7 Tugas General Affair, Skill, Jenjang Karir, dan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

General affair adalah— Untuk perusahaan yang memiliki susunan organisasi yang lengkap, general affair adalah posisi yang berada di bawah pimpinan divisi umum. Namun, untuk perusahaan yang memiliki keterbatasan karyawan, biasanya fungsi general affair akan dipegang oleh HRD atau purchasing.

Yuk, pelajari posisi general affair lebih dalam. Terlebih untuk kamu yang merupakan lulusan dari Jurusan Bisnis atau Jurusan Manajemen, posisi ini tentu saja akan menjadi karir yang bisa kamu coba di dunia kerja.

Apa Itu General Affair?

pengertian general affair

Apa sih general affair itu? Secara definisi, general affair adalah posisi yang bertugas mendukung kegiatan operasional perusahaan. Kegiatan yang dilakukan adalah dalam rangka pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan setiap divisi.

Memang tidak semua perusahaan memiliki posisi ini. Sebab, pada umumnya kegiatan pengadaan barang atau pengelolaan inventaris dilakukan oleh suatu divisi sekaligus demi menghemat pengeluaran.

Oleh karena itu, pada umumnya, perusahaan yang memiliki posisi ini adalah perusahaan skala besar yang memiliki struktur organisasi yang lengkap.

Tugas dan Tanggung Jawab General Affair

tugas general affair

Apa saja sih job description general affair? Apakah tugas general affair hanya melakukan pengadaan barang saja? Tentu tidak ya. Kamu bisa menyimak tugas dan tanggung jawab general affair berikut ini untuk lebih memahami perannya.

1. Pengadaan Barang

Setiap perusahaan tentu saja membutuhkan barang untuk menunjang kinerja setiap karyawannya. Barang yang dibutuhkan setiap divisi akan berbeda. Di sini, general affair akan melakukan pendaftaran barang yang dibutuhkan setiap karyawan yang biasanya akan dikategorisasi pada setiap divisi supaya lebih mudah.

Nantinya, general affair tidak langsung membelikannya, melainkan akan melakukan pengecekan kebutuhan, apakah benar dibutuhkan atau tidak. Jika memang harus dibeli, general affair juga tidak asal beli karena harus dilakukan pengecekan harga dan kualitas. Dengan begitu, general affair adalah sosok yang teliti dan detail.

2. Mengatur Pembayaran dan Pembelian Setiap Divisi

Pada umumnya, tugas general affair adalah mengatur semua pembayaran dan pembelian yang memang dibutuhkan oleh perusahaan. Sebab, tagihan perusahaan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Segala barang yang memang harus dilakukan pembayaran setiap bulan, seperti tagihan internet, listrik, hingga jaringan telepon harus diatur dengan baik oleh general affair. Dia kemudian akan melakukan penagihan pada bagian keuangan untuk kemudian disetorkan untuk setiap kebutuhan.

3. Memastikan Pembayaran Tenaga Kerja Harian yang Dipekerjakan

Tidak hanya kebutuhan akan karyawan tetap, setiap perusahaan pasti memiliki tenaga kerja outsourcing yang harus dibayar dalam hitungan hari atau minggu. Di sini, general affair akan memastikan pembayaran pada tenaga kerja tersebut dilakukan secara rutin tanpa ada keterlambatan.

4. Memelihara Aset/Inventaris

Tidak hanya melakukan pembelian barang yang dibutuhkan, tanggung jawab general affair adalah memelihara inventaris atau aset perusahaan tersebut. Namun, general affair tidak akan secara langsung memeliharanya, tetapi melakukan pemantauan kondisi dari karyawan atau divisi yang memakainya.

5. Melakukan Pengelolaan Renovasi Perusahaan

Jika perusahaan harus melakukan renovasi, general affair yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemantauan dan pemeliharaannya. Hal ini tentu saja dilakukan karena general affair adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan pengelolaan pengeluaran dan pembelian segala barang di perusahaan.

6. Pengelolaan Pembukaan Cabang Kantor

Tugas dan tanggung jawab general affair selanjutnya adalah melakukan pengelolaan pembukaan cabang. Bagian ini mirip dengan pengelolaan renovasi perusahaan, tetapi lebih kompleks karena bisa disimpulkan membuka cabang seperti membangun perusahaan baru, tetapi dalam skala lebih kecil.

General affair harus mengetahui seluruh hal yang dibutuhkan untuk menunjang kesuksesan pembukaan cabang ini bersamaan dengan divisi lain yang bertugas.

7. Menyiapkan Kebutuhan Administrasi dan Perizinan

Ketika perusahaan ingin melakukan suatu proyek, sudah menjadi tugas general affair untuk menyiapkan segala berkas administrasi yang dibutuhkan serta mengatur perizinannya.

Oleh karena itu, idealnya seorang general affair adalah sosok yang bisa berkomunikasi dengan baik sehingga terjalin hubungan yang dekat dengan berbagai pihak untuk kebutuhan perusahaan.

BACA JUGA: Berapa Standar Gaji Staff Admin di Indonesia? Ini Info Lengkap dari Berbagai Industri

Skill yang Harus Dikuasai General Affair

Untuk bisa mengerjakan daftar tanggung jawab di atas sebagai general affair, kamu tentu saja harus memenuhi syarat yang diinginkan perusahaan. Kemampuan-kemampuan ini nantinya akan memudahkan karyawan untuk bisa menyelesaikan tugasnya tersebut.

Jika kamu ingin menjadi general affair, kamu setidaknya harus memiliki skill berikut ini:

  • Administrasi bisnis
  • Manajemen Bisnis
  • Pengarsipan
  • Memahami komputer dan elektronik
  • Pelayanan yang baik
  • Komunikasi organisasi
  • Penguasaan bahasa asing
  • Teliti dan detail
  • Tegas

Jenjang Karir dan Gaji General Affair

gaji general affair

Berapa sih gaji general affair? Rata-rata, general affair akan mendapatkan gaji sekitar Rp3.500.000 hingga Rp5.000.000. Besaran gaji tentu saja mengikuti kondisi perusahaan dan pengalaman.

Dalam general affair, jenjang karir yang bisa kamu dapatkan dimulai dari staf. Berikut tingkatannya:

  • Staff General Affair
  • Supervisor
  • Manager
  • Head of General Affair

BACA JUGA: Tugas Admin Logistik, Skill, Kualifikasi, Gaji, dan Jenjang Karirnya

Bagaimana? Jadi tertarik untuk menjadi general affair karena merasa jobdesk general affair sesuai dengan kemampuan kamu? Jika kamu ingin mencoba melamar posisi ini, kamu bisa menggunakan aplikasi KitaLulus.

Caranya mudah, kamu hanya perlu instal aplikasi KitaLulus di Playstore. Lalu lakukan registrasi dengan masuk ke akun Google kamu yang aktif. Setelah itu, kamu ketikkan general affair di kolom pencarian lowongan kerja di bagian paling atas. Lalu akan muncul banyak daftar lowongan dengan posisi tersebut deh.

Selain itu, KitaLulus memiliki 50.000+ informasi lowongan kerja yang bisa kamu lamar, lho. Cukup cari dengan mengetik nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan yang kamu inginkan.

Ada fitur lain yang bisa mengembangkan ilmu dan jaringan karir kamu juga, seperti fitur Belajar yang berisi variasi soal psikotes dan fitur Komunitas dengan berbagai bidang pembahasan.

Tunggu apalagi, yuk langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Dapatkan pengalaman mencari kerja dengan #LebihMudah hanya dalam genggaman!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!