Apa Itu Data Scientist? Ini Tugas, Skill, Jenjang Karir, dan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Data scientist adalah– Untuk melakukan riset tren, riset kompetitor, hingga memproyeksi bisnis, sebuah perusahaan akan menggunakan banyak data. Oleh karena itu, data scientist adalah posisi yang selalu dibutuhkan oleh perusahaan skala besar.

Dalam artikel sebelumnya, KitaLulus pernah membahas tentang data science dan membahas sekilas mengenai data scientist. Nah, di artikel ini, akan dibahas secara tuntas mengenai data scientist sehingga bisa kamu jadikan pertimbangan untuk terjun di bidang karier ini.

Yuk, langsung disimak hingga selesai!

BACA JUGA: Apa Itu Data Science? Ini Pengertian, Cara Menjadi Data Scientist, dan Info Kariernya

Pengertian Data Scientist

Apa itu data scientist

Secara definisi, data scientist adalah seseorang yang melakukan pengelolaan data sehingga dapat menciptakan strategi bisnis. Dikarenakan data science adalah bidang yang harus selalu berkolaborasi, data scientist tentu saja harus melakukan beberapa keilmuan sekaligus, seperti pemrograman, statistik, hingga matematika.

Nantinya, data scientist akan melakukan pengumpulan, menafsirkan, hingga menganalisis data-data yang dibutuhkan. Data yang sudah dikelola tersebut akan digunakan oleh divisi yang membutuhkannya, terutama bagian marketing untuk melakukan pemasaran sehingga perusahaan atau bisnis mendapatkan awareness yang diinginkan.

Memiliki tugas yang hampir sama, data scientist kerap kali disamakan dengan data analyst. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan lho! Terutama di bagian skill yang harus dimiliki.

Untuk data scientist harus memiliki kemampuan dalam bidang pemrograman, tetapi tidak untuk posisi data analyst. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca artikel tentang data analyst di Kitalulus.

Tugas Data Scientist

Tugas data scientist

Dikutip dari weforum.org, data scientist menjadi salah satu dari 10 profesi yang penting di tahun 2022 lho! Hal ini dikarenakan, perusahaan-perusahaan semakin bergantung pada big data analytics dalam pertumbuhan bisnisnya.

Secara garis besar, data scientist akan melakukan 3 tugas utama dengan penjelasan sebagai berikut.

1. Pengumpulan Data

Tugas data scientist yang pertama adalah pengumpulan data. Adapun rincian tanggung jawabnya adalah sebagai berikut:

  • Mengumpulkan data dari berbagai sumber yang bisa dipertanggungjawabkan
  • Mencari cara untuk mengumpulkan data dengan cara efisien sehingga tidak memerlukan waktu yang lama
  • Menyiapkan tempat yang tepat untuk pengumpulan data yang sesuai jenisnya
  • Melakukan filterisasi pengumpulan data sehingga tahu mana data yang berkualitas dan data yang tidak perlu dipakai

2. Analisis Data

Tugas kedua adalah analisis data. Pada tugas ini, seorang data scientist harus memiliki kemampuan analisis yang tepat sehingga data yang masuk dapat dikategorisasi dengan baik. Selain itu, di tugas yang kedua ini, kamu harus mengerjakan beberapa hal berikut.

  • Melakukan pengembangan data sehingga dapat menciptakan suatu model dan algoritma data yang dihasilkan.
  • Dapat mengatur data yang telah dilakukan kategorisasi sehingga data dapat digunakan sesuai kebutuhan.
  • Mampu memelihara database sehingga data dapat tersimpan dengan aman.

3. Visualisasi Data

Seorang data scientist harus mengetahui kegunaan data yang dikumpulkannya. Dengan demikian, data scientist akan tahu data-data yang telah dianalisis akan diberikan kepada divisi yang memang membutuhkannya. Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa hal yang harus dikerjakan dalam visualisasi data:

  • Melakukan identifikasi data yang diperoleh untuk menciptakan strategi bisnis yang sesuai.
  • Mendapatkan solusi atas masalah yang dialami perusahaan yang berkaitan dengan tren.
  • Meningkatkan pengembangan produk sehingga bisa mendapatkan target market lebih luas dan bersaing dengan kompetitor.

BACA JUGA: Manfaat Analytical Skill di Dunia Kerja, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Skill yang Harus Dimiliki Data Scientist

Skill yang harus dimiliki data scientist

Dengan tugas dan tanggung jawab kompleks, seorang data scientist harus menguasai beberapa kemampuan sekaligus. Kemampuan-kemampuan ini biasanya menjadi persyaratan yang langsung dicantumkan oleh recruiter sehingga menemukan kandidat yang sesuai.

Selengkapnya tentang skill yang harus dimiliki data scientist adalah sebagai berikut:

1. Analisis Data

Kemampuan analisis data scientist bukan hanya mampu membaca saja, tetapi juga deep research hingga deep analytic sehingga data yang diperoleh akurat.

2. Pemrograman

Kemampuan pemrograman adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh data scientist. Beberapa bahasa program yang harus dikuasai adalah Python, JavaScript, Java, R, dan SQL.

3. Statistika

Statistika bagi data scientist adalah suatu kemampuan yang wajib dimiliki. Sebab, untuk dapat menentukan algoritma yang tepat atas data yang dikelola membutuhkan kemampuan statistika yang andal. 

