8 Tipe Kecerdasan Manusia, Pelajari Karir yang Cocok Untukmu

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Tidak hanya tentang intelligence quotient atau IQ, manusia bahkan memiliki kecerdasan ganda yang disebut sebagai 8 tipe kecerdasan manusia. Dengan 8 tipe kecerdasan ini, manusia memiliki tingkat kecerdasan yang kompleks sehingga tidak bisa diukur dari satu faktor saja.

Untuk memahaminya lebih jelas, artikel berikut akan membahas secara detail tentang 8 tipe kecerdasan manusia tersebut. Akan dijelaskan juga pilihan karir yang cocok dengan setiap tipe kecerdasannya. Jadi, usai membaca artikel ini kamu bisa mengidentifikasi pekerjaan yang akan membuat kamu nyaman selama menjalaninya.

Sejarah Singkat Multiple Intelligence

Sejarah Singkat Multiple Intelligence

Teori 8 tipe kecerdasan manusia pertama kali diungkapkan oleh Howard Gardner, seorang Psikolog Amerika. Teori ini berawal dari Gardner yang ingin memecahkan argumen bahwa IQ bukanlah satu-satunya hal yang bisa digunakan untuk mengukur kecerdasan manusia.

Sebab, jika IQ tinggi, tetapi seseorang tidak bisa memanfaatkannya dengan baik, tentu saja akan sia-sia dan tidak bisa dinilai sebagai suatu hal yang cerdas.

Howard Gardner kemudian melakukan penelitian di Harvard School of Education and Harvard Project Zero. Bagi Gardner, IQ hanya dinilai dari sisi logiko-matematik, linguistik, dan spasial saja.

Gardner kemudian melakukan penelitian dengan melibatkan berbagai aspek lain yang berpotensi sebagai parameter kecerdasan manusia, yaitu antropologi, psikologi kognitif, psikologi perkembangan, psikometri, studi biografi, fisiologi hewan, dan neuroanatomi.

Dari penelitian tersebut, Gardner kemudian semakin yakin bahwa kecerdasan manusia sangat kompleks. Lalu pada 1983, Gardner membuat buku berjudul Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Namun, pada buku tersebut sebenarnya masih mengungkapkan 7 tipe kecerdasan saja.

Gardner terus menguji teorinya dan melakukan penelitian ulang beberapa kali. Dan akhirnya, satu tipe kecerdasan lainnya, yaitu kecerdasan alamiah atau naturalis, ia tambahkan sebagai penyempurna dalam teori multiple intelligence-nya.

Total 8 tipe kecerdasan manusia diungkapkan dan dibahas tuntas oleh Gardner dalam bukunya yang terbit pada 1993 dengan judul Multiple Intelligences: The Theory in Practice.

Baca Juga: Mau Sukses di Usia Muda? Terapkan Growth Mindset Yuk! Ini 7 Caranya

8 Tipe Kecerdasan Manusia dan Pilihan Karir yang Cocok

Penasaran kan apa saja 8 tipe kecerdasan manusia yang dikemukakan oleh Gardner? Berikut penjelasan detail yang bisa kamu pelajari.

1. Kecerdasan Bahasa

Kecerdasan Bahasa

Pertama dalam 8 tipe kecerdasan manusia adalah kecerdasan bahasa. Orang yang memiliki kecerdasan ini akan mudah dalam menyusun kalimat selama dia berbicara dan menulis. Jika kalian pernah mendengar istilah polyglot, yaitu sebutan untuk seseorang yang memahami beberapa bahasa, orang tersebut juga memiliki tipe kecerdasan ini.

Jika kamu merasa memiliki tipe kecerdasan bahasa, kamu akan cocok berkarir di bidang kepenulisan, seperti menulis novel, artikel, web content, naskah film, editor, dan lainnya.

Kemampuan berbicara yang baik juga dapat membuat kamu berkarir di bidang debat, guru, pengacara, hakim, dan karir lain yang membutuhkan kemampuan pengelolaan kebahasaan yang tinggi.

2. Kecerdasan Visual atau Spasial

Selanjutnya dalam 8 tipe kecerdasan manusia adalah kecerdasan visual. Kecerdasan ini juga disebut sebagai kecerdasan spasial. Ia akan pandai dalam menentukan dan mendeskripsikan sebuah ruang.

Jangan artikan ruang secara sempit sebagai sebuah bangunan ya, tetapi spasial juga tentang arah, jalan, hingga pengetahuannya berkaitan dengan wilayah.

Dengan kemampuan apiknya tentang ruang, arah, hingga wilayah, seseorang dengan kecerdasan visual atau spasial ini akan cocok berkarir sebagai pilot, masinis, driver, arsitek, dan lainnya.

3. Kecerdasan Musik

Ketika ada seseorang yang tidak bisa membaca not balok, tetapi dia sangat jenius dalam membuat musik, apakah dia memiliki kecerdasan musik? Tentu saja jawabannya iya. Not balok bukan satu-satunya tolok ukur dalam bermusik. Seseorang dengan kecerdasan bermusik akan sangat sensitif terhadap nada, irama, hingga melodi.

