Job Desk Digital Marketing, Prospek Karir, Jenis Tugas, dan Kisaran Gajinya 2022

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Job desk digital marketingKemajuan teknologi yang semakin canggih membuat sistem pemasaran menjadi tak terbatas ruang dan waktu. Beberapa tahun terakhir, pemasaran digital banyak dilakukan oleh para pebisnis. Namun, apakah job desk digital marketing hanya melakukan promosi di area digital saja?

Untuk mengetahui job desk digital marketing, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu digital marketing. Dengan memahami maknanya, kamu akan tahu bagaimana konsep pemasaran digital secara keseluruhan.

Selain membahas pengertian digital marketing dan job deskripsinya, kali ini KitaLulus juga akan membahas jenis, prospek karir, dan kisaran gaji digital marketing di Indonesia. Buat kamu yang tertarik mencoba bidang pemasaran digital, baca artikel ini sampai habis ya!

BACA JUGA: Pendapatan Besar, Ini Dia 12 Pekerjaan Ilmu Komunikasi Terbaik 2022

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Pengertian digital marketing menurut para ahli

Sebenarnya, apa sih pengertian digital marketing yang sesungguhnya? Apakah cukup relevan jika diartikan hanya sebagai pemasaran digital? Untuk lebih jelasnya, kita perlu perspektif dari para ahli nih. Nah, berikut pengertian digital marketing dari para ahli.

1. Chaffey dan Chadwick

Digital marketing merupakan sebuah aplikasi internet dan berhubungan dengan teknologi digital. Biasanya, hal ini adalah terhubung dengan komunikasi tradisional untuk mencapai target pasar.

2. Coviello, Milley, dan Marcolin 

Ketiga ahli ini mengartikan digital marketing sebagai pengguna media internet yang sangat interaktif. Tujuan para pengguna ini adalah untuk menghubungkan konsumen dengan perusahaan sehingga bisa mendapatkan timbal balik yang saling menguntungkan.

3. Heidrick & Struggles

Heidrick dan Struggler mengartikan digital marketing sebagai bentuk perkembangan dunia digital dan internet. Keduanya bahkan menyarankan agar seluruh marketer di Asia mampu mengalihkan dana pemasaran konvensional ke pemasaran digital karena lebih efektif.

4. Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan 

Kedua tokoh ini menyimpulkan bahwa digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran produk atau jasa berbasis web. Perusahaan juga dapat melakukan branding diri melalui pemasaran digital.

5. Kleindl & Burrow

Digital marketing diartikan oleh Kleindl dan Burrow sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan suatu konsep harga hingga distribusi. Konsumen dan perusahaan harus memiliki rasa puas bersama atas hubungan yang dibangun melalui pemasaran ini.

6. Chaffey 

Chaffey memberi pengertian pada digital marketing sebagai penerapan teknologi yang nantinya akan menghubungkan pasar melalui media online.

BACA JUGA: Pengertian Offering Letter, Cara Membalas, & Bedanya dengan Kontrak Kerja

Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

Kekurangan dan kelebihan digital marketing

Setiap karir sudah tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, bahkan untuk posisi seorang bos sekalipun. Jika kamu tertarik untuk berkarir di bidang pemasaran digital, kamu harus mengenal dulu apa saja kelebihan dan kekurangan digital marketing, berikut penjelasannya:

1. Kelebihan Digital Marketing

Mengalihkan sistem pemasaran produk atau jasa melalui media digital memiliki banyak kelebihan. Jika media konvensional seperti televisi atau media cetak seperti koran hingga majalah harus mempunya durasi dan ruang yang terbatas, maka tidak dengan media digital.

Jika diringkas, kelebihan digital marketing antara lain:

  • Hemat biaya
  • Dapat diukur bagus tidak performanya
  • Bisa mengatur audiens sesuai dengan target market potensial
  • Mudah mengumpulkan data audiens
  • Bisa memaksimalkan mesin pencari sehingga lebih efektif
  • Fleksibel untuk mengubah pengaturan pemasaran
  • Berkomunikasi dengan audiens dengan mudah
  • Tidak terbatas waktu dan ruang
  • Ilmunya mudah dipelajari karena banyak source belajarnya, tidak harus di kampus

2. Kekurangan Digital Marketing

Meskipun memiliki banyak kelebihan, digital marketing masih memiliki kekurangan. Jika tim marketing tidak pintar mengatasinya, justru akan menghambat distribusi produk atau jasa. Berikut adalah beberapa kekurangan digital marketing:

  • Persaingan sangat tinggi karena media yang mudah digunakan
  • Ide dan konsep mudah ditiru orang lain
  • Privasi audiens bisa dicuri kompetitor
  • Membutuhkan pengetahuan tentang teknologi (dan terkadang matematika)
  • Tren sangat dinamis, bisa berubah-ubah hampir tiap hari

BACA JUGA: Apa Itu Public Speaking? Ini Tujuan, Metode, & Tips Belajarnya

Jenis-jenis Digital Marketing

Jenis jenis digital marketing dan strateginya

Ada berbagai hal yang biasanya dilakukan oleh digital marketing untuk memaksimalkan pemasaran produk atau jasa melalui media online. Nah, berikut adalah 8 jenis digital marketing yang bisa membantu memaksimalkan strategi pemasaran kamu ya.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Jenis digital marketing pertama yang jadi favorit adalah search engine optimization atau biasa disingkat menjadi SEO. Strategi SEO diterapkan dengan cara membuat konten tertulis, lalu diposting di website, dan diindeks di halaman Google.

Banyak orang menyukai strategi digital marketing satu ini karena return on investment (ROI)-nya sangat besar dan jangkanya panjang. Akan tetapi, kamu harus berani berinvestasi di awal dulu untuk menerapkan SEO.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Memiliki platform yang sama seperti SEO, yaitu mesin pencarian seperti Google, Yahoo, ataupun Bing, tetapi SEM harus mengeluarkan biaya.

SEM dilakukan dengan cara memasang iklan di mesin pencari agar website bisa muncul di halaman yang diakses target market di urutan awal. Strategi search engine marketing juga sering disebut pay per click atau PPC.

3. Content Marketing

Content marketing atau pemasaran konten menjadi salah satu job desk digital marketing di masa sekarang. Seorang content marketing harus selalu melakukan riset supaya konten bisa didistribusikan ke media yang sesuai sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Content marketing bisa mencakup beberapa jenis digital marketing sekaligus, seperti SEO, SMM, hingga social media marketing.

4. Social Media Marketing (SMM)

Contoh strategi digital marketing terampuh

Social media marketing atau SMM bisa menjadi solusi yang paling ampuh untuk menciptakan branding perusahaan. Terlebih, hampir semua orang memiliki akun media sosial sehingga target market potensial bisa melebar skalanya.

Membuat konsep social media marketing menjadi salah satu job desk digital marketing. Bisa menggunakan salah satu dari sistem SMM, yaitu organik atau berbayar melalui iklan di platform media sosial yang digunakan.

5. Email Marketing

Email marketing bisa menjadi sebