Apa Itu Sales Advisor? Ini Tugas, Gaji, dan Jenjang Karirnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Sales advisor adalah— Jika kamu membeli sesuatu di sebuah toko, kamu akan bertemu dengan petugas yang menyarankan kamu untuk membeli suatu produk sesuai kebutuhanmu. Petugas itu disebut sales advisor. Secara garis besar, sales advisor adalah petugas penjualan yang memiliki pengetahuan luas akan product knowledgement.

Tidak hanya berguna untuk perusahaan sehingga penjelasan produk bisa tersampaikan kepada customer dengan baik, customer juga terbantu oleh adanya sales advisor.

Jadi, untuk sebuah perusahaan yang memiliki produk berupa barang dan jasa, sales advisor adalah karyawan yang sangat dibutuhkan untuk menjaga relasi dengan hubungan dan meningkatkan penjualan.

Nah, jika kamu memiliki tingkat komunikasi yang baik, pintar menjelaskan suatu produk kepada customer, dan mampu bekerja dengan target, sales advisor adalah posisi yang cocok untuk kamu. Untuk penjelasan lebih detail tentang posisi ini, kamu bisa menyimak artikel ini hingga akhir. Akan KitaLulus spill juga informasi gaji dari sales advisor, lho.

BACA JUGA: Mengenal Sales Promotor, Tugas, dan Gajinya

Apa Itu Sales Advisor?

Secara literal, sales advisor adalah penasihat atau konsultan penjualan. Sesuai terjemahan aslinya, sebenarnya tugas sales advisor adalah memberikan anjuran kepada klien terhadap pemilihan produk yang dia butuhkan. 

Sales advisor biasanya ditempatkan di produk-produk yang membutuhkan penjelasan ahli sebelum konsumen membeli.

Contohnya adalah saat kamu ingin membeli produk kecantikan berupa make up. Kamu tidak bisa asal membeli jika memang belum mengenal produknya. Nah, agar lebih tahu apakan produk tersebut sesuai untukmu, kamu bisa berkonsultasi kepada sales advisor.

Dikarenakan posisi sales advisor yang sangat mempengaruhi keputusan beli calon konsumen (termasuk terjadi tidaknya komplain nantinya), sales advisor harus memiliki penguasaan product knowledge yang baik. Selain itu, ia juga harus bisa menjelaskan produk dengan jujur namun tanpa menjelek-jelekkan produk.

BACA JUGA: Apa Sih Brand Ambassador Itu? Ini Tugas, Jenis, Skill, dan Gajinya

Perbedaan Sales Advisor dan Sales Associate

perbedaan sales advisor dan sales associate

Dua posisi yang sama-sama di bawah divisi penjualan ini memiliki tugas yang hampir mirip. Sales advisor adalah petugas yang akan menjelaskan segala hal tentang produk kepada customer. Sedangkan sales associate adalah seseorang yang akan menjawab pertanyaan dari customer terkait produk. Sudah mulai terlihat perbedaannya?

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak penjelasan berikut terkait perbedaan sales advisor dan sales associate.

1. Peran Kerja

Peran utama sales advisor adalah menggaet customer. Jadi, dia akan memberikan saran terkait pembelian produk. Seluruh informasi produk harus dia kuasai, bahkan benefit yang akan didapat ketika customer melakukan pembelian produk tertentu atau dalam jumlah tertentu.

Sales associate juga harus menguasai produk. Namun, sales associate tidak memiliki kewajiban untuk mendapatkan customer. Target kerja mereka adalah memberikan pelayanan customer service terkait product sales.

2. Bidang Kerja Utama

Sales advisor nantinya akan bekerja dalam bidang penjualan dengan target menjual produk. Namun, sales advisor harus lebih menguasai barang apa saja yang ready di etalase. Jadi, ketika customer bertanya terkait stok dan harga yang dicari, sales associate bisa menjawabnya.

3. Penyebutan Peran

Sales advisor disebut juga sebagai sales representative dan sales assistant. Untuk sales associate juga bisa disebut sebagai sales representative dan account representative.