Karir yang cocok untuk kamu yang memiliki tipe kecerdasan ini adalah musisi, pencipta lagu, komposer, penyanyi, dan karir lain yang berkaitan dengan musik.

Baca juga: Coba Tes Kepribadian MBTI Gratis untuk Cek Karir yang Cocok

4. Kecerdasan Logis-Matematis

Kecerdasan Logis-Matematis

Bagi sebagian orang, belajar suatu hal yang membutuhkan hitung-hitungan adalah menyenangkan karena merupakan ilmu pasti, sehingga mudah dipahami. Nah, orang tersebut berarti memiliki kecerdasan logis-matematis. Tidak hanya tentang teori matematika, tetapi juga fisika bahkan akuntansi.

Seseorang dengan kecerdasan logis-matematis akan nyaman berkarir sesuai passion-nya yang terus bertemu dengan pemecahan masalah berdasarkan logika.

Karir yang bisa dijalani adalah ilmuwan, insinyur, akuntan, ekonom, matematikawan, fisikawan, peneliti, ahli laboratorium, dan semua bidang berkaitan dengan pemrograman, mulai dari back end developer, front end developer, hingga full stack developer.

5. Kecerdasan Kinestetik

Kinestetik akan berkaitan dengan alat gerak. Kecerdasan kinestetik akan menguasai berbagai hal yang menggunakan peragaan fisik. Seseorang dengan kecerdasan kinestetik akan cocok jika bekerja di bidang karir atlet, terapis fisik, penari, pemahat, pematung, dan karir lain yang membutuhkan alat gerak tubuh.

6. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan Interpersonal

Jika kamu pernah disebut sebagai social butterfly karena mampu akrab dengan banyak orang, kemungkinan besar kamu memiliki kecerdasan interpersonal.

Begitu pula dengan orang-orang yang berkepribadian ekstrovert yang nyaman ketika berada di kerumunan yang ramai. Dapat berkomunikasi dengan baik, membuat nyaman lawan bicara, hingga mengubah mood orang di sekelilingnya menjadi lebih baik adalah kemampuan seseorang yang memiliki tipe kecerdasan ini.

Dengan kemampuan tersebut, karir yang bisa diambil sangat luas, mulai dari bidang public relation, digital marketing, psikolog, sales, negosiator, politisi, hingga manager tim di divisi apa pun.

Baca Juga: Apa Itu Interpersonal Skill? Ini 11 Macam dan Cara Meningkatkannya

7. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal adalah tipe lain dari 8 tipe kecerdasan manusia. Kecerdasan ini bisa dibilang mirip sekaligus berbeda daripada kecerdasan interpersonal.

Sebab, jika seseorang dengan kecerdasan interpersonal mampu mengubah situasi di sekitarnya dengan caranya bersikap kepada lingkungan, maka seseorang yang cerdas secara intrapersonal akan melakukan observasi untuk memahaminya dengan baik.

Bisa dibilang, orang dengan kecerdasan intrapersonal harus merasa damai dengan dirinya terlebih dahulu. Ia akan memahami lingkungan dengan perasaan yang pernah ia alami tersebut. Ia akan menggali bagaimana perasaan orang di sekitarnya melalui pengalamannya sendiri.

Untuk karir yang bisa dijalani dari kecerdasan ini adalah menjadi psikolog, terapis, konselor, wirausahawan, hingga filsuf.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan terakhir dari 8 tipe kecerdasan manusia adalah kecerdasan naturalis. Kecerdasan ini akan menyukai hal-hal yang berkaitan dengan alam. Ia sangat menyukai berkebun, merawat tanaman, hingga kritis terhadap perubahan lingkungan. Karir yang bisa dijalani adalah petani, ahli geologi, florist, konservator alam, dan lainnya.

Itulah 8 tipe kecerdasan manusia yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi kecerdasan apa yang kamu miliki. Tidak masalah untuk memiliki kecerdasan lebih dari satu tipe, karena manusia memang makhluk yang mudah sekali beradaptasi.

Hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan adalah memilih bidang karir yang nyaman ketika kamu menjalaninya. Pilih sesuai passion atau bidang yang sangat kamu kuasai sehingga jobdesc yang harus dikerjakan bisa kamu lakukan secara maksimal.

Sekarang sedang mencari pekerjaan yang cocok? Cari informasi lowongan kerja melalui aplikasi KitaLulus, yuk! Di aplikasi KitaLulus ada banyak lowongan kerja yang tersedia. Lebih dari 90.000 lowongan kerja dari 50.000+ perusahaan di Indonesia bisa kamu akses secara gratis.

Caranya sangat mudah. Kamu instal aplikasi KitaLulus di PlayStore lalu sign up dengan masuk ke akun Google kamu. Setelah itu kamu sudah bisa mencari lowongan kerja dengan mengetik nama posisi, nama perusahaan, hingga kota tujuannya.

Mudah, praktis, dan aman. Tiga hal itulah yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan KitaLulus sebagai aplikasi pencari kerja andalan. Jadi, yuk langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu!

Baca Juga: Wajib Dikuasai! Ini 13 Contoh Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!