Gaji Arranger Musik, Tugas, dan Skill yang Harus Dikuasai

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Arranger adalah— Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar sebuah lagu favoritmu diputar? Apakah suara penyanyinya? Atau penulis lirik lagunya? Selain dua sosok yang sering dibahas tersebut, ada arranger yang berperan. Arranger adalah sosok yang menata musik dalam sebuah lagu.

Akan tetapi, arranger tidak hanya berperan dalam sebuah lagu, lho. Setiap hal yang memiliki musik, pasti akan selalu ada peran dari arranger. Maka dari itu, untuk dunia hiburan, seorang arranger akan sangat dibutuhkan.

Jika kamu mengincar profesi ini untuk kamu jadikan referensi karir masa depan, maka akan cocok sekali. Terlebih jika kamu memang tertarik dengan dunia permusikan.

Di artikel ini, KitaLulus akan menjelaskan dengan jelas apa saja tugas arranger, skill apa saja yang harus dikuasai, bagaimana jenjang karir dan gajinya, hingga siapa saja arranger terkenal di Indonesia yang bisa kamu jadikan panutan untuk belajar lebih dalam tentang karir ini.

Yuk, simak artikel ini hingga akhir. Akan KitaLulus jelaskan juga tentang bagaimana melamar kerja sesuai minat dan bidang kesukaan kamu di akhir artikel. Let’s check this out!

BACA JUGA: Mengenal Profesi Kurator, Jenis, dan Skill yang Harus Dikuasai

Apa Itu Arranger?

apa itu arranger

Secara sederhana, arranger adalah penata musik. Penataan musik ini nantinya adalah mencakup aransemen musik dalam hal melodi, ritme, warna musik, hingga music score untuk diatur sedemikian rupa hingga menghasilkan musik yang diinginkan.

Jika kamu pernah memperhatikan sebuah video di Youtube yang berisi musik video, akan dituliskan siapa saja yang terlibat. Nah, biasanya seorang arranger akan ditulis “Pengaransemen”.

Tidak hanya lagu, konser, film, iklan, serial, hingga drama musikal juga memiliki arranger untuk mengatur musik yang nantinya diputar di dalamnya. Hal ini dikarenakan musik yang diputar tidak bisa sembarangan, melainkan harus disesuaikan dengan mood atau suasana di media hiburan tersebut.

Tugas dan Tanggungjawab Arranger Musik

Lalu, dalam sebuah peran mengaransemen musik, baik di sebuah lagu, film, iklan, dan lainnya, apa sih yang dikerjakan oleh arranger? Salah satu tugas seorang arranger adalah untuk membuat musik. Selain itu, tanggungjawab dari arranger adalah:

  • Membuat music score yang belum berbentuk lagu dan akan diputar untuk mengiringi sebuah pertunjukkan sinematik.
  • Melakukan aransemen musik untuk digubah dengan pembedaan nada, suara, dan lainnya sehingga memiliki efek dan suasana yang berbeda dari musik sebelumnya.
  • Melakukan transkrip sebuah musik menjadi notasi musik sehingga bisa dipahami oleh para musisi untuk dimainkan, biasanya transkripsi ini akan dilakukan dengan menggunakan suatu perangkat lunak.
  • Menjamin kualitas musik yang dihasilkan sudah sesuai dengan permintaan klien untuk diterapkan dalam media yang membutuhkannya.
  • Memainkan alat-alat musik sehingga menghasilkan musik yang sesuai dengan kebutuhan.

Skill yang Harus Dikuasai Arranger

tugas arranger musik

Skill utama yang harus dikuasai oleh seorang arranger adalah memahami musik dengan baik. Kemampuan ini akan menjadi dasar apakah arranger bisa bekerja dan melakukan tugasnya dengan benar atau tidak. Selain itu, skill lain yang harus dikuasai oleh arranger adalah sebagai berikut:

  • Mampu memainkan berbagai alat musik atau alat musik tertentu.
  • Memahami perangkat lunak yang bisa mendukung untuk mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya.
  • Memiliki time management yang baik sehingga bisa menyelesaikan tugasnya sesuai tenggat yang ditentukan.
  • Memiliki tingkat kreativitas yang tinggi karena membuat musik berarti menciptakan karya seni yang dapat dinikmati oleh target audiens.
  • Mampu berpikir kritis dan memiliki kemampuan problem solving yang baik sehingga bisa menyelesaikan masalah yang terjadi selama aransemen musik tanpa mengganggu kinerjanya secara keseluruhan.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik untuk berkolaborasi dengan timnya.
  • Memiliki kemampuan leadership yang baik karena secara tidak langsung arranger adalah sosok yang memimpin tercipta dan penerapan musik.