4. Manajemen Database

Untuk dapat mengumpulkan data, mendefinisikan, hingga menganalisisnya, data scientist harus memiliki kemampuan manajemen database yang baik. Dengan begitu, data scientist akan dengan mudah mengolah data.

5. Memahami Bisnis

Seorang data scientist harus bisa mematahkan value bisnis tempat dia bekerja. Sebab, data yang akan pengumpulan data hingga analisis akan bergantung pada pemahaman tersebut sehingga mendapatkan hasil yang sesuai kebutuhan.

6. Machine Learning

Machine learning akan membantu tugas data scientist menjadi lebih mudah. Skill ini akan membuatmu mampu untuk melakukan otomatisasi dalam pembuatan model analitik menggunakan data sehingga nantinya dapat melakukan klasifikasi dan prediksi data. 

7. Cloud Computing

Cloud computing adalah sistem penyimpanan data dengan basis internet. Dengan cloud computing, kamu dapat menyimpan, mengakses, hingga mengolah data dengan lebih mudah.

Jenjang Pendidikan Data Scientist

Untuk dapat menjadi data scientist, perusahaan biasanya akan memberikan persyaratan di jenjang pendidikan. Pada umumnya, minimal jenjang pendidikan adalah strata satu dengan jurusan Matematika, Statistika, Teknik Informatika, atau Sistem Informasi. 

BACA JUGA: 9 Prospek Kerja Sistem Informasi Terbaik dan Nominal Gajinya 2022

Proyeksi Karier dan Gaji Data Scientist

Proyeksi karier untuk posisi data scientist terbilang menjanjikan. Hal ini tentu saja dikarenakan setiap perusahaan akan terus membutuhkan data untuk dianalisis sebagai bagian dari strategi peningkatan bisnis.

Nah, pada umumnya, jenjang karier data scientist adalah entry level, data scientist, senior data scientist, dan chief data scientist.

Untuk gaji, data scientist memiliki rentang gaji yang terbilang tinggi, yaitu sekitar Rp5.000.000 hingga Rp7.000.000 untuk posisi entry level hingga mid level.

Lowongan Kerja Data Scientist (Updated!)

Lowongan data scientist

Setelah mengetahui bagaimana alur kerja hingga proyeksi karier data scientist, kamu semakin tertarik untuk berkarier di bidang ini? Jika iya, berikut KitaLulus memiliki beberapa lowongan kerja sebagai data scientist.

1. Lowongan Data Scientist, Kompas.id

Kompas.id dari PT Kompas Gramedia, salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia, sedang membuka lowongan kerja untuk posisi data scientist. Posisi ini nantinya full time bekerja di kantor ya dengan waktu kerja Senin hingga Jumat pukul 09:00–17:00.

Berikut kualifikasinya:

  • Pendidikan minimal S1 jurusan Matematika, Statistika, Teknologi Informasi, atau Ilmu Data
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang serupa
  • Memiliki keahlian IT Support dan ilmu dasar komputer
  • Mampu mengoperasikan Lucene, Python, R, dan Scala

2. Senior Data Scientist, PT Sayap Mas Utama

Wings Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk personal cares hingga F&B. Wings sedang membuka lowongan senior data scientist untuk bekerja secara full time di Jakarta Timur. Yuk, simak syarat dan ketentuannya berikut ini!

  • Pendidikan minimal S1 dengan IPK minimal 3.00 dari 4.00.
  • Memiliki pengalaman minimal 5 tahun di bidang AI, Data Scientist, Machine Learning, atau Big Data.
  • Memiliki minat di bidang penelitian dan pengembangan di bidang AI dan menciptakan prototipe baru.
  • Terbiasa mengoperasikan platform dan alat Big Data.

3. Lowongan Data Scientist, PT Kulego Tiga Kreasi

PT Kulego Tiga Kreasi adalah perusahaan konsultasi IT yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat. Kulego sedang mencari seorang data scientist yang bersedia bekerja secara full time dari Senin hingga Jumat pukul 08:00–17:00. 

Syarat dan job deskripsinya adalah:

  • Pendidikan minimal S1.
  • Pengalaman bekerja di bidang serupa minimal 1 tahun.
  • Memiliki kemampuan dasar ilmu komputer, IT Support, dan HTML.
  • Dapat mengoperasikan SQL dengan mahir.
  • Memahami R, Python, KNIME, hingga ML algoritma.

BACA JUGA: Apa Itu Etos Kerja? Ini Manfaat, Ciri, dan Cara Menumbuhkannya dalam Diri Sendiri

Ketiga lowongan kerja sebagai data scientist tersebut dapat kamu lamar menggunakan aplikasi KitaLulus yang bisa diunduh di Playstore. Dengan menggunakan KitaLulus, kamu akan #LebihMudah melamar kerja dari perusahaan-perusahaan besar dan terpercaya. Jadi, kamu tidak akan mengalami penipuan dari perusahaan bodong.

Aplikasi KitaLulus juga memiliki fitur lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah pengetahuan, skill, hingga relasi kamu, yaitu fitur komunitas. Kamu bisa bergabung di komunitas sesuai bidang yang kamu inginkan.

Yuk, tunggu apalagi? Segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan cari kerja #LebihMudah sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!