9 Prospek Kerja Sistem Informasi Terbaik dan Nominal Gajinya 2022

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Prospek kerja sistem informasi– Prospek kerja Sistem Informasi atau SI semakin menjanjikan belakangan ini. Banyak perusahaan yang membutuhkan beberapa peran yang bisa diisi oleh kamu dari jurusan Sistem Informasi.

Namun, sebenarnya apa itu Jurusan Sistem Informasi? Apakah sama dengan Teknik Informatika? Seberapa menjanjikan prospek kerja Sistem Informasi? Bagaimana proyeksi karier dan gajinya?

Yuk, simak artikel ini hingga selesai. KitaLulus akan menjelaskan dengan detail bagaimana gambaran karier untuk lulusan Jurusan Sistem Informasi.

BACA JUGA: Mau Sukses di Usia Muda? Terapkan Growth Mindset Yuk! Ini 7 Caranya

Apa Itu Sistem Informasi?

Sistem Informasi adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi yang mempelajari tentang mendesain suatu sistem yang dibutuhkan oleh perusahaan. Nantinya, lulusan jurusan ini akan diarahkan ke bidang IT suatu perusahaan.

Dengan semakin berkembangnya teknologi sekarang ini, peran seorang IT tentu banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Inilah alasannya Jurusan Sistem Informasi selalu penuh peminat di setiap pembukaan pendaftaran mahasiswa baru.

Daftar Mata Kuliah di Jurusan Sistem Informasi

Prospek kerja bidang sistem informasi

Saat masuk jurusan Sistem Informasi, kamu akan dihadapkan dengan mata kuliah beragam. Tidak seperti jurusan teknik lain yang fokus ke teknis, di jurusan SI kamu akan dihadapkan pada mata kuliah berbasis sosial seperti manajemen dan perencanaan SDM. Menarik, kan?

Di bawah ini terdapat beberapa mata kuliah jurusan Sistem Informasi yang umum diajarkan di universitas:

  • Manajemen dan Organisasi
  • Sistem dan Teknologi Informasi
  • Bahasa Pemrograman
  • Algoritma dan Struktur Data
  • Arsitektur Sistem Informasi Perusahaan
  • Desain dan Manajemen Proses Bisnis
  • Desain dan Manajemen Jaringan Komputer
  • Dasar-dasar Pengembangan Software
  • Pemrograman Berorientasi Objek
  • Analisis dan Desain Perangkat Lunak
  • Keamanan Aset Informasi
  • Desain Basis Data
  • Tata Kelola TI
  • Manajemen Risiko TI
  • Manajemen Pengadaan dan Investasi TI
  • Etika Profesi SI
  • Manajemen dan Administrasi Basis Data
  • Manajemen Proyek TI
  • Perencanaan Sumberdaya Perusahaan

Sebagai lulusan Jurusan Sistem Informasi, nantinya kamu akan memiliki beberapa kemampuan. Kemampuan ini nantinya bisa kamu gunakan ketika sudah berkecimpung di dunia profesional.

  • Memiliki keahlian untuk merekayasa dengan komputer.
  • Terbiasa memecahkan masalah jika mengalami kendala dalam pengelolaan sistem komputer.
  • Cara berpikir yang sistematis dan logis.
  • Terbiasa melakukan analisis pada suatu masalah yang terjadi untuk mencari solusi yang sesuai.
  • Selalu melakukan riset sehingga solusi yang dihasilkan akurat.
  • Kemampuan manajerial data.

BACA JUGA: Mengenal Front End Developer, Tugas, Skill, Gaji, dan Jenjang Karirnya

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Prospek kerja jurusan sistem informasi dan gaji

Banyak orang yang akan menyamakan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Namun, sebenarnya kedua jurusan tersebut memiliki cakupan materi pembelajaran yang berbeda. Dengan demikian, keterampilan lulusan juga akan berbeda sehingga bidang pekerjaannya juga tidak bisa disamakan.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak bagaimana perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika berikut ini.

1. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika akan lebih akan lebih mengacu pada penerapan pemrograman secara keseluruhan. Biasanya, lulusan dari jurusan ini akan menempati posisi programmer yang memang lebih sistem jaringan komputer.

Beberapa program studi dari jurusan ini antara lain Ilmu Komputer, Ilmu Komputasi, Teknik Informatika, hingga Matematika Komputasi.

