Pengertian Fresh Graduate, Keunggulan, dan Tipsnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Fresh graduate adalahFresh graduate berasal dari dua kata, yaitu fresh dan graduation. Jika diartikan secara literal, fresh graduate adalah lulusan baru. Lulusan ini biasanya dari jenjang pendidikan di bangku perkuliahan, seperti D1, D2, D3, S1, hingga S2.

Namun, sebenarnya sampai kapan sih sebutan fresh graduate itu disandang oleh lulusan D1 hingga S2? Apakah ada batas waktu tertentu? Dan apakah benar lulusan baru itu susah mendapatkan pekerjaan karena tidak memiliki pengalaman?

Dalam artikel ini, KitaLulus akan membantu kamu untuk memahami konsep fresh graduate, keunggulan yang dimiliki bagi suatu perusahaan, hingga tips mencari kerja ala fresh graduate.

Simak artikel ini sampai akhir ya!

BACA JUGA: Cara Membuat Kartu Kuning untuk Pekerja dan Syaratnya 2022

Sampai Kapan Dikatakan Fresh Graduate?

pengertian fresh graduate

Ada beberapa pendapat tentang batas waktu penyebutan fresh graduate. Pertama, Prospects.ac.uk menyatakan bahwa fresh graduate adalah sebutan untuk lulusan baru maksimal 2 tahun. Namun, dikutip dari beritagar.id, predikat lulusan baru hanya sampai 6 bulan pasca lulus saja.

Jika kedua pendapat tersebut dikombinasikan, bisa disimpulkan bahwa rentang waktu satu tahun menjadi yang paling ideal. Hal ini tentu saja karena beberapa alasan, yaitu:

  • Pengalaman kerja di bawah satu tahun masih dianggap belum memiliki pengalaman yang sesuai dengan syarat dan kualifikasi yang biasanya ditentukan perusahaan.
  • Jika fresh graduate sudah bekerja, waktu di bawah satu tahun belum bisa dilakukan evaluasi kerja secara menyeluruh.
  • Ketika waktu lulus sudah di atas 1 tahun, meskipun belum mendapatkan pekerjaan, akan dianggap sudah memiliki waktu yang cukup untuk mengembangkan diri setelah lulus.

Jadi, seseorang bisa dikatakan fresh graduate jika seseorang sudah lulus maksimal 1 tahun.

Cara Menambah Pengalaman untuk Fresh Graduate

cara meningkatkan kualitas fresh graduate

Pada umumnya, banyak fresh graduate yang mengeluh susah mencari pekerjaan.

Bahkan, beberapa kali ada pertanyaan, “Jika tidak diberi kesempatan untuk diterima, bagaimana bisa mendapat pengalaman?”. Pertanyaan tersebut biasanya dikeluhkan fresh graduate setelah melakukan wawancara dengan suatu perusahaan dan tidak diterima kasih belum berpengalaman.

Sebenarnya, fresh graduate tidak perlu khawatir ketika ingin melamar suatu pekerjaan, kok. Dan untuk pengalaman, kamu bisa menyiasatinya dengan beberapa cara berikut.

  • Melakukan internship.
  • Mengikuti seminar atau webinar sesuai bidang karir yang kamu inginkan.
  • Praktik dengan studi kasus yang kamu cari melalui internet atau terhadap perusahaan incaranmu.
  • Banyak membaca buku.
  • Lakukan kegiatan positif, seperti gabung di komunitas sesuai hobi atau ikut volunteer.

Dengan melakukan hal-hal di atas, kamu akan mendapatkan pengalaman nonformal. Pengalaman tersebut bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan ketika ditanya “Apa yang kamu lakukan setelah selesai berkuliah?” saat interview. Pun, kamu bisa menggunakannya untuk menambah wawasan dan relasi guna mendukung karir.

BACA JUGA: 15 Cara Nego Gaji Terampuh untuk Job Seeker dan Fresh Graduate

Keunggulan Fresh Graduate

Untuk pihak perusahaan juga tidak perlu khawatir tentang status fresh graduate. Sebab, fresh graduate adalah sosok yang memiliki beberapa keunggulan di dunia kerja. Selengkapnya tentang keunggulan fresh graduate adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Semangat Kerja yang Tinggi

Keunggulan fresh graduate yang pertama adalah memiliki semangat kerja yang tinggi. Pada umumnya, ketika mendapatkan pekerjaan pertama, fresh graduate akan sangat antusias dalam menjalaninya. Dia akan memberikan dedikasi dan loyalitas penuh pada perusahaan.

2. Ambisius & Kompetitif

Dengan semangat kerja yang tinggi, fresh graduate cenderung memiliki ambisi yang tinggi pula. Tidak hanya itu, mereka juga akan kompetitif. Bukan untuk mengalahkan karyawan lain, tetapi untuk menantang diri sendiri terhadap challenge yang dia terima selama bekerja.

3. Memiliki Pendapat yang Fresh

Keunggulan lainnya dari fresh graduate untuk perusahaan adalah pendapat yang fresh, sesuai sebutannya.

Mungkin, beberapa terdengar naif karena belum memiliki banyak pengalaman seperti senior di kantor, tetapi terkadang pendapat tersebut dibutuhkan karena biasanya pemikiran tersebut terlupakan oleh rekan kerja lainnya yang sudah berpengalaman.

4. Menjadi Generasi yang Up to Date

Fresh graduate yang memiliki umur masih muda akan lebih up to date terhadap perkembangan zaman, baik dari sisi teknologi maupun keadaan sekitar. Dengan ini, perusahaan akan mendapatkan perspektif baru ketika sedang meeting hingga penciptaan produk yang dibutuhkan pasar sekarang.

