Gaji Pegawai Bioskop, Fasilitas, dan Syarat Melamar Kerja

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Saat pergi menonton film, pernahkah terpikirkan olehmu berapa kira-kira gaji pegawai bioskop? Mulai dari karyawan di bagian cashier and ticketing, kitchen crew, petugas cleaning service, hingga security.

Nah, kali ini KitaLulus akan membahas seputar kisaran gaji pegawai bioskop tersebut. Maka dari itu, yuk simak artikel berikut hingga akhir. Nantinya akan dijelaskan juga tentang mencari informasi loker terpercaya yang bisa kamu akses secara gratis, lho!

Perkembangan Bioskop di Indonesia

Menonton film di bioskop memang memiliki keseruan tersendiri. Terlebih jika kamu menontonnya bersama keluarga, kekasih, teman, hingga rombongan rekan kerja.

Perkembangan bioskop di Indonesia saat ini bisa dibilang mengalami perkembangan pesat. Hingga kini, ada banyak bioskop yang berdiri di Indonesia, mulai dari Cinema XXI, CGV, Cinepolis, dan lainnya.

Adanya bioskop di Indonesia sudah ada sejak seabad yang lalu, yaitu tahun 1900-an. Nama bioskop pertama di Indonesia adalah Talbot, yang diambil dari nama si pemilik dan pencetusnya.

Film yang ditayangkan masih berupa gambar hidup hitam putih tanpa suara, persis seperti salah satu episode di Mickey Mouse-nya Disney. Uniknya, Talbot menjadi bioskop rintisan yang berkeliling kampung secara rutin.

Lalu, pada 1951 muncul bioskop megah dengan kapasitas lebih dari 1.500 penonton di daerah Jakarta Pusat. Bioskop tersebut bernama Metropole dan masih eksis hingga sekarang di daerah Pegangsaan.

Kini, zaman semakin maju, bioskop juga semakin berkembang dan modern. Di sisi lain, demand menonton film di bioskop cukup tinggi, alasan itulah yang membuat posisi pegawai bioskop banyak dicari.

Baca juga: Ternyata Berbeda, Ini Tugas dan Nominal Gaji Kasir Sesuai Perusahaannya

Gaji Pegawai Bioskop

bioskop

Pegawai bioskop atau cinema crew meliputi bagian customer service, penjaga kasir, bagian ticketing, hingga pegawai yang bekerja di bagian kafe bioskop. Lantas, berapa kisaran gaji di masing-masing posisi tersebut?

Berikut KitaLulus berikan informasi gaji pegawai bioskop terbaru untuk beberapa posisi yang berada di bagian depan.

Untuk gaji pegawai bioskop di belakang atau dalam seperti bagian keuangan, marketing, engineer, hingga legal pada umumnya berkisar antara Rp1.900.000 hingga Rp10.500.000.

1. Cashier & Ticketing

Petugas kasir dan ticketing adalah pegawai bioskop yang akan selalu ditemui oleh pengunjung. Mereka bertugas untuk melayani pengunjung dalam pemilihan film, tempat duduk, hingga menginformasikan harga dan film apa saja yang sedang tayang.

Gaji pegawai bioskop untuk posisi ini pada umumnya adalah sekitar Rp2.000.000–Rp4.500.000. Nominal tersebut disesuaikan dengan UMR kota domisili bioskop berada, jadi bisa lebih tinggi atau lebih kecil, ya.

2. Kitchen Crew

Kitchen crew bioskop akan berbeda dengan kitchen crew restoran. Hal ini dikarenakan menu yang tersedia di bioskop tidak sekompleks menu restoran. Makanan paling berat mungkin saja burger yang bisa disajikan dengan mudah tanpa memerlukan waktu lama.

Gaji pegawai bioskop bagian kitchen crew berkisar di taraf UMR setiap kotanya. Jika diterangkan sekitar Rp1.900.000–Rp4.500.000. Nominal ini juga bisa tergantung pada kebijakan setiap bioskop.

