Pentingnya Self-Awareness, Ciri, Jenis, dan Cara Meningkatkannya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Self awareness adalah— Kesadaran diri atau self awareness adalah suatu kemampuan untuk mengenal diri sendiri. Tidak hanya tentang kekurangan dan kelebihan, kok. Namun, semua hal yang terkait dengan diri kamu. Jadi, kamu dapat memahami perasaan, apa yang dipikirkan, lalu melakukan evaluasi diri dengan baik.

Jika kamu memiliki self awareness, kamu akan paham apa yang ingin dan bisa kamu lakukan. Jadi, nantinya potensi diri kamu menjadi muncul bahkan berkembang untuk kemudian menjadi stand out di antara yang lain.

Jika hingga sekarang kamu belum memiliki self awareness, tidak perlu khawatir. Sebab self awareness adalah suatu hal yang dapat digali untuk kemudian ditingkatkan. Self awareness bukan kemampuan yang kaku, justru setiap saatnya dapat dengan mudah berkembang karena ada di dalam pikiran dan tindakan kamu.

Untuk lebih memahami self awareness, kamu bisa menyimak artikel ini hingga akhir. KitaLulus akan menjelaskan berbagai hal tentang self awareness, mulai dari pengertian, jenis, manfaat, tahapan, hingga cara meningkatkannya.

BACA JUGA: Wajib Dikuasai! Ini 13 Contoh Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Apa Itu Self Awareness?

Self awareness adalah

Secara definisi,  self awareness adalah suatu kemampuan seseorang dalam memahami potensi diri sehingga tahu apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuannya. Memiliki self awareness sangat penting untuk karir kamu.

Dengan menyadari potensi yang dimiliki, kamu tentu saja dapat melakukan banyak hal dengan maksimal. Jadi, apa yang kamu kerjakan adalah hasil terbaik lalu atasan dan rekan kerja lainnya menjadi tahu bahwa kamu memiliki kemampuan hebat di bidang tersebut.

Untuk kehidupan di luar pekerjaan juga sangat berguna, lho. Sebab, dengan kamu menyadari apa yang ada dalam diri kamu, kamu dengan otomatis memiliki keunikan diri. Jadi, orang-orang sekitar akan mengenal kamu dengan baik.

Jenis-jenis Self Awareness

Jenis jenis self awareness

Menurut Harvard Business Review, ada dua jenis self awareness yang bisa diaktivasi manusia, berikut penjelasannya:

1. Self Awareness Internal

Jenis self awareness yang pertama adalah self awareness internal. Maksudnya adalah kamu fokus pada hal yang ada di diri kamu. Kamu mempertanyakan apa yang kamu miliki, apa yang dapat kamu kembangkan, hingga apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam menjalani hidup.

Self awareness internal kemudian akan membantu kamu dalam bersikap terhadap lingkungan di sekitar kamu. Hingga nantinya, kamu paham respons apa yang kamu ingin berikan. Jadi, kamu akan merasa content melalui hal tersebut.

2. Self Awareness Eksternal

Seperti namanya, self awareness eksternal berasal dari luar diri kamu. Jadi, kamu memikirkan bagaimana orang lain memandangmu. Dengan mendapatkan respons seperti yang kamu ingin dapatkan, kamu kemudian dapat mengembangkan diri lebih baik lagi.

Akan tetapi, yang perlu kamu ketahui adalah apa yang ingin kamu dapatkan dari orang lain adalah apa yang kamu berikan ke orang lain. Jadi, berbuat baik kepada orang lainlah untuk mendapatkan empati dari orang lain juga.

BACA JUGA: 17 Contoh Deskripsi Diri yang Menarik Buat Lulusan SMA sampai Fresh Graduate

Pentingnya Self Awareness dalam Dunia Kerja

Self awareness sangat penting dalam dunia kerja. Kamu dapat memiliki beberapa hal berikut ketika memiliki self awareness dalam diri kamu.