2. Sistem Informasi

Untuk Jurusan Sistem Informasi, materi yang dipelajari lebih tentang sistem informasinya. Nantinya kamu akan memahami untuk merancang, mengembangkan, dan menerapkan suatu sistem informasi di sebuah perusahaan sehingga terintegrasi dengan baik.

Sistem Informasi tetap terkait dengan Teknik Informatika. Sebab, jika Sistem Informasi adalah si perancang, maka Teknik Informatika adalah yang mengeksekusi rancangan tersebut untuk diaktualisasikan.

BACA JUGA: Tugas dan Tanggung Jawab Network Engineer, Gaji, serta Sertifikasinya

Universitas dengan Jurusan Sistem Informasi Terbaik

Universitas dengan jurusan sistem informasi terbaik

Bagaimana? Semakin tertarik untuk memilih Jurusan Sistem Informasi sebagai bidang studi lanjutan setelah lulus? Jika iya, kamu bisa memilih salah satu dari universita berikut ini. Jajaran universitas berikut terkenal dengan Jurusan Sistem Informasi terakreditasi terbaik di Indonesia lho!

  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Surabaya
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Universitas Telkom, Bandung
  • Universitas Bina Nusantara, Jakarta
  • Universitas Atma Jaya, Yogyakarta
  • Universitas Gunadarma, Jakarta
  • Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang

BACA JUGA: Mau Jadi Product Manager? Ini Tugas, Skill, Gaji, dan Jenjang Karirnya

9 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi dan Gajinya

Dengan cakupan materi pembelajaran yang luas, lulusan Sistem Informasi tentu saja memiliki banyak peluang karier yang bisa dimasuki. Berikut akan KitaLulus jelasnya 9 prospek kerja Sistem Informasi yang bisa kamu gunakan sebagai acuan ketika kamu mencari karier seperti yang kamu inginkan.

1. Application Engineer

Sebagai seorang application engineer yang profesional, kamu harus memiliki beberapa sertifikat, yaitu Microsoft Certification Application Developer (MCAD), Sun Certified Architect, Oracle Certified DBA Master.

Gaji yang bisa kamu terima di posisi ini berkisar dari Rp5.000.000 hingga Rp7.000.000. Rentang gaji akan semakin tinggi dengan semakin bertambahnya pengalaman.

Nantinya, kamu akan bertugas untuk dapat berkoordinasi dengan klien untuk merancang dan menyediakan peningkatan sistem dalam perusahaan mereka. Tidak hanya itu, nantinya kamu juga harus memantau sistem sehingga tahu bagaimana mengembangkannya.

2. Konsultan IT

Rata rata gaji lulusan sistem informasi di Indonesia

Seorang konsultan IT akan berperan sebagai penghubung antara staff perusahaan dengan klien. Dengan begitu, kebutuhan mengenai keterbaruan sistem informasi akan diketahui untuk kemudian diterapkan oleh klien.

Sebagai seorang konsultan IT tentu saja kamu harus memiliki kredibilitas yang tinggi. Biasanya, penunjang kredibilitas tersebut dibuktikan dengan sertifikasinya. Konsultan IT harus memiliki beberapa sertifikasi, seperti Cisco Certified Internetwork Expert, Cisco Certified Network Professional , Microsoft Certified Systems Engineer, hingga CompTIA Security+.

Gaji yang diperoleh bisa mencapai Rp11.000.000 hingga Rp50.000.000, menjanjikan sekali, bukan?

3. UI/UX Developer

UI/UX developer akan bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna dalam mengakses website atau aplikasi. Peran ini lebih mengedepankan konsep yang menarik sehingga bisa memberikan kesan yang terbaik kepada pengguna.

Seorang UI/UX developer memiliki rentang gaji antara Rp6.500.000 hingga Rp11.500.000. Dan, rentang gaji ini juga tergantung perusahaannya, bisa lebih tinggi lagi.

BACA JUGA: Perbedaan Desainer UI dan UX, Tugas, Tanggung Jawab, Skill yang Wajib Dikuasai

4. Programmer (Software Developer)

Dikarenakan Sistem Informasi memiliki ketersinggungan materi pembelajaran yang begitu dekat, lulusan jurusan ini juga memiliki pengetahuan tentang Teknik Informatika.

