Cara Jadi Produser Film, Tugas, dan Bedanya dengan Sutradara

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Produser adalah— Industri perfilman Indonesia sedang mengalami kemajuan beberapa tahun terakhir. Bahkan beberapa film memiliki ruang teater tayang di bioskop mengalahkan film Hollywood. Hal ini tentu saja berkat para tim yang sudah berusaha dengan maksimal, dan produser adalah salah satunya.

Apakah kamu bercita-cita menjadi salah satu tim yang menggarap film tersebut? Menjadi produser? Sutradara? Penulis naskah? Pengarah musik? Atau tim lainnya?

Untuk memahami salah satu tim pembuat film untuk kamu pelajari lebih dalam, artikel ini akan membahas tentang produser. Produser adalah salah satu tim film yang paling penting karena masuk ke dalam tim inti.

Nah, KitaLulus akan membahas sosok tersebut secara lengkap, mulai dari pengertiannya, tugas dan skill yang harus dipenuhi, hingga syarat pendidikan yang bisa kamu ambil untuk menjadi produser.

Jadi, untuk kamu yang ingin menjadi produser, simak artikel ini hingga selesai ya!

Apa Itu Produser?

pengertian produser

Jika kamu menanyakan definisi produser, maka jawaban secara umumnya produser adalah seseorang yang memimpin sebuah produksi suatu tayangan tertentu. Tayangan ini mulai dari iklan, film, teater, bahkan musik. Dan di sini, kita akan secara khusus membicarakan produser film. 

Mengapa produser disebut sebagai pemimpin tim? Hal ini dikarenakan produser adalah sosok yang mengatur seluruh jalannya pembuatan film. Jadi, seluruh tim harus selalu berkoordinasi dengan produser. Apakah produser lebih penting dibanding sutradara? Kita akan membahasnya lebih lanjut di bawah ya.

Yang pasti, produser adalah tim inti. Tidak ada produser, sebuah film tidak akan diproduksi.

BACA JUGA: Apa Itu Skala Prioritas? Ini Tujuan, Faktor, dan Contohnya

Tugas Produser

tugas produser

Produser harus tahu bagaimana penggarapan film sejak awal hingga akhir, bahkan sejak masih berupa ide. Hal ini dikarenakan tugas produser dibagi menjadi tiga, yaitu praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tugas dan tanggung jawab produser.

1. Praproduksi

Praproduksi film adalah kondisi di mana film sama sekali belum bisa digarap. Mengapa demikian? Sebab biasanya masih berupa ide mentah saja.

Ketika film berasal dari ide seseorang, baik produser, penulis, hingga sutradara, ide tersebut harus didiskusikan dari berbagai sisi, mulai dari peluang audiens hingga peluang kreativitasnya.

Misalnya, ada rencana pembuatan film yang diangkat dari sebuah novel, naskah novel tersebut akan dibedah dari berbagai sisi pula, mulai dari jumlah pembaca, komersialitas di pasaran, dan seberapa menariknya jika diangkat menjadi film.

Saat semuanya sudah dibedah, produser kemudian akan menentukan beberapa langkah sebagai tugasnya di praproduksi film, yaitu:

  • Menunjuk seorang penulis untuk penggarapan naskah film
  • Menentukan sutradara yang sesuai dengan genre film
  • Membentuk tim produksi film
  • Menentukan anggaran dana yang akan digunakan selama proses penggarapan film bahkan untuk keperluan promosi
  • Mengumpulkan dana yang dibutuhkan, bisa dari investor hingga sponsor
  • Penentuan pemain film yang sesuai
  • Menentukan jadwal syuting bersama dengan tim terkait

2. Produksi

Selama produksi film, tugas utama produser adalah melakukan pemantauan secara menyeluruh dalam prosesnya. Jadi, produser harus terhubung dengan seluruh tim dan melakukan pengecekan apakah semuanya sudah berjalan sesuai alur jadwal yang sudah ditentukan di awal.

Dengan demikian, waktu promosi, anggaran, dan seluruh penyewaan baik alat maupun tempat bisa terlaksana sesuai dengan waktu perjanjian.

3. Pascaproduksi

Setelah film tergarap dengan baik, produser akan memantau jalannya promosi. Selain itu, tugas produser pascaproduksi adalah:

  • Mengecek sistem promosi apakah sudah berjalan dengan efektif
  • Mengecek tempat-tempat tayang film sehingga sesuai dengan rencana awal
  • Mengecek keberhasilan film untuk mengetahui kemungkinan produksi tambahan (seperti membuat sekuel dll)

Perbedaan Produser dan Sutradara

perbedaan produser dan sutradara

Perbedaan antara produser dan sutradara sangat jelas, salah satunya adalah produser akan lebih memikirkan peluang bisnis dari sebuah film yang digarap sedangkan sutradara lebih kepada proses kreatifnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah perbedaan produser dan sutradara yang bisa kamu ketahui:

1. Lingkup Tugas

Produser adalah core team, bersama dengan sutradara. Namun, produser adalah memiliki lingkup tugas jauh lebih luas dibanding sutradara. Tak jarang, seorang produser juga akan merangkap menjadi sutradara jika memang anggaran dana penggarapan film itu minim.

