Mengenal Profesi Kurator, Jenis, dan Skill yang Harus Dikuasai

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Kurator adalah— Kurator adalah seseorang yang bisa kamu temui di suatu pameran karya seni. Biasanya, kurator akan melakukan pendampingan kepada pengunjung lalu membantu menjelaskan bagaimana proses suatu karya seni. Akan tetapi, kurator tidak hanya profesi yang dibutuhkan bidang kesenian, lho. 

Dalam bidang hukum, ada posisi yang juga disebut sebagai kurator. Apakah fungsi dan tugasnya sama dengan kurator kesenian? Tentu saja tidak.

Untuk lebih jelas dan detailnya, artikel ini akan membantu kamu memahami apa itu kurator. KitaLulus juga sudah merangkumkan berapa sih gaji kurator seni dan kurator di bidang hukum.

Disimak yuk artikelnya hingga selesai!

BACA JUGA: Apa Itu Auditor? Ini Pengertian, Tugas, Jenis, dan Kode Etiknya

Apa Itu Kurator?

apa itu kurator

Dalam KBBI, kurator memiliki beberapa definisi. Definisi pertama, kurator diartikan sebagai pengurus atau pengawas harta benda orang yang pailit dan sebagainya. Definisi ini ditujukan untuk kurator pailit.

Diartikan juga bahwa kurator adalah pengurus atau pengawas museum, seperti gedung pameran seni lukis, perpustakaan, dan sebagainya. Kurator ini disebut sebagai kurator seni.

Karena dalam beberapa bidang penyebutannya sama, kurator kemudian langsung dipisahkan definisinya sesuai dengan bidang perusahaan dan tugas yang diemban. 

Skill yang Harus Dikuasai Kurator

Meskipun berbeda tugas dan tanggung jawab di setiap kuratornya, tetapi skill yang harus dimiliki tetap sama. Skill yang harus dikuasai kurator adalah sebagai berikut.

Kemampuan-kemampuan tersebut sekaligus menjadi syarat yang harus dimiliki untuk bisa menjadi kurator. Selebihnya, kamu harus memiliki jenjang pendidikan yang sesuai dengan persyaratan dari perusahaan yang sedang membuka posisi kurator. 

BACA JUGA: 17 Tips Mengikuti Job Fair Agar Langsung Dapat Kerja

Jenis Kurator (Fungsi, Tugas, dan Gaji)

Terdapat dua jenis kurator, yaitu kurator seni dan kurator pailit. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Untuk lebih memahaminya, berikut KitaLulus jelaskan secara detail. Yuk, disimak!

1. Kurator Seni

tugas kurator seni

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kurator seni memiliki definisi sebagai seseorang yang melakukan pengawasan terhadap suatu karya seni. Dalam hal ini, kurator adalah sosok yang memahami dengan baik seperti apa proses suatu seni tersebut hingga bisa dipamerkan.

Tahukah kamu jika gaji kurator seni cukup tinggi? Kurator seni bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp4.000.000 hingga Rp8.000.000 per bulannya.

Biasanya, kurator seni adalah seseorang dari Jurusan Arkeologi, Seni Rupa, hingga Sejarah. Lulusan dari ketiga jurusan ini memiliki pengetahuan dan pengalaman profesional tentang pameran dan benda-benda sejarah yang biasanya disimpan di museum atau dipamerkan di suatu pameran.

Seorang kurator seni memiliki fungsi untuk:

  • Melakukan perencanaan suatu pameran.
  • Melakukan riset tema pameran sehingga sesuai dengan karya yang dipamerkan.
  • Melakukan riset tempat pameran sehingga target audiens bisa tercapai.
  • Dan memberikan pengantar sesuai dengan tujuan pameran.

Sementara itu, tugas kurator seni antara lain:

  • Kurator seni harus melakukan pemeriksaan, penelitian, pengumpulan, dan pengawasan terhadap suatu karya seni, baik itu karya lukis, fotografi, hingga barang koleksi antik di suatu pameran atau museum.
  • Kurator seni juga harus melakukan perencanaan dan pengelolaan barang seni sehingga kondisinya tidak rusak.
  • Selain itu, kurator seni juga harus mengkurasi karya seni atau barang koleksi sejarah yang bisa ditampilkan dalam suatu pameran atau museum.