  • Mengetahui kemampuan diri yang sebenarnya.
  • Lebih enjoy dalam menyelesaikan tanggung jawab.
  • Lebih percaya diri dengan kemampuan sehingga akan stand out di antara rekan kerja lainnya.
  • Memiliki relasi yang luas karena kamu bisa menempatkan diri dengan baik di antara rekan kerja lainnya.
  • Bisa lebih produktif.
  • Bisa membaur dengan tim dengan lebih nyaman.
  • Dapat menjaga hubungan dengan baik.
  • Tidak bias dalam menilai pendapat seseorang sehingga bisa menjadi penengah yang baik.

Aspek-aspek Self Awareness

Aspek aspek self awareness

Self awareness memiliki 3 aspek yang harus kamu pahami. Dengan ketiga aspek ini, kamu dapat tahu apa yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kesadaran diri dengan tepat.

1. Mampu Mengenali Emosi

Ketika kamu tidak bisa mengontrol emosi dengan baik, kerap kali suatu kondisi justru menjadi lebih buruk. Maka dari itu, untuk mengenal kesadaran diri, kamu harus mampu mengenali emosi yang kamu rasakan. Setelah itu, dengan bijak kamu redam supaya tetap mampu mengontrol diri.

2. Kemampuan Pengakuan Diri

Apa hal yang kamu rasa menjadi kelemahanmu? Cari tahu akan hal tersebut lalu terima. Akui bahkan hal yang kamu pikir membuat kamu lemah tersebut juga bagian diri kamu. Dengan begitu, kamu akan tahu bahwa manusia adalah suatu makhluk yang kompleks. Tidak hanya tentang kelebihan, tetapi juga kekurangan.

3. Percaya kepada Diri Sendiri

Percaya dirilah. Percaya bahwa kamu bisa melakukannya, bisa mengendalikannya. Dengan begitu, kamu akan lebih berekspresi ketika melakukan suatu hal.

Ciri Seseorang Memiliki Self Awareness

Menurut Adam, dalam bukunya yang berjudul Commemorating Brown: The Social Psychology of Racism and Discrimination, ketika seseorang memiliki self awareness akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memahami diri sendiri dengan baik sehingga tahu apa yang ingin dilakukan.
  • Memiliki tujuan hidup dan tujuan karir dengan pasti. 
  • Mudah membangun relasi dengan orang lain.
  • Memiliki sifat toleransi yang tinggi. 
  • Dapat menyeimbangkan aktivitas keseharian dengan baik. 
  • Dapat mengontrol diri dengan baik sehingga memiliki manajemen emosi yang bagus.

BACA JUGA: Apa Itu Interpersonal Skill? Ini 11 Macam dan Cara Meningkatkannya

Cara Meningkatkan Self Awareness

Cara membangun self awareness

Untuk meningkatkan self awareness adalah dengan mengetahui cara berikut ini. Amati satu per satu dan coba praktikkan ya. Lihat perbedaan sebelum dan sesudah kamu mempraktikkannya.

1. Meditasi

Cara meningkatkan self awareness yang pertama adalah dengan melakukan meditasi. Sudah menjadi rahasia umum, meditasi memang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat tersebut adalah untuk merenung dan menggali potensi diri. Dengan rutin melakukan meditasi, kamu akan mendapatkan ketenangan dan mengenali diri sendiri.

2. Ketahui Apa yang Kamu Inginkan

Tahu apa yang kamu inginkan adalah salah satu cara meningkatkan self awareness. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa bingung ketika melakukan sesuatu terlebih merencanakan masa depan.

3. Tingkatkan Time Management

Time management yang bagus akan membuat kamu menekan stres. Jadi, kamu lebih enjoy dalam mengerjakan segala hal.

4. Dengarkan Pendapat Orang Lain tentang Kamu

Terbuka terhadap kritikan dan saran dari orang lain. Ini akan meningkatkan self awareness eksternal kamu sehingga bisa tahu apa yang harus diperbaiki dalam tingkah laku diri kamu.

