17 Cara Meningkatkan IQ dengan Mudah, Bisa Cegah Pikun

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

IQ atau intelligence quotient adalah salah satu faktor yang sering dijadikan penilaian untuk mengukur kecerdasan seseorang. Bahkan, skor IQ juga biasanya menjadi persyaratan ketika melamar pekerjaan. Tak heran, bagi orang yang memiliki skor IQ rendah kemudian mencari cara meningkatkan IQ.

Meski begitu, sebenarnya IQ rendah tak selalu berarti bahwa seseorang pasti gagal dalam karirnya. Tapi tak ada salahnya Anda berusaha meningkatkan IQ, terutama jika Anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan yang memberikan persyaratan tes IQ.

Yuk langsung saja simak penjelasan tentang cara meningkatkan IQ berikut ini!

Apa Itu IQ?

Apa Itu IQ
Sumber: iq-test.net

IQ atau intelligence quotient adalah suatu standar untuk menentukan kecerdasan seseorang. Kecerdasan ini bukan kecerdasan alamiah, melainkan bentukan yang dihasilkan dari berbagai pengalaman, seperti belajar hingga kejadian hidup lainnya.

Karena IQ adalah suatu hasil yang tercipta melalui usaha, maka cara meningkatkan IQ juga bisa dilakukan dengan suatu kesadaran. Inilah mengapa orang yang memiliki kecerdasan alamiah tetapi malas akan kalah dengan orang yang tidak terlalu cerdas tetapi rajin berusaha dan belajar.

Namun, yang perlu kamu pahami, IQ bukan satu-satunya hal yang harus diperhatikan dalam menentukan kecerdasan manusia, ya. Sebab, ada 8 tipe kecerdasan lain dalam diri manusia yang bisa saja satu orang memiliki kesemuanya atau hanya salah satunya.

Baca Juga: 7 Contoh Soal Psikotes Deret Angka, Pembahasan, dan Tips Mengerjakannya

Cara Meningkatkan IQ

Sebelumnya perlu dipahami terlebih dahulu apa saja yang dipertimbangkan dalam pengukuran nilai IQ. Howard Gardner, seorang psikolog asal Amerika yang mencetuskan tentang teori multiple intelligence menyatakan bahwa IQ dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu logik-matematik, linguistik, dan spasial.

Dari pernyataan Gardner ini, kita mengetahui bahwa logika, pemahaman akan angka, pemahaman tentang bahasa, dan kemampuan menentukan ruang akan mempengaruhi nilai IQ seseorang. Dengan demikian, kita bisa melakukan kegiatan yang berkaitan tentang faktor-faktor tersebut untuk meningkatkan nilai IQ kita.

Nah, berikut cara meningkatkan IQ yang bersinggungan dengan faktor yang diungkapkan oleh Gardner.

1. Perbanyak Membaca Buku

Memperbanyak membaca buku adalah cara meningkatkan IQ yang pertama. Cara ini terbukti ampuh karena seseorang dapat membayangkan setiap peristiwa yang diungkapkan dalam buku tersebut.

Buku apa yang harus dibaca? Bebas. Pengetahuan, motivasi, hingga buku cerita fiksi menjadi buku yang bagus untuk melatih imajinasi otak. Selain melatih faktor spasial, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa karena dari setiap buku yang dibaca pasti akan menambah kosakata baru untuk kamu pelajari dan pahami.

2. Biasakan Menulis

Selain membaca, membiasakan menulis juga bisa menjadi cara meningkatkan IQ dengan baik. Hal ini dikarenakan ketika menulis, otak akan bekerja baik untuk memproses motorik hingga memori.

Kamu bisa menulis jurnal atau menulis ide yang kamu miliki untuk diuraikan lebih lengkap dengan menggunakan riset.

3. Bermain Alat Musik

Pernah mendengar tentang teori bahwa anak akan lebih pintar apabila selama hamil ibu mendengarkan musik klasik? Hal ini tidak sepenuhnya salah sebab musik memang berpengaruh pada peningkatan kecerdasan anak.

Dan jika kamu ingin meningkatkan nilai IQ, kamu bisa bermain alat musik apa pun. Dari memainkan alat musik itu, kamu akan melatih memori otak untuk menghafalkan dan memahami setiap nada dan not untuk kemudian menghasilkan musik yang indah.

4. Mengunjungi Tempat Baru

Liburan memang termasuk kegiatan yang menyenangkan. Hal tersebut ternyata bisa berpengaruh dalam peningkatan IQ, lho.

