Field Collection: Pengertian, Tugas, Kemampuan, dan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Kita sudah membahas tentang desk collection sebelumnya. Nah, rasanya kurang lengkap jika membicarakan perusahaan peminjaman atau perkreditan tanpa juga membahas tentang field collection. Sebab, field collection adalah posisi penting yang akan melakukan kerja extra miles supaya debitur atau peminjam melunasi pinjamannya.

Apa itu field collection? Simak selengkapnya beserta tugas dan keahlian yang harus dimiliki dalam artikel berikut.

Apa Itu Field Collection?

Apa Itu Field Collection

Jika ada yang bertanya field collection kerjanya apa, secara sederhana kamu bisa memahami lingkup kerja field collection seperti halnya debt collector. Tugas utama field collection adalah mengunjungi peminjam ke tempat tinggal mereka untuk melakukan penagihan pinjaman. Namun, penagihan ini memiliki runtutan penagihan, tidak langsung sekali jalan untuk menagih utang kepada peminjam.

Biasanya, penagihan akan dilakukan satu hingga dua minggu sebelum batas pengembalian. Saat pertama kali menagih pinjaman, field collection akan membawa surat penagihan yang sebelumnya telah disusun oleh desk collection dan memberi pengingat kepada peminjam supaya mereka melakukan pembayaran tepat waktu.

Ketika peminjam tetap belum mengembalikan pinjaman setelah menerima surat penagihan dan ditelepon oleh desk collection, nantinya field collection akan datang lagi di waktu dekat-dekat batas waktu pengembalian.

Baca Juga: General Banking Staff: Tugas dan Tanggung Jawab, Syarat, Gaji

Tugas Field Collection

Tugas Field Collection

Di atas kamu sudah tahu tentang tugas utama field collection, yaitu melakukan kunjungan penagihan pinjaman kepada debitur. Namun, itu hanyalah pekerjaan secara garis besar saja. Berikut ini tugas field collection yang bisa kamu pahami lebih lanjut lagi.

1. Memberikan Surat Penagihan

Tugas awal field collection adalah memberikan surat penagihan kepada debitur atau peminjam. Biasanya ini dilakukan sebelum jatuh tempo pembayaran. Field collection belum menagih pembayaran karena setelah debitur menerima surat, mereka akan dihubungi desk collection untuk diberi reminder pembayaran utang.

2. Pengingat Penagihan Pinjaman

Selain desk collection, field collection juga bertugas memberikan reminder kepada debitur. Nantinya field collection akan datang kembali selang beberapa hari setelah pemberian surat penagihan dan debitur belum membayar pinjamannya. Reminder dilakukan sebelum jatuh tempo pembayaran.

3. Negosiasi Opsi Pembayaran

Saat melakukan kunjungan ke tempat debitur, tak jarang debitur akan meminta keringanan waktu pembayaran. Di sini tugas field collection adalah melakukan negosiasi opsi waktu dan jenis pembayaran dengan debitur. Pada umumnya, debitur akan meminta waktu pembayaran diundur dengan sistem pembayaran yang dicicil.

4. Monitoring Pembayaran

Setelah negosiasi waktu pembayaran ditetapkan, tugas selanjutnya dari field collection adalah melakukan monitoring pembayaran tersebut. Apakah benar debitur menepati janjinya.

Jika ternyata belum dibayar juga, field collection akan melakukan penagihan saat itu juga hingga mendapatkan pembayaran pinjaman. Di sini, ketika debitur benar-benar membayar pinjamannya, field collection harus memberikan bukti bayar yang sah dari perusahaan.

Namun sebagai catatan, field collection tidak boleh menggunakan kekerasan verbal dan fisik saat melakukan penagihan.

5. Pelacakan Alamat Debitur

Field collection biasanya akan mendapatkan daftar debitur yang harus dilakukan kunjungan penagihan sesuai area kerjanya. Namun, mereka juga punya tugas melacak keberadaan debitur ke alamat-alamat selain rumah, misalnya kantor, rumah keluarga, dan lainnya.

6. Koordinasi dengan Tim Internal

Tak jarang field collection akan menemui kendala saat menemui debitur karena mereka terus menghindar, bahkan keberadaannya sulit teracak demi tidak membayar pinjaman.