3. Security

Jika bioskop berada di sebuah pusat perbelanjaan, maka security juga harus berkoordinasi dengan satpam pusat perbelanjaan tersebut.

Jadi, ketika ada tindak kejahatan atau situasi darurat lainnya, security atau satpam akan dengan mudah melakukan koordinasi untuk melakukan pengamanan. Gaji satpam atau security bioskop adalah sekitar Rp2.100.000–Rp3.500.000 per bulannya.

4. Customer Service

Gaji pegawai bioskop untuk posisi customer service cukup tinggi, yaitu sekitar Rp3.100.000–Rp6.200.000. Kisaran gaji tersebut akan disesuaikan dengan pengalaman tingkatan posisinya.

Tugas customer service tentu saja akan menjadi wajah terdepan bioskop yang menangani keluhan pengunjung. Jadi, pengetahuan akan perusahaan harus dikuasai dengan baik.

Baca juga: Berapa Standar Gaji Staff Admin di Indonesia? Ini Info Lengkap dari Berbagai Industri

Fasilitas dan Bonus Karyawan

Selain gaji bulanan, apa saja sih yang didapat oleh pegawai bioskop? Fasilitas yang didapatkan umumnya sama seperti karyawan di perusahaan lainnya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak daftar fasilitas yang diperoleh pegawai bioskop berikut.

  • Uang makan
  • Seragam
  • Jatah cuti
  • Bonus
  • Asuransi kesehatan
  • Uang lembur saat libur
  • Tunjangan Hari Raya (THR)
  • Jatah tiket bioskop (umumnya 2 tiket per bulan)

Syarat Melamar Menjadi Pegawai Bioskop

Tugas pegawai bioskop mungkin terlihat sederhana. Namun jangan salah, SOP perusahaan sangat ketat, lho. Hal ini dikarenakan bioskop menjadi tempat hiburan di mana mengedepankan kesantunan dan cara berkomunikasi yang sangat baik kepada pengunjung.

Nah, kalau kamu tertarik bekerja menjadi pegawai bioskop, berikut syarat yang harus kamu perhatikan.

  1. Pendidikan minimal SMA/SMK/sederajat/sesuai ketentuan posisi yang dilamar.
  2. Lulusan baru dipersilakan mendaftar.
  3. Terbuka untuk magang, part time, dan full time.
  4. Bersedia bekerja secara shifting.
  5. Bersedia untuk lembur jika diperlukan.
  6. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  7. Memiliki manajemen emosi yang baik.
  8. Ramah.
  9. Berpenampilan menarik.

Baca juga: Cara Jadi Produser Film, Tugas, dan Bedanya dengan Sutradara

Jadi, ingin menjadi pegawai bioskop di posisi apa? Tenang saja, gaji pegawai bioskop juga bisa mengalami kenaikan, kok. Terlebih ketika sedang berada di peak season di mana bioskop selalu ramai, pasti bonus yang diterima juga tinggi.

Bagi kamu yang sekarang sedang menjadi jobseeker dan ingin menjadi cinema crew, kamu bisa mencari informasi lokernya di aplikasi KitaLulus. Kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus melalui PlayStore dan lakukan registrasi dengan mudah. Semuanya gratis!

Tidak hanya itu, jika kamu ingin mengembangkan kemampuan berkomunikasi atau menambah ilmu lainnya, KitaLulus memiliki fitur Komunitas. Kamu dapat saling berbagi ilmu baru dengan seluruh anggota komunitas. Jadi, selain menambah skill set, kamu juga bisa memperluas networking.

KitaLulus selalu memberikan pelayanan terbaik untuk para jobseeker yang sedang mencari karir impian. Ketika kamu memiliki kendala dalam mengoperasikan aplikasi KitaLulus, tim kamu juga siap membantu.

Jadi, tidak perlu ragu untuk menggunakan KitaLulus, ya. Yuk, segera instal aplikasinya di smartphone kamu. Dapatkan pengalaman mencari kerja dengan #LebihMudah, aman, dan terpercaya!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!