingkungan.
  • Pahami bahwa kamu bukan orang lain dan pencapaian setiap orang berbeda-beda.
  • Pahami situasi orang lain dan jangan mudah menilai integritas seseorang.
  • Penuhi komitmen diri, selesaikan apa yang dimulai.
  • Ketahui bahwa rasa nyaman bisa datang jika kamu memahami apa yang kamu lakukan.
  • Jangan memikirkan pendapat orang lain terhadap diri kamu.
  • Cari perspektif penyelesaian berbeda ketika ada masalah yang datang.

BACA JUGA: Apa Itu Interpersonal Skill? Ini 11 Macam dan Cara Meningkatkannya

Aktualisasi diri adalah hal yang tidak bisa diukur dalam proses pencapaiannya. Cara di atas bisa kamu terapkan dengan perlahan dan jangan memaksakan diri. Bagaimanapun, menjadi dewasa tidak seperti mengikuti lomba di mana yang tercepat adalah juaranya.

Jadi, untuk kamu yang sekarang sedang mencari karir yang nyaman, tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Tidak masalah teman atau saudara sudah mencapai sesuatu yang kamu sama sekali belum ke tahap tersebut.

Usaha adalah salah satunya cara untuk dilakukan guna mencapai apa yang kamu inginkan sekarang. Salah satunya tentu saja mencari informasi lowongan kerja yang sesuai passion kamu. Dengan kemudahan teknologi dan internet, akses informasi lowongan kerja menjadi mudah, seperti menginstal aplikasi KitaLulus di Playstore.

Jangan khawatir, di aplikasi KitaLulus kamu tidak akan menemukan perusahaan yang sering menipu. Seluruh perusahaan yang terdaftar sudah terverifikasi dengan baik. Aplikasi KitaLulus juga diawasi oleh Kominfo sehingga no hoax dan no tipu-tipu. Jadi, aman untuk kamu yang sedang menjadi jobseeker.

Yuk, instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan gapai karir #LebihMudah mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!