Tugas Sales Advisor

tugas sales advisor

Dari penjelasan di atas, kita memahami bahwa tugas utama sales advisor adalah terkait dengan penjualan dan menjalin hubungan dengan klien. Tidak hanya itu, tugas sales advisor akan dijelaskan dalam daftar berikut:

  • Menguasai pengetahuan akan produk, brand, dan perusahaan dengan baik.
  • Memberikan pelayanan yang maksimal kepada customer.
  • Memberikan saran tentang produk sesuai kebutuhan customer sekaligus meningkatkan penjualan.
  • Mencapai target jual produk yang ditentukan.
  • Mendata customer dengan baik untuk nantinya dilakukan follow up oleh tim terkait.
  • Bekerja sama dengan sales representative sehingga pelayanan kepada customer bisa mudah diberikan dan terpantau.
  • Membuat skema penjualan yang menarik sehingga menarik minat beli customer.

Skill yang Dibutuhkan Sales Advisor

Dari tugas yang harus dilakukan oleh sales advisor di atas, berikut adalah skill atau kemampuan yang dibutuhkan:

  • Kemampuan komunikasi yang persuasif.
  • Mampu memahami product knowledge dengan optimal.
  • Kemampuan sales yang baik.
  • Memiliki ingatan yang baik, terutama yang berkaitan dengan product knowledge.
  • Manajemen emosi.
  • Fokus.
  • Detail oriented.
  • Menguasai customer relation management.

Proyeksi Karir dan Gaji Sales Advisor

gaji sales advisor

Pekerjaan sebagai sales akan terus dibutuhkan sebagaimana dengan pertumbuhan industri yang memiliki produk dan jasa juga semakin meningkat.

Meskipun kemudian kemajuan teknologi menciptakan robot yang bisa memberikan pelayanan di restoran ataupun toko, tetapi robot tidak akan menyingkirkan manusia yang berperan sebagai sales advisor. Customer hanya akan mempercayai nasihat, saran, dan testimoni dari manusia.

Untuk gaji, sales advisor pada umumnya akan mendapatkan gaji pokok, bonus penjualan, hingga asuransi sesuai yang disediakan perusahaan. Rentang gaji pokok sales advisor adalah Rp2.500.000 – Rp6.000.000.

Sementara itu, terkait jenjang karir biasanya sales advisor akan dibagi menjadi junior, senior, dan lead lapangan.

BACA JUGA: Syarat Menjadi Sales dan Teknik Negosiasi yang Dibutuhkan

Perusahaan yang Memerlukan Sales Advisor

Sales advisor akan dibutuhkan oleh perusahaan yang memiliki produk berupa barang dan jasa dengan target penjualan. Dari informasi ini, kamu tentu saja sudah mengetahui perusahaan mana saja yang bisa kamu sasar untuk dapat bergabung sebagai sales advisor, kan?

Untuk sekarang, jika kamu sedang mencari pekerjaan di bidang kerja ini, ada 3 perusahaan yang sedang mencari seorang advisor, yaitu PT Dekoruma Inovasi Lestari, Crewdible, dan PT Cerdas Digital Nusantara atau Cakap. Kamu bisa melamarnya di aplikasi KitaLulus yang dapat diunduh melalui Playstore.

Itulah serba-serbi tentang sales advisor, mulai dari pengertian, tugas, skill yang dibutuhkan, hingga informasi gaji yang bisa kamu ketahui. Jadi, sudah tidak bingung lagi dengan lingkup kerja sales advisor, kan? Bahkan tidak pusing lagi bagaimana mencari informasi loker yang terpercaya karena ada KitaLulus.

Tidak hanya loker untuk sales advisor, kok, yang ada di aplikasi KitaLulus. Kamu juga bisa mengakses 50.000+ info loker secara gratis, di mana pun dan kapan pun.

Terdapat fitur Belajar juga di aplikasi KitaLulus. Di dalamnya ada banyak soal psikotes yang bisa kamu pelajari dengan simulasi pengerjaannya juga. Kamu bisa terbantu untuk menjadi terbiasa dengan variasi soal psikotes ketika proses rekrutmen, deh.

Yuk, langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan dapatkan pengalaman melamar kerja dengan #LebihMudah, aman, dan terpercaya!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!