11 Rekomendasi Situs Belajar Mengetik 10 Jari Gratis dan Tips Jitu yang Mudah Kamu Praktikkan

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Belajar Mengetik 10 Jari — Kemahiran seseorang saat mengetik memang sering kali menjadi salah satu syarat untuk masuk kerja, utamanya untuk posisi customer service atau bahkan inbound/outbound marketing officer. Inilah mengapa belajar mengetik 10 jari harus mulai menjadi concern kamu mulai dari sekarang.

Di zaman dahulu, ketika ingin belajar mengoperasikan komputer, bahkan hanya sekadar belajar mengetik 10 jari, kamu harus mengambil kursus dengan biaya mahal. Namun, di zaman yang serba modern dengan kecanggihan digital seperti sekarang, kamu hanya perlu mengakses sebuah website saja.

Di sini, KitaLulus akan memberikan rekomendasi situs web yang bisa kamu gunakan untuk belajar mengetik 10 jari. Yuk disimak!

Tips Lancar Mengetik 10 Jari

tips lancar mengetik 10 jari

Sebelum masuk ke rekomendasi situs web apa saja, kamu bisa menyimak tips untuk mengetik 10 jari dengan lancar di bawah ini, nih.

1. Posisi Jemari Tetap

Atur jemari di posisi tetap. Tips ini menjadi kunci di mana kamu akan terbiasa dengan sinkronisasi letak jemari dan setiap tombol keyboard. Mulai sekarang, biasakan untuk menempatkan:

1. Jemari tangan kanan dengan aturan:

  • Telunjuk di huruf J
  • Jari tengah di huruf K
  • Jari manis di huruf L
  • Jari kelingking di tanda titik koma (;)

2. Jemari tangan kiri dengan aturan:

  • Telunjuk di huruf F
  • Jari tengah di huruf D
  • Jari manis di huru S
  • Jari kelingking di huruf A

Ibu jari di kedua tangan harus selalu kamu tempatkan di bagian spasi sebagaimana space tombol tersebut yang paling lebar.

Dengan memahami tips ini, kamu nantinya akan mulai beradaptasi untuk mengetik tombol yang ada di keyboard bagian kanan dengan jemari tangan kanan dan sebaliknya. Untuk membaginya, kamu bisa mengambil pertengahan di antara huruf H dan G.

2. Fokus & Tentukan Ritme Ketikan

Saat berlatih di awal-awal, tidak perlu untuk menarget kecepatan mengetik. Kamu cukup memperhatikan keselarasan dan kenyamanan saat mengetik dan ketepatan ketikan. Ketika kamu sudah menemukan ritme yang nyaman, di kemudian hari kamu bisa menarget kecepatan sebagai goal baru kamu dalam belajar mengetik 10 jari.

3. Sering Berlatih

“Kamu bisa karena terbiasa”. Pernah mendengar ungkapan tersebut kan? Nah, ini juga berlaku di sini. Sering-seringlah berlatih sehingga kamu terbiasa mengetik dengan cara yang benar, cepat, dan akurat.

Ada banyak situs yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kecanggihan kamu dalam mengetik. Beberapa situs tersebut bisa kamu simak di penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Cara Menulis Daftar Pustaka Berbagai Sumber + Contoh

Rekomendasi Situs untuk Belajar Mengetik 10 Jari

Berikut adalah rekomendasi situs yang bisa kamu coba. Bisa diakses secara gratis, lho.

1. Learntyping.org

rekomendasi situs untuk belajar mengetik 10 jari

Sudah 12 juta pengunjung yang memakai situs ini. Jika kamu baru belajar mengetik 10 jari, kamu bisa memilih sebagai beginner ketika akan memulai tes.

Di situs ini, kamu akan benar-benar diajarkan dasar-dasar mengetik 10 jari dengan baik dan benar. Bahkan, di bagian video pengenalan disebutkan bahwa kamu tidak bisa mengecoh sistem dengan pula-pula mengetik dengan cara asal karena hal itu akan membuat kamu justru tidak akan belajar dengan baik. Sebab, situs ini benar-benar akan mengajarkanmu bagaimana belajar mengetik secara benar.

2. Ratatype.com

Ratatype memiliki beberapa fitur yang akan membuat kamu nyaman selama belajar mengetik 10 jari. Bahkan, di sini juga memiliki fitur belajar mengetik dalam bentuk game sehingga akan seru ketika dilakukan.

Ada tes mengetik juga yang nantinya kamu akan mendapatkan sertifikat setelah mengerjakan tes tersebut.

3. Byteback.org

Ketika mengakses Byteback, kamu akan bisa mengakses bagian introduction di mana kamu akan dijelaskan bahwa untuk pemula, belajar mengetik 10 jari bukan tentang kecepatan, tetapi ketepatan. Akan diajarkan juga bagaimana cara menempatkan jemari dengan benar.

Untuk pemula, ada sekitar 15 pelajaran yang bisa kamu coba ditambah satu tes final. Jika kamu sudah merasa cukup mahir, kamu bisa mengakses bagian advance dan extra practice.

4. Typingstudy.com

rekomendasi situs belajar mengetik 10 jari

Typingstudy memiliki 15 pelajaran yang bisa kamu coba. Namun, di luar itu, kamu juga bisa mencoba speed test untuk mengetes seberapa cepat kamu improve dalam belajar mengetik 10 jari. Uniknya, di Typingstudy kamu bisa memilih bahasa yang kamu inginkan sehingga nantinya seluruh pengantar keterangan akan menggunakan bahasa yang kamu pilih.

5. Typing.academy

Typing.academy akan memberikan kamu pengantar di bagian tab “welcome”. Kamu bisa memahami bagaimana posisi jari yang baik ketika belajar mengetik 10 jari dan alasan kenapa harus mempelajarinya di typing.academy. Selama belajar, kamu bisa melihat progres dari proses belajar kamu di bagian tab “highscore”.

6. Typingme.com

Typingme memiliki 10 lessons untuk amateur dan 15 lessons jika kamu memilih pro. Di sana kamu bisa mempelajari metode praktik mengetik 10 jari sebagai amatir. Dikatakan bahwa 5 pelajaran pertama akan berisi hal yang sama antara amatir dan pro, jadi kamu bisa mulai sebagai amatir dahulu ya untuk membiasakannya.

7. 10fastfingers.com

KitaLulus merekomendasikan kamu menggunakan 10fastfingers jika kamu sudah terbiasa mengetik 10 jari. Sebab, situs ini akan mengedepankan keakuratan dan kecepatan mengetik kamu.

8. Typingclub.com

rekomendasi tempat belajar mengetik 10 jari

Situs belajar mengetik 10 jari ini sangat menarik karena kamu akan mendapatkan pengenalan berupa video-video yang interaktif. Isi video adalah tentang bagaimana setiap hari harus ditempatkan sesuai jumlah tombol yang ada di keyboard.

9. Keybr.com

Situs ini sangat mudah digunakan. Bahkan, ketika kamu masuk, kamu akan bisa langsung belajar mengetik. Kamu akan mengetahui kecepatan, ketepatan, dan skor yang kamu dapat selama belajar mengetik 10 jari.

10. Typinglessons-online.com

Typinglessons-online.com ini KitaLulus rekomendasikan sebagai situs belajar mengetik 10 jari karena sangat mudah digunakan untuk pemula. Kamu akan diberikan deretan lessons yang mudah dipahami untuk membiasakan jemari kamu mengenal setiap tombol di keyboard.

11. Speedtypingonline.com

rekomendasi situs belajar mengetik 10 jari

Di Speedtypingonline.com kamu juga akan mendapatkan tips dan trik cara belajar mengetik 10 jari dengan baik. Di situs ini, kamu akan diberikan tutorial dengan mengerjakan lessons sesuai dengan huruf yang diberikan dan bagaimana tipsnya tentang jari yang digunakan untuk mengetik huruf tersebut.

BACA JUGA: Komunitas KitaLulus: Tingkatkan Potensi Karirmu dengan Jadi Sobat Karir!

Nah, itulah 11 rekomendasi situs belajar mengetik 10 jari yang bisa kamu coba. Selalu ingat, meluangkan waktu setiap hari untuk praktik mengetik akan membuat kamu berprogres. Jadi, tidak masalah meskipun sekarang kamu belum begitu mahir mengetik 10 jari ya.

KitaLulus banyak memberikan tips mengenai skill improvement yang bisa kamu akses di website, baik itu tentang suatu posisi kerja maupun hard/soft skill yang kamu butuhkan. Klik di sini untuk mengaksesnya.

Selain itu, kamu juga bisa menginstal aplikasi KitaLulus di Playstore. Kamu hanya perlu registrasi dengan masuk dengan akun Google setelah itu kamu bisa mencari posisi karir yang kamu impikan.

Yuk, instal aplikasi KitaLulus dan dapatkan karir impian dengan #LebihMudah, aman, dan terpercaya!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!