Sutradara hanya akan memikirkan proses kreatif dari sebuah film. Jadi, lingkup tugasnya lebih sempit dibanding produser.

2. Kewenangan

Produser berhak untuk mempertimbangkan, memilih, bahkan menolak banyak hal dalam proses pembuatan film.

Karena ia juga menentukan anggaran, ia berhak memilih dan menolak kru yang memang tidak dibutuhkan. Begitu pula dengan pemain, produser memiliki hak untuk menentukan siapa saja yang bisa menjadi pemain di film tersebut bersama dengan sutradara.

3. Tugas dan Tanggung Jawab

Sutradara secara garis besar hanya memiliki tanggung jawab dalam proses produksi film. Bahkan terkadang pemain dan seluruh alat harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Proses syuting hingga editing akhir.

Untuk produser akan memiliki tugas dan tanggung jawab yang menyeluruh, dari awal bahkan hingga film siap tayang di bioskop dan tempat lainnya.

BACA JUGA: Job Desk Digital Marketing, Prospek Karir, Jenis Tugas, dan Kisaran Gajinya 2022

Skill yang Dibutuhkan Produser

skill yang harus dimiliki produser film

Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang produser adalah bisa memimpin dengan baik. Sebab, setelah kamu mengetahui bagaimana tugas dan tanggung jawabnya di atas, kamu menjadi tahu, kan, jika produser adalah pemimpin dari berjalannya sebuah film diproduksi. Selain itu, skill lain yang harus dikuasai seorang sutradara adalah:

  • Memahami dunia perfilman dengan baik.
  • Dapat membaca peluang bisnis dalam industri kreatif.
  • Deep researcher.
  • Analytical thinking.
  • Manajemen waktu.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik dan tegas.
  • Kemampuan manajerial yang baik.
  • Memahami teknis pembuatan film.
  • Creative thinker.
  • Manajemen emosi yang baik.
  • Mampu menyelesaikan masalah dengan cepat.

Syarat Pendidikan Produser

Jika kamu ingin mengambil jurusan yang spesifik sebagai bekal kamu terjun di bidang karir ini, kamu bisa masuk ke jurusan Televisi dan Film. Jurusan ini pada umumnya bisa kamu jumpai di Institute Kesenian yang ada di Jakarta, Solo, dan Jogja.

Namun, jurusan Ilmu Komunikasi, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, bahkan Teater juga bisa kamu ambil karena jurusan-jurusan tersebut mengajarkan beberapa kemampuan di bidang penggarapan film atau teater.

Jenjang Karir dan Gaji Produser

Syarat utama kemampuan yang harus dimiliki oleh produser adalah memahami proses pembuatan film dengan baik, secara teknis maupun bisnis. Jadi, sebenarnya bisa siapapun menjadi produser asal memang memiliki pengalaman di bidang ini.

Kamu bisa memulai karir sebagai produser dengan menjadi asisten produser terlebih dahulu.

Terkadang, menjadi asisten sutradara juga diperlukan sebagai bekal kemampuan teknis kreatif dalam membuat film. Atau kamu juga bisa menjadi kru lain dalam penggarapan film untuk kemudian mempelajari bagaimana tugas dan tanggung jawab produser selama proses pembuatan film tersebut. Jadi, kamu bisa menerapkannya di kemudian hari.

Untuk gaji produser akan berkisar pada angka Rp3.000.000 — Rp50.000.000. Nominal tersebut tentu bisa lebih tinggi lain tergantung dari anggaran yang dimiliki. Selain dalam bentuk gaji, produser juga biasanya akan mendapat komisi terbesar jika film yang digarapnya sukses.

BACA JUGA: Self Management: Manfaat, Jenis Skill, dan Tips Meningkatkan

Begitulah penjelasan tentang profesi produser yang bisa KitaLulus jelaskan untukmu. Jadi, kini memiliki gambaran yang cukup jelas ya bagaimana seorang produser memiliki peran yang sangat luas dalam terciptanya sebuah film.

Untuk memahami bagaimana lingkup tanggung jawab bidang karir lainnya, kamu bisa mengeceknya di KitaLulus. Ada banyak penjelasan seputar kerja lainnya juga untuk kamu jadikan referensi dalam pemilihan karir.

Selain itu, KitaLulus juga memiliki aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengakses 50.000+ informasi lowongan kerja gratis, lho. Jadi, kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus di Playstore dan dapatkan karir impian kamu dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!