Rasa penasaran seorang mahasiswa biasanya begitu tinggi dan bisa belajar mengetahui peran yang berkaitan dengan jurusan yang dipelajari. Nah, tidak jarang, lulusan Jurusan Sistem Informasi juga ada yang menguasai bahasa pemrograman.

Dengan demikian, ia bisa melamar kerja di bidang programmer. Rentang gaji posisi ini tergolong tinggi, yaitu bisa mencapai Rp8.000.000 untuk programmer junior.

5. Dosen

Dosen menjadi profesi yang selalu menjadi pilihan terbaik. Selain karena memiliki karier yang menjanjikan, dosen juga merupakan profesi yang banyak digemari oleh seseorang dengan peminatan riset dan pengajaran.

Salah satu prospek kerja Sistem Informasi adalah menjadi dosen dengan bidang pengajaran yang serupa. Namun, kamu tentu saja harus mendapatkan sertifikasi pendidik setelah kamu juga menyelesaikan pendidikan di jenjang magister.

Rentang gaji seorang dosen biasanya antara Rp3.500.000 hingga Rp7.000.000 di luar tunjangan dan fasilitas yang bisa didapatkan.

6. Staf Ahli Informasi Medis (Rekam Medis)

Kamu nantinya memiliki tanggung jawab untuk menghimpun database rekam medis di suatu rumah sakit. Peran ini sangat penting bagi sebuah rumah sakit karena semua data pasien bisa digunakan untuk nantinya dijadikan penelitian keberlanjutan loh.

Sebagai seorang Staf Ahli Informasi Medis, kamu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp4.000.000 – Rp8.000.000.

7. Digital Marketing

Prospek karir sistem informasi

Seorang digital marketing tidak hanya harus mengetahui tentang perilaku konsumen, tetapi juga bagaimana pengaturan sistem pemasaran dengan baik. Skala kerja digital marketing begitu luas karena target keberhasilan peran ini adalah peningkatan pemasaran perusahaan.

Seorang digital marketing junior bisa mendapatkan gaji UMR hingga Rp7.000.000, tergantung di mana tempatmu bekerja dan seberapa banyak job deskripsi yang kamu lakukan.

BACA JUGA: Job Desk Digital Marketing, Prospek Karir, Jenis Tugas, dan Kisaran Gajinya 2022

8. Research And Development (RnD)

Peran RnD selalu dibutuhkan untuk semua perusahaan, terlebih perusahaan yang harus selalu mengembangkan suatu produk. Karena Jurusan Sistem Informasi memiliki pengetahuan luas mengenai analisis sistem informasi yang mendalam, kamu bisa menempati posisi ini dengan mudah.

Rentang gaji yang bisa kamu dapatkan sebagai RnD adalah Rp4.000.000 – Rp6.000.000. Bisa lebih banyak jika tugas dan project yang kamu laksanakan makin besar skalanya.

9. Technopreneur

Technopreneur adalah seseorang yang melakukan pengembangan suatu usaha dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Sebagai lulusan Jurusan Sistem Informasi, hal tersebut tentu saja sudah sering kamu pelajari, bukan?

Technopreneur biasanya akan melakukan riset mendalam mengenai ilmu terbaru tentang teknologi. Nantinya, hasil riset akan digunakan untuk membuat upgrade usaha sehingga tidak tertinggal zaman.

Kamu bisa mendapatkan gaji dari Rp4.000.000 hingga Rp10.000.000 sebagai technopreneur. Jika profesi ini kamu terapkan untuk bisnismu sendiri, pendapatan yang bisa kamu dapatkan tentu akan semakin besar!

Itulah prospek kerja Sistem Informasi yang bisa kamu jadikan referensi untuk perkembangan kariermu kedepannya. Jika kamu mencari lowongan kerja yang sesuai dengan peminatan di Sistem Informasi, kamu bisa mencarinya di aplikasi KitaLulus.

Cara menggunakan aplikasi KitaLulus begitu mudah. Kamu bisa mengunduh aplikasi KitaLulus di Playstore lalu lakukan registrasi dengan cara masuk ke akun Google kamu. Nantinya, kamu bisa memiliki lowongan kerja berdasarkan posisi, nama perusahaan, hingga lokasi yang kamu inginkan.

Bagaimana? Tidak ribet, kan? Dengan KitaLulus, pengalaman melamar kerjamu tentu saja akan #LebihMudah dibanding sebelumnya, jadi yuk instal aplikasinya sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!