Tes Potensi Akademik (TPA): Jenis, Contoh Soal, dan Pembahasannya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

TPA adalah— TPA adalah singkatan dari tes potensial akademik. Tes ini biasanya akan kamu jumpai saat melakukan seleksi kerja. Jenis soalnya sederhana sehingga kamu tidak perlu khawatir tidak bisa menjawabnya.

Namun, meskipun soal-soal TPA itu sederhana dan dapat dijawab dengan logika, tetapi kamu tentu saja harus mengetahui tips dan trik dalam menjawabnya. Nah, dalam artikel ini, KitaLulus akan menjelaskan hal tersebut.

Tidak hanya itu, artikel ini juga akan membantu kamu dalam memahami jenis soal-soal TPA karena akan diberi contoh soal dan pembahasannya di akhir artikel. Jadi, simak artikel ini hingga selesai ya!

BACA JUGA: Mau Ikut Rekrutmen BUMN? Ini 14 Contoh Soal TKD dan Core Values BUMN, Pembahasannya Lengkap!

Apa Itu TPA?

Apa itu TPA tes potensi akademik

TPA adalah salah satu jenis psikotes yang selalu digunakan perusahaan di salah satu tahap rekrutmen. Tes ini diadakan untuk mengukur proses berpikir pelamar, mulai dari kecerdasan bahasa hingga logika. Dengan begitu, pihak perusahaan tahu bagaimana ketepatan berpikir mereka.

Biasanya, soal memiliki jumlah yang tidak sedikit, tetapi waktu yang diberikan terbatas. Oleh karena itu, tes ini nantinya juga digunakan untuk menilai manajemen waktu pelamar hingga manajemen emosi. Sebab, butuh manajemen waktu dan emosi yang baik sehingga bisa menyelesaikan TPA dengan lancar.

Perbedaan TPA & TPS

TPA adalah jenis soal yang berbeda dengan TPS atau tes potensial skolastik. Jika kamu masih bingung perbedaan di antara keduanya, berikut penjelasan yang bisa kamu pahami.

1. Fungsi

TPA adalah jenis tes yang bertujuan untuk mencari tahu bagaimana seseorang berpikir secara logika. Sedangkan TPS diadakan untuk mencari tahu kemampuan kognitif seseorang.

2. Waktu Pengerjaan

Pada umumnya, TPA akan memiliki waktu lebih singkat, sedangkan TPS lebih lama beberapa menit dibanding soal-soal TPA. Hal ini dikarenakan TPS berisi soal yang full teks. 

3. Jenis Soal

Jika TPA berisi soal-soal pendek yang terdiri dari bahasa dan angka, TPS hanya berisi teks panjang.

BACA JUGA: 10 Contoh Soal Tes Psikotes Gratis dan Jawabannya. Mau Tahu?

Jenis Soal TPA

tips mengerjakan tes potensi akademik

Jenis soal TPA memiliki variasi. Berikut KitaLulus jelaskan beberapa jenis soal TPA yang bisa kamu pelajari.

1. Tes Verbal

Jenis TPA yang pertama ini memiliki fungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam berbahasa. Variasi soal tes verbal sama seperti ketika kita ujian saat SMP/SMA, seperti mencari persamaan kata, lawan kata, hingga pengelompokkan kata.

2. Tes Angka

Tes angka menjadi jenis soal tes potensial akademik selanjutnya. Sesuai namanya, soal akan berhubungan dengan angka selayaknya soal sederhana Matematika, salah satunya adalah logika huruf. Nantinya, tes ini digunakan HRD untuk mengurus apakah kamu pintar di bidang angka atau tidak.

3. Tes logika

Logical thinking sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Oleh karena itu, di setiap jenis soal TPA pasti ada tes logika. Nantinya tes ini berisi seperti logika umum, silogisme, hingga logika diagram.

4. Tes Spasial atau Gambar

Jika tes logika dalam tes potensial akademik digunakan untuk mengukur logika umum pelamar, tes spasial atau gambar berfungsi untuk mengukur logika ruang pelamar. Jenis soalnya berupa pengelompokkan gambar, bayangan gambar, hingga identifikasi gambar yang mirip.

Tips Sukses Mengerjakan Soal TPA

Untuk bisa mengerjakan soal TPA dengan mudah, KitaLulus akan memberikan tips sebagai berikut.

  • Berlatih soal dengan giat.
  • Pahami pembahasan di soal-soal yang kamu pelajari sehingga memahami konsep jawabannya.
  • Istirahat yang cukup di malam sebelum tes.
  • Konsentrasi.
  • Prediksi waktu setiap soal harus dijawab sehingga akan lebih efektif dalam proses pengerjaannya.
  • Kerjakan soal yang menurutmu mudah terlebih dahulu.
  • Tetap tenang.