Di momen ini, field collection harus melakukan pelacakan ekstra tentang keberadaan debitur. Tidak bekerja sendiri, field collection bisa meminta bantuan dari tim internal perusahaan atau divisi terkait guna mendapatkan informasi lebih lengkap tentang debitur tersebut.

7. Melakukan Laporan Tugas

Field collection akan memiliki target penagihan di setiap bulannya. Dengan begitu, di setiap penagihan, mereka harus memiliki pencatatan secara detail mengenai hasil penagihan yang dilakukannya.

Nantinya, mereka akan melaporkan secara menyeluruh tentang debitur yang sudah melakukan pembayaran, menjanjikan pembayaran di tanggal sekian, hingga debitur yang sulit dihubungi dan ditemui.

Baca Juga: Administrasi Keuangan: Pengertian dan Tujuannya di Perusahaan

Kemampuan yang Dibutuhkan Field Collection

Kemampuan yang Dibutuhkan Field Collection

Dengan tugas-tugas di atas, kamu tentu bisa menebak apa saja keahlian yang harus dikuasai oleh seorang field collection. Keahlian tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Kemampuan komunikasi
  2. Teliti dan gigih untuk mendapatkan informasi keberadaan dan kondisi debitur
  3. Bertanggung jawab
  4. Manajemen emosi yang baik
  5. Manajemen waktu yang baik
  6. Kemampuan untuk membuat keputusan dan problem solving yang baik
  7. Kemampuan berkendara yang baik karena harus selalu mobile dengan cepat
  8. Target oriented

Baca Juga: Apa Itu Loan Service? Ini Pengertian, Tugas, dan Gajinya

Lowongan Kerja Field Collection

Tahukah kamu, gaji field collection tergolong cukup tinggi di perusahaan perkreditan, lho! Untuk fresh graduate, gajinya bisa mencapai Rp3.500.000 hingga Rp4.500.000. Namun, hal ini tergantung dari besar atau kecilnya perusahaan tempatmu bekerja. Jika perusahaan tergolong besar, maka gajinya pasti juga akan lebih tinggi.

Nominal gaji field collection tersebut biasanya masih ditambah bonus jika mencapai target yang ditetapkan.

Untuk kamu yang tertarik menempati posisi ini, tidak perlu bingung mendapatkan informasi lokernya. Ada banyak lowongan field collection di aplikasi KitaLulus khusus buat kamu.

Cara melamarnya pun sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Instal aplikasi KitaLulus di PlayStore atau Apple Store.
  2. Lakukan registrasi akun dengan memasukkan email kamu yang aktif.
  3. Isi data diri kamu, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, jenjang pendidikan terakhir, hingga pengalaman kerja atau organisasi.
  4. Ketikkan “field collection” di bar pencarian lowongan kerja paling atas.
  5. Kamu akan mendapatkan daftar loker field collection.
  6. Tanpa perlu bingung, kamu bisa melakukan filter loker dengan informasi “kota tujuan”, “jenjang pendidikan”, “jenis kelamin”, hingga “rentang gaji”.
  7. Klik loker yang kamu inginkan dan baca kualifikasi yang ditetapkan perusahaan. Pastikan kamu memenuhi semua kualifikasinya supaya masuk ke shortlisted candidate yang diinginkan perusahaan.
  8. Klik lamar di bagian bawah dan ikuti instruksi yang ada.
  9. Pantau lamaran kamu secara real time dan dapatkan notifikasi di dalam aplikasi ketika kamu lolos ke tahap selanjutnya.

Itulah informasi lengkap tentang pengertian field collection dan tugas serta tanggung jawabnya. Karena field collection adalah pekerjaan yang mengharuskan kamu terus berinteraksi dengan nasabah/debitur/peminjam, kamu tentu harus selalu tahan banting. Ada berbagai jenis karakter yang akan kamu hadapi, jadi pastikan kamu menguasai skill yang dibutuhkan untuk menjadi field collection, baik soft skill maupun hard skill.

Jangan lupa selalu gunakan aplikasi KitaLulus ketika ingin melamar kerja sebagai field collection atau posisi lainnya. Sebab, sebagai job portal teraman dengan sistem berteknologi canggih, kamu akan terhindar dari lowongan kerja penipuan yang merugikan.

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!