BACA JUGA: Apa Itu Personal Branding? Ini Contoh dan Cara Membangunnya

Jenjang Karir dan Gaji Arranger

Sesungguhnya, karir arranger adalah termasuk karir puncak dari seorang yang serius dalam dunia musik. Hal ini dikarenakan untuk menjadi arranger, kamu harus memiliki jam terbang yang tinggi dalam dunia musik.

Pada umumnya, sebelum menjadi arranger, kamu harus minimal memahami musik. Kamu bisa memulai karir dengan menciptakan lagu, seperti membuat lirik dan melodi sederhana. Kamu juga harus memiliki pengetahuan musik yang luas, tidak hanya dalam satu genre saja.

Pada umumnya, gaji seorang arranger berkisar pada nominal Rp4.000.000 – Rp8.000.000. Nominal ini menjadi nominal yang kecil jika mengingat seorang arranger yang sudah memiliki jam terbang tinggi bisa mendapatkan gaji hingga ratusan juta dalam sekali project.

Siapa Saja Arranger Terkenal di Indonesia?

contoh arranger musik

Indonesia memiliki banyak arranger berbakat yang juga terkenal di televisi. Jika kamu mengenal sosok Addie MS, Erwin Gutawa, atau Purwacaraka, mereka adalah arranger hebat yang kemampuannya dalam menggubah hingga menciptakan musik tidak perlu diragukan lagi.

Di bawah ini, KitaLulus akan menjelaskan beberapa arranger terkenal di Indonesia yang bisa kamu jadikan inspirator untuk menunjang karir bermusik kamu.

1. Addie MS

Addie MS memiliki orkestra bernama Twilite Orchestra, Orkestra ini telah berdiri sejak 1991. Keluarga Addie MS semuanya berdarah seni, mulai dari istrinya yaitu Memes yang juga penyanyi hingga anak sulungnya yang merupakan pianis berbakat dan memiliki grup band bernama Vierratale. Karir Addie MS sudah sampai kancah internasional dan sering menyelenggarakan pagelaran musik di berbagai negara dengan suksesnya.

2. Erwin Gutawa

Apakah kamu pernah mengetahui penyanyi muda bernama Gita Gutawa dengan vokal merdunya? Penyanyi ini memiliki darah seni dalam bermusik dari sang ayah yang merupakan arranger terkenal, yaitu Erwin Gutawa.

Awalnya, Erwin Gutawa merupakan anggota band beraliran jazz. Hingga kemudian, pada 1993 dia mendirikan grup orkestra bernama Erwin Gutawa Orkestra. Orkestra ini sangat terkenal dan sering kali menyelenggarakan konser meriah bersama dengan musisi andal Indonesia.

3. Andi Rianto

Mungkin, untuk kamu yang belum terlalu dalam memahami dunia musik, kamu masih belum familier dengan nama Andi Rianto. Namun, grup orkestranya yang bernama Magenta Orchestra tentu saja banyak orang yang tahu.

Andi Rianto sering diganjar penghargaan sebagai penata musik andal di berbagai film. Karir bermusiknya didukung dengan latar belakang pendidikannya dalam musik di Amerika.

4. Purwacaraka

Jika kamu pernah mengikuti sebuah ajang pencarian bakat musik di sebuah stasiun televisi lokal, pasti mengetahui Purwacaraka. Saat itu, Purwacaraka dan grup orkestranya menjadi grup musik pengiring di acara tersebut.

Kini, Purwacaraka mendedikasikan hidupnya dalam bermusik dengan mendirikan sekolah musik bernama Purwacaraka Music Studio. Hingga kini sudah ada 50 cabang sekolah di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Apa Itu Mentor? Ini Manfaat dan Tips Mencarinya di Dunia Kerja

Bagaimana? Keinginan untuk berkarir sebagai arranger semakin tinggi setelah mengetahui arranger terkenal Indonesia di atas? Kamu bisa mencari tahu bagaimana mereka belajar hingga menjadi arranger hebat seperti sekarang.

Selain belajar melalui sekolah, kamu juga bisa belajar melalui komunitas dengan bidang peminatan yang serupa, lho.

Di KitaLulus sendiri, selain mendukung jobseeker untuk menemukan pekerjaan yang sesuai keinginan, juga memiliki fitur Komunitas. Dalam komunitas tersebut, kamu bisa saling berbagi informasi dengan seluruh anggota. Jadi, bisa mendapatkan ilmu baru sekaligus memperluas networking, kan?

Aplikasi KitaLulus bisa kamu instal melalui Playstore. Cara registrasi yang mudah, yaitu hanya dengan masuk ke akun Google aktif kamu, membuat proses pencarian kerja #LebihMudah. Jadi, nantinya kamu bisa langsung mencari lowongan kerja dengan mengetik nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan di bar pencarian paling atas.

Yuk, langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan dapatkan kemudahan mencari kerja hanya dalam genggaman tanganmu, di mana pun dan kapan pun juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!