5. Akui Perasaanmu

Cara meningkatkan self awareness selanjutnya adalah dengan mengakui perasaan kamu. Jangan selalu menyangkal apa yang kamu rasakan. Ketika kecewa, rasakan perasaan itu. Namun, jangan berlarut ya.

6. Tetap Menjadi Diri Sendiri

Self awareness bukan hanya terbentuk dari memahami orang lain saja, tapi juga dengan menerima diri sendiri, baik keberhasilan atau kegagalannya. Oleh karena itu, jangan sampai self aware yang kamu lakukan terhadap kondisi orang lain membuatmu menekan diri sendiri ya!

Tahap Pembentukan Self Awareness

Tahap pembentukan self awareness

Dalam “Teori Kepribadian Rollo May” yang ditulis oleh Sastrowardoyo, dijelaskan bahwa pembentukan self awareness ada 4 tahap, yaitu:

1. Tahap Ketidaktahuan

Saat kamu belum mengetahui apa yang kamu ingin dan bisa lakukan, kamu berada di tahap ini. Akan tetapi, tahap ini biasanya terjadi saat masih kanak-kanak.

2. Tahap Berontak

Saat beranjak dewasa dan mulai tahu apa yang ingin dilakukan, tetapi lingkungan tidak mendukung, kamu berada di tahap berontak. Kamu hanya mementingkan ego dan kesenangan diri.

3. Tahap Kesadaran Diri

Memasuki masa dewasa, sosok remaja yang egois mulai menghilang. Kamu akan merasakan kesadaran diri dan berpikir bahwa apa yang kamu inginkan tidak selamanya tercapai. Namun, kamu tetap mengusahakan yang terbaik untuk menggapai apa yang kamu ingin lakukan dengan cara yang lebih tenang dan tidak memaksa.

4. Tahap Kesadaran Diri yang Kreatif

Mulailah semuanya menjadi teratur. Kamu belajar banyak dari berbagai hal lalu mengatur segalanya untuk menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Di tahap ini kamu mampu mengendalikan diri dengan baik karena tahu dengan benar apa potensi yang kamu miliki dan apa hal yang bisa kamu capai.

BACA JUGA: Mau Sukses di Usia Muda? Terapkan Growth Mindset Yuk! Ini 7 Caranya

Itulah hal-hal yang bisa kamu ketahui tentang self awareness. Tidak bisa dimungkiri, self awareness adalah kemampuan yang penting untuk mengenali diri sendiri sehingga bisa tahu apa yang sebenarnya kamu bisa lakukan untuk lebih berkembang ke depannya.

KitaLulus bisa membantu kamu untuk meningkatkan self awareness kamu, lho. Di aplikasi KitaLulus memiliki berbagai channel komunitas. Di sana kamu dapat bertemu orang baru hingga berbagi ilmu dan informasi yang diketahui masing-masing. Dengan bergabung ke dalam suatu kelompok baru, kamu akan tahu sebenarnya apa yang kamu inginkan.

Self awareness berkaitan dengan kemampuan kamu dalam memandang sekitar juga. Jadi, saat kamu berinteraksi dengan orang baru, memahami bagaimana reaksi kamu akan suatu hal di sekitar, itu juga termasuk cara untuk menggali kesadaran akan potensi yang ada di diri kamu.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, instal aplikasi KitaLulus melalui Playstore dan bergabung di komunitas yang kamu inginkan di sana. Bahkan, kamu juga bisa loh untuk mengecek lowongan kerja yang sesuai dengan passion kamu. Pada umumnya, bekerja sesuai kemampuan yang dimiliki akan membuat kamu jauh lebih semangat untuk menyelesaikan tanggung jawab.

Ada lebih dari 50.000 informasi lowongan kerja yang dapat kamu cek. Pilih sesuai nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan.

Segera pasang aplikasi KitaLulus di smartphone kamu ya untuk mendapatkan pengalaman melamar kerja dan meningkatkan kemampuan diri dengan #LebihMudah dan menyenangkan.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!