BACA JUGA: 10+ Jenis Tes Kepribadian Paling Umum Digunakan Saat Seleksi Kerja

Contoh Soal TPA dan Pembahasannya

contoh soal tes potensi akademik dan pembahasannya

Berikut adalah contoh soal yang pada umumnya keluar di tes potensial akademik. Jenis soal yang keluar memang umum karena TPA adalah tahapan yang mudah diprediksi. Namun, ketika pelamar kehilangan konsentrasi dan manajemen waktu yang kurang baik, pelamar bisa jadi tidak bisa menyelesaikan soal dengan mudah padahal soal sudah biasa ditemui.

1. Gerbong : Lokomotif = … : …

A. Taksi : Pengemudi

B. Kereta : Masinis

C. Pedati : Andong

D. Delman : Kuda

E. Trem : Rel

Pembahasan: 

Dari soal di atas, kita memiliki dua kata kunci, yaitu gerbong dan lokomotif. Dari situ, kita akan identifikasikan keterkaitannya. Jika disimpulkan, berarti gerbong akan ditarik oleh lokomotif. Dengan begitu, jawaban memiliki keterkaitan kata depan “ditarik” oleh kata belakang. Jadi, jawabannya adalah D: delman ditarik kuda.

2. Carilah kata yang tak termasuk dalam kosakata di bawah ini!

A. Buku

B. Novel

C. Majalah

D. Cerpen

E. Komik

Pembahasan:

Seolah, kelima opsi memiliki keterkaitan, yaitu berisi cerita. Namun, jika kita perhatikan lagi, ada satu pilihan yang berbeda. Buku, novel, majalah, dan komik berbentuk buku tebal. Sedangkan cerpen berupa lembaran. Jadi, jawabannya adalah D.

3. Pertanyaannya adalah seperti berikut: 24, 20, 16, 12, ?

A. 8

B. 4

C. 10

D. 11

E. 6

Pembahasan:

Deretan angka pada soal, yaitu 24, 20, 26, 12, bisa disimpulkan bahwa setiap angka di belakangnya selalu dikurangi 4. Dengan begitu, angka setelah 12 adalah 12-4=8. Jadi, jawabannya adalah A.

4. Perhatikan gambar di bawah ini.

contoh soal tpa dan kunci jawaban

Pembahasan:

Dari gambar di soal, jika kita melipatnya menjadi kubus, maka urutan yang benar adalah tanda kotak akan diapit oleh tanda titik tiga dan tanda lingkaran. Sedangkan tanda kotak kecil diagonal diapit oleh titik tiga dan bulat. Tanda titik tiga tidak pernah berdampingan dengan tanda bulat. Begitu pula tanda kotak tidak pernah berdampingan dengan tanda kotak kecil diagonal. Jadi, jawabannya adalah D. 

5. Manakah jawaban yang tepat?

contoh soal TPA

Pembahasan:

Dari gambar di soal, baris pertama gambar kedua akan diputar 180o dari gambar pertama lalu gambar ketiga akan muncul kepala di belakangnya. Begitu pula dengan baris kedua. Jadi, baris ketiga akan berlaku aturan yang sama. Jawaban gambar ketiga di baris ketiga adalah E.

BACA JUGA: 5 Cara Menjawab Psikotes Gambar Orang dan Indikator Penilaiannya

Itulah berbagai informasi tentang TPA yang bisa kamu pelajari agak lolos seleksi psikotes. Karena TPA adalah tahapan yang penting, jadi kamu harus mempersiapkan diri dengan baik ya.

Untuk belajar soal-soal psikotes lebih banyak lagi, kamu bisa instal aplikasi KitaLulus di Playstore. Di aplikasi KitaLulus terdapat fitur soal psikotes untuk latihan kamu supaya terbiasa dengan variasi soal psikotes.

Tidak hanya itu, di aplikasi KitaLulus juga terdapat fitur komunitas yang bisa membantu kamu bertemu dengan relasi baru. Nantinya, kamu juga bisa saling berbagi ilmu, informasi, dan bertanya tentang informasi lowongan pekerjaan hingga mengembangkan karir.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Jangan sampai melewatkan kesempatan mendapatkan informasi lebih dari 50.000 lowongan kerja dari berbagai perusahaan bonafit Indonesia. Hanya dengan KitaLulus kamu memiliki pengalaman mencari kerja #LebihMudah daripada sebelumnya.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!