5. Mendengarkan Instruksi dengan Baik

Karena merasa masih junior, fresh graduate biasanya akan dengan patuh mendengarkan instruksi dan mengerjakan tugas sesuai arahan. Ini akan menjadi poin plus karena hasilnya akan sesuai dengan ekspektasi yang diminta. Namun, senior dan atasan lainnya harus menjelaskan dengan detail dan tepat ya jangan hanya diberi kode saja.

6. Semangat Memperbaiki Diri 

Jika melakukan kesalahan, fresh graduate akan langsung meminta maaf dan memperbaikinya. Kesalahan tersebut akan dijadikan pembelajaran untuk masa depan dengan baik.

7. Bisa Dibentuk

Nah, karena baru saja lulus dan pengalaman kerja belum banyak, keunggulan fresh graduate yang terakhir adalah mereka mudah dibentuk. Dibentuk di sini maksudnya adalah diarahkan untuk mengasah kemampuan yang dibutuhkan perusahaan.

BACA JUGA: 17 Contoh Deskripsi Diri yang Menarik Buat Lulusan SMA sampai Fresh Graduate

Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate

tips mencari kerja untuk fresh graduate

Bagaimana struggle-nya fresh graduate ketika mencari pekerjaan memang nyata. Jika kurang beruntung, fresh graduate akan sulit mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan. Untuk itu, KitaLulus akan memberikan tips untuk fresh graduate yang sedang kebingungan mencari pekerjaan.

Yuk, disimak!

1. Buat CV yang Sesuai Kebutuhan

Jangan buat CV umum di mana semua pengalaman organisasi hingga hard skill dimasukkan. Pastikan kamu hanya mencantumkan hard skill dan pengalaman yang sesuai. Sebab, HRD tidak memiliki banyak waktu senggang untuk membaca seluruh isi CV kamu. Jadi, usahakan CV hanya 1 halaman saja ya.

Sekarang, para HRD bahkan mengharapkan CV yang ATS friendly karena mereka akan menggunakan sistem untuk pengecekan CV otomatis. Jadi, tidak membutuhkan banyak waktu untuk melakukan seleksi awal. Nah, dengan begitu kamu juga harus menyesuaikannya. Untuk tips membuat CV ATS friendly, kamu bisa menyimak di sini.

2. Lamar Pekerjaan Sebanyak Mungkin

Tips mencari kerja untuk fresh graduate selanjutnya adalah pastikan kamu melamar pekerjaan sebanyak mungkin. Ini ibaratnya seperti menyebar banyak mata kail untuk memperbanyak peluang mendapatkan ikan.

Namun, jangan sembarangan melamar kerja ya. Kamu juga harus menyesuaikan dengan kualifikasi kamu. Jangan sampai kamu melamar posisi manajer yang harus memiliki pengalaman minimal 5 tahun. Jika begitu, akan otomatis kamu gugur bahkan di seleksi paling awal.

3. Terbukalah dengan Berbagai Peluang

Jangan pilih-pilih pekerjaan. Jika memang sebuah peluang datang, terima saja. Sebab, pada umumnya fresh graduate bekerja untuk mencari pengalaman dahulu. Namun, jika memang kamu sedang menunggu pengumuman di perusahaan lain, kamu bisa memertimbangkan peluang itu dengan bijaksana.

4. Cari Pengalaman Sebanyak-Banyaknya

Seperti yang dijelaskan di atas, carilah pengalaman sebanyak-banyaknya. Pengalaman ini bisa dari mana saja, mulai dari membaca buku hingga melakukan kegiatan yang menunjang bidang karir incaranmu.

5. Semangat dan Pantang Menyerah

Jika memang belum bisa mendapatkan pekerjaan, jangan langsung menyerah. Pastikan kamu untuk terus mengasah keahlian dan melamar pekerjaan dengan rajin. Bisa dengan menggunakan aplikasi pencari kerja juga, lho, seperti KitaLulus.

BACA JUGA: 17 Tips Mengikuti Job Fair Agar Langsung Dapat Kerja

Itulah berbagai informasi tentang fresh graduate yang bisa kamu pahami lebih dalam. Jadi, saat kamu sudah mendapatkan pekerjaan sebelum acara wisuda dilaksanakan, kamu tetap disebut fresh graduate, ya.

Sebab, fresh graduate adalah sebutan khusus untuk lulusan baru, bukan tentang kamu belum mendapatkan pengalaman kerja. Kalau kamu sudah lulus sejak dua tahun lalu, tetapi belum dapat kerja, kamu bukan lagi jadi fresh graduate.

Apakah kamu sekarang juga sedang berstatus sebagai fresh graduate dan sedang mencari pekerjaan?

Untuk para jobseeker, baik yang masih berstatus fresh graduate atau yang ingin pindah perusahaan baru, yuk gunakan aplikasi KitaLulus. KitaLulus bisa kamu unduh melalui Playstore. Registrasinya mudah, cukup masuk ke akun Google kamu saja.

Cara mencari lowongan kerja dengan KitaLulus sangat mudah. Kamu cukup mengetikkan nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan kamu. Nantinya, kamu bisa melakukan filter dengan informasi gaji tertinggi atau sistem kerjanya, lho. Bisa pilih ingin kerja dengan sistem kontrak, full time, freelance, atau work from home.

Langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu aja, yuk! Dapatkan pengalaman mencari kerja sesuai kebutuhan dengan #LebihMudah sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!