Namun, jangan salah sangka dengan mengira wajib liburan ke tempat yang jauh supaya lebih cerdas, ya. Artikan mengunjungi tempat baru dengan lebih luas lagi, seperti mengambil jalan lain ketika pulang kerja, mengunjungi tempat makan baru, hingga belanja di minimarket yang bukan biasanya.

Alasan mengapa mengunjungi tempat baru dapat meningkatkan IQ adalah karena ketika mengunjungi tempat baru, kamu akan mengalami hal asing. Nah, hal asing ini akan diproses oleh otak untuk bisa beradaptasi dengan cepat. Proses adaptasi inilah yang kemudian akan membuat otak bekerja sehingga kemampuan spasialnya menjadi lebih baik.

5. Melatih Penalaran Visuospatial

Berikutnya cara meningkatkan IQ adalah melatih penalaran visuospatial. Apa sih visospatial itu? Visuospatial adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menempatkan suatu objek di suatu ruang.

Kamu bisa membiasakan diri untuk melakukan observasi ruang hingga membaca peta. Dengan rajin melatih visuospatial, kamu juga dapat meminimalisir risiko alzheimer, lho.

6. Belajar Bahasa Baru

Seperti halnya membaca buku untuk memproses informasi baru dan menambah pemahaman tentang linguistik, belajar bahasa baru juga akan menghasilkan efek serupa. Dari belajar bahasa baru, kamu bahkan akan memahami tentang budaya suatu daerah asal bahasa tersebut.

Baca Juga: Kemampuan Intrapersonal: Arti, Contoh, dan Cara Meningkatkan

7. Meningkatkan Aktivitas Memori

cara meningkatkan iq dengan meningkatkan aktivitas memori

Cara meningkatkan IQ selanjutnya yaitu dengan meningkatkan aktivitas memori, misalnya bermain game tertentu, seperti puzzle, rubik, hingga susun kata.

Kamu juga bisa mengisi teka-teki silang. Permainan-permainan itu akan membuat kamu terbiasa untuk memproses informasi baru, meningkatkan kemampuan spasial, hingga menambah kosakata bahasa.

Atau jika kamu pernah memainkan permainan Sudoku, itu juga bisa menjadi cara meningkatkan IQ karena ada aktivitas otak untuk memproses logika dan matematika.

8. Cukup Istirahat

Saat merasa penat, kamu biasanya akan mengalami kesulitan saat berpikir. Itulah mengapa kamu harus rehat sejenak dari suatu aktivitas yang dirasa melelahkan. Ganti dengan aktivitas baru sementara untuk mengembalikan mood hingga kesegaran kinerja otak.

9. Perbaiki Waktu Tidur

Ada kalanya otak membutuhkan waktu istirahat. Pasalnya, jika dibiarkan bekerja terus-menerus, otak berpotensi lelah dan kinerjanya dapat menurun sehingga bisa mempengaruhi kondisi tubuh. Oleh karena itu, memperbaiki waktu tidur juga menjadi cara meningkatkan IQ yang bisa kamu lakukan. 

Usahakan kamu mendapatkan tidur 6–8 jam sehari. Jadi, kamu perlu melakukan manajemen waktu yang baik agar bisa mencapai hal tersebut.

10. Rutin Berolahraga

Olahraga bukannya berpengaruh pada otot bukan otak, mengapa menjadi salah satu cara meningkatkan IQ? Jika kamu mempertanyakan hal ini, kamu harus memperhatikan manfaat olahraga lebih spesifik lagi. Memang olahraga akan lebih dirasakan oleh badan. Namun, ini juga akan berpengaruh pada kinerja otak, lho.

Badan yang fit akan membuat kamu merasa bugar. Keadaan ini tentu akan berpengaruh pada cara kamu berpikir. Ketika olahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang berpengaruh pada kondisi diri, baik secara mood sehingga menghasilkan energi positif dalam tubuh.

11. Konsumsi Makanan Bergizi

cara meningkatkan iq dengan mengonsumsi makanan bergizi

Cara meningkatkan IQ selanjutnya adalah mengonsumsi makanan bergizi, sebab hal tersebut dalam menstimulasi kinerja otak. Ada banyak bahan makanan yang dapat mempengaruhi kecerdasan otak, seperti ikan, telur, kacang-kacangan, hingga buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan kemampuan kognitif.

12. Sering Bersosialisasi

Bersosialisasi dengan banyak orang atau orang baru akan membantu kamu dalam meningkatkan memori dan kinerja otak, lho. Sebab, saat bertemu orang baru, otak akan beradaptasi untuk mengingat hal-hal asing tentang informasi orang yang baru kamu temui itu.