BACA JUGA: 7 Prospek Kerja Sastra Korea dan Gajinya

2. Kurator Pailit

perbedaan kurator seni dan kurator pailit

Sudah sejak lama profesi sebagai kurator pailit menjadi profesi idaman. Hal ini dikarenakan kurator pailit memiliki gaji yang sangat tinggi. Kurator pailit junior bisa mendapatkan gaji Rp3.000.000 per jam.

Bahkan, dikutip dari kontan.co.id, Pengadilan Niaga Jakarta memberikan upah kepada kurator yang menangani kepailitan PT Telkomsel pada tahun 2013 silam adalah Rp146.8 miliar.

Namun, sebenarnya apa sih yang dikerjakan oleh kurator pailit? Apakah dalam bidang ini kurator adalah sosok yang begitu penting sehingga bisa mendapatkan gaji setinggi itu?

Dalam suatu kondisi pailit, terdapat 3 kurator berwenang yang bertugas, yaitu:

  • Kurator sementara, bertugas untuk melakukan pengelolaan usaha debitu yang terancam mengalami pailit lalu membantu pembayaran kepada debitur sekaligus pengagunan kekayaan debitur.
  • Kurator sebagai pengurus, akan bertugas untuk melakukan penyelenggaraan administrasi PKPU saat pengumuman dengan mengundang kreditur.
  • Kurator, dipilih oleh pihak yang benar-benar kompeten karena nantinya akan bekerja secara independen tanpa memihak siapa pun.

Adapun fungsi kurator pailit selengkapnya adalah sebagai berikut.

  • Melakukan pengurusan harta pailit yang kemudian diserahkan kepada debitut. Pengurusan ini di bawah pengawasan Hakim Pengawas sesuai undang-undang yang berlaku.
  • Membereskan harta pailit.

Sementara itu, sesuai Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang, tugas kurator pailit antara lain:

  • Melakukan pengawasan dan pengelolaan usaha debitur, kreditur, dan pengalihan kekayaan saat perusahaan pailit.
  • Mengurut administrasi proses kewajiban pembayaran utang.
  • Melakukan pengumuman kepailitan perusahaan.
  • Mengadakan rapat pailit dengan kreditur.
  • Melakukan pengamanan aset kekayaan yang dimiliki debitur pailit.
  • Melakukan penyusunan laporan rutin yang kemudian diserahkan kepada Hakim Pengawas.
  • Melakukan pengumpulan pembukuan keuangan perusahaan yang pailit.
  • Melakukan pengambilalihan catatan rekening bank debitur pailit.
  • Melakukan pengambilalihan catatan simpanan debitan di bank yang tercantum.
  • Melakukan pemeriksaan aset yang dimiliki debitur.

BACA JUGA: Tutorial Cara Lamar Kerja Di Aplikasi KitaLulus | Mudah, Cepat, Aman!

Bagaimana? Tertarik menjadi seorang kurator? Jika ingin menjadi kurator, kamu memang harus memenuhi semua syarat yang ditetapkan karena kurator adalah sosok yang akan menjadi tolok ukur suatu karya diketahui pengunjung. Dan untuk bidang hukum, kurator adalah seseorang yang menjadi penentu harta pailit dilaporkan kepada debitur.

Untuk mencari informasi lowongan kerjanya, kamu tidak perlu khawatir atau bingung sulit menemukannya. KitaLulus akan membantu kamu. Caranya juga sangat mudah. Kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus melalui Playstore.

Dengan menggunakan KitaLulus, kamu akan mendapatkan lebih dari 50.000 informasi lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia. Jadi, kamu cukup mencarinya dengan nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan sesuai keinginan kamu.

Fitur-fitur di dalam aplikasi juga bisa membantu kamu mengetahui pengalaman seleksi kerja. Salah satu fiturnya adalah Belajar. Di dalam fitur tersebut terdapat berbagai variasi soal psikotes yang bisa kamu coba kerjakan. Terdapat simulasi psikotes juga sehingga kamu bisa memprediksi kemampuan mengerjakan soal dalam durasi waktu tertentu.

Tunggu apalagi? Yuk, langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Dapatkan pengalaman menggapai karir impian dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!