Apa Itu Crew Outlet? Pelajari Tugas, Skill, Informasi Gaji

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Crew outlet adalah petugas atau karyawan yang pasti akan kamu temui ketika berbelanja di toko maupun supermarket. Merekalah yang bertanggung jawab terhadap semua produk yang ada dalam toko tersebut.

Prospek karir crew outlet termasuk tinggi, lho. Sebab, banyak perusahaan melakukan ekspansi sehingga pasti akan memperluas toko atau kerja samanya dengan suatu pasar swalayan. Dengan adanya ekspansi, otomatis crew outlet harus ditambah untuk ditugaskan di cabang-cabang barunya.

Yuk pelajari lebih lanjut seputar tugas dan tanggung jawab crew outlet, skill yang diperlukan, hingga kisaran gajinya di bawah ini!

Apa Itu Crew Outlet?

Pengertian crew outlet adalah karyawan yang bertugas untuk menjaga sebuah toko, outlet, atau stand suatu brand. Jika kamu menjadi crew outlet, tentu saja kamu tidak bekerja sendiri.

Dalam satu toko, biasanya akan terdapat 2 hingga 3 karyawan crew outlet. Jumlah yang lebih dari satu karyawan ini bukan tanpa alasan. Hal tersebut bertujuan agar ketika toko sedang ramai pengunjung, semua pelanggan tetap bisa dilayani dengan baik.

Tugas dan Tanggung Jawab Crew Outlet

crew outlet membuka toko

Tugas utama crew outlet adalah menjaga toko. Selain itu, crew outlet adalah orang yang pertama kali akan bertanggung jawab ketika ada customer yang datang dan membutuhkan bantuan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa beberapa tugas dan tanggung jawab crew outlet adalah sebagai berikut.

  • Menyapa customer yang datang dengan ramah.
  • Membantu menjelaskan produk yang diinginkan customer.
  • Menjelaskan harga hingga diskon yang sedang ditawarkan saat itu.
  • Memahami peletakan seluruh produk di outlet.
  • Mencarikan produk yang diinginkan customer.
  • Menata dan merapikan kembali produk yang ada di etalase.
  • Bekerja sama dengan staf lain untuk memudahkan komunikasi dengan customer jika terjadi komplain.
  • Memahami product knowledge perusahaan sehingga bisa dengan mudah menjelaskan kepada customer.
  • Memastikan produk yang dibeli customer dalam kondisi baik sehingga tidak akan terjadi komplain di kemudian hari.

Baca juga: Apa Itu Sales Advisor? Ini Tugas, Gaji, dan Jenjang Karirnya

Skill yang Dibutuhkan Crew Outlet

Dengan tugas dan tanggung jawab di atas, crew outlet tentu saja harus memiliki kualifikasi yang sesuai. Jadi, seluruh tugas bisa dikerjakan maksimal tanpa ada hambatan.

Dengan begitu, kemungkinan terjadinya kerugian pada perusahaan dapat diminimalisir atau bahkan customer experience juga bisa terjaga dengan baik.

Kamu bisa mempelajari skill berikut jika ingin menjadi seorang crew outlet.

Jenjang Karir dan Gaji Crew Outlet

Setelah menyimak tugas dan tanggung jawab crew outlet di atas, mungkin kamu penasaran dengan berapa kisaran gajinya.

Untuk seorang crew outlet yang masih junior, pada umumnya kamu akan mendapatkan gaji sesuai UMR kota tempat outlet tersebut berada.

Namun, rata-rata gaji crew outlet adalah sekitar Rp1.900.000–Rp4.500.000. Di luar gaji pokok bulanan tersebut, kamu biasanya akan mendapatkan:

  • Seragam
  • Uang lembur
  • Tunjangan hari raya
  • Asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan
  • Uang makan (hanya di beberapa perusahaan)

Posisi crew outlet juga bisa ditempati oleh part timer, lho. Sistemasi gajinya nanti akan dihitung per kehadiran. Pembayarannya bisa per minggu atau per bulan seperti sistem penggajian pada umumnya.

Nominal gaji part time dengan karyawan full time tentu saja berbeda, yaitu sekitar Rp700.000–Rp1.500.000 selama sebulan.

Tak perlu khawatir, sebab posisi crew outlet memiliki jenjang karir yang pasti. Ketika kamu sudah memiliki pengalaman dan kemampuan yang sesuai, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan promosi untuk menempati posisi asisten kepala atau manajer toko hingga menjadi kepala toko atau head store.

Syarat Menjadi Crew Outlet

Biasanya, syarat utama yang ditentukan oleh perusahaan saat mengadakan rekrutmen crew outlet adalah pendidikan minimal SMA/SMK.

Namun, syarat-syarat lain juga harus kamu perhatikan ketika melamar posisi ini. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak syarat menjadi crew outlet berikut ini.

  • Pendidikan minimal SMA/SMK/sederajat.
  • Fresh graduate/berpengalaman.
  • Batas umur (pada umumnya maksimal 35 tahun).
  • Memiliki pengetahuan sesuai dengan perusahaan atau brand yang dilamar.
  • Bersedia ditempatkan di wilayah keberadaan outlet.
  • Bersedia bekerja secara shifting.
  • Jujur, bertanggung jawab, dan disiplin.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik dan sopan.

Baca juga: Apa Itu CRM (Customer Relationship Management)? Ini Manfaat, Komponen, dan Contoh Penerapannya

Itulah informasi seputar apa itu crew outlet yang perlu kamu pahami. Jadi, nantinya ketika melamar kamu mampu menjelaskan visi dan misi selama bekerja dengan baik.

Karena crew outlet adalah bidang kerja yang banyak dicari, informasi loker posisi ini juga mudah kamu temukan, salah satunya adalah melalui aplikasi KitaLulus.

Kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus di PlayStore lalu lakukan registrasi. Kamu juga bisa melakukan registrasi dengan log in ke akun email Google kamu yang aktif. Setelah itu kamu sudah dapat mencari loker yang sesuai dengan kualifikasi kamu.

Tidak hanya menyediakan informasi loker, kamu juga bisa mengakses fitur-fitur menarik di aplikasi KitaLulus, salah satunya adalah fitur Belajar. Di sini, kamu akan mendapatkan fasilitas berupa berbagai soal psikotes yang bisa kamu jadikan bahan latihan. Jadi, ketika proses rekrutmen ada tes TPA hingga psikotes, kamu sudah terbiasa mengerjakannya.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Dengan aplikasi KitaLulus, kesempatan meraih karir impian bisa #LebihMudah kamu dapatkan!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!