Baca juga: 10+ Jenis Tes Kepribadian Paling Umum Digunakan Saat Seleksi Kerja

13. Mengurangi Screen Time

Tidak hanya tentang efek radiasi, pemakaian gadget yang terlalu sering akan membuat otak kamu malas bekerja. Misal, ketika menemukan informasi yang kamu sebenarnya tahu tetapi lupa, kamu akan dengan praktis menuju Google untuk mencari tahu tentang hal yang kamu lupa penjelasannya itu.

Dengan begini, otak kamu tidak mencoba mengingatnya dengan maksimal padahal sebenarnya bisa.

Bahkan, bantuan mencatat di note handphone saat berbelanja juga tidak begitu bagus untuk proses kerja otak. Lebih baik, kamu usahakan mengingat seluruh kebutuhan yang harus kamu beli secara alami.

14. Fokus dalam Melakukan Kegiatan

Fokus dalam melakukan kegiatan menjadi cara baik untuk meningkatkan IQ kamu. Manusia memang dianjurkan untuk tidak melakukan multitasking. Sebab, multitasking bukan suatu alasan untuk dapat mengerjakan banyak hal sekaligus sehingga bisa melakukan manajemen waktu yang baik.

Ketika melakukan multitasking, kamu tidak hanya fokus dalam melakukan suatu hal. Kamu hanya beralih dari satu kegiatan ke kegiatan lain secara random dan itu tidak baik untuk otak dalam memproses informasi dengan tenang dan valid.

Jadi, lebih baik fokus lakukan satu hal, selesaikan dengan cepat, baru kemudian beralih ke kegiatan lain.

15. Melakukan Meditasi

Melatih fokus tidak hanya tentang tidak menggunakan gadget, tetapi juga bagaimana kamu membuat fisik dan jiwa kamu tenang sehingga dapat berpikir dengan baik. Nah, melakukan meditasi menjadi cara meningkatkan IQ selanjutnya karena bisa membuat pikiran tenang sehingga otak lebih relaks.

16. Mengikuti Kursus atau Melanjutkan Pendidikan Formal

cara meningkatkan iq ngan mengikuti pendidikan formal

Nilai IQ adalah suatu hal yang sebenarnya lebih mudah diraih ketika kamu menempuh pendidikan formal, inilah sebabnya tes IQ kamu dapatkan ketika bersekolah. Sebab, saat menempuh pendidikan formal kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan memenuhi faktor untuk meningkatkan IQ, yaitu logika, matematika, linguistik, dan spasial.

Namun, kemudahan zaman membuat kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan akses pendidikan di bidang nonformal, yaitu dengan mengikuti kursus di bidang yang kamu ingin dalami. Ada banyak lembaga yang menyediakan kursus berkualitas, kamu bisa mengambilnya sesuai kebutuhan.

17. Mengubah Kebiasaan

Cara meningkatkan IQ yang terakhir adalah mengubah kebiasaan. Hal ini bisa dibilang mirip dengan cara meningkatkan IQ yang keempat, seperti mengubah kebiasaan untuk mengambil jalan pulang saat pulang kerja.

Namun, cara ini akan lebih universal karena mencakup banyak hal, seperti kebiasaan mandi, kebiasaan makan, hingga kebiasaan berpikir. Kebiasaan baru akan membuat otak memproses informasi baru. Nah, selama proses ini, otak seperti mendapatkan stimulasi segar sehingga bisa bekerja dengan lebih aktif.

Itulah sejumlah cara meningkatkan IQ yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa membagikan informasi ini kepada teman hingga saudara yang ingin meningkatkan IQ mereka.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan tips dan trik informasi dan bermanfaat lainnya seputar dunia kerja, kamu bisa cek blog Seputar Kerja di KitaLulus. Selain itu, di sana juga ada banyak informasi lowongan kerja yang juga bisa kamu dapatkan secara real time.

Bahkan, ketika kamu menginstal aplikasi KitaLulus di smartphone, kamu bisa mendapatkan akses ke 92.000+ informasi lowongan kerja secara gratis.

Kamu cukup instal aplikasi KitaLulus. Lakukan registrasi hanya dengan masuk ke akun Google kamu yang aktif. Setelah itu kamu sudah bisa mencari lowongan kerja yang sesuai kebutuhan dan keinginan kamu.

Semua perusahaan yang tergabung di aplikasi KitaLulus terpercaya dan aman. Sebab, verifikasi perusahaan dilakukan melalui double check dari sisi tim ahli dan sistem berteknologi canggih. Jadi, kamu tidak akan menemukan perusahaan bodong yang kerap melakukan penipuan kepada pelamar.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, lekas instal aplikasi KitaLulus untuk mendapatkan kemudahan mencari kerja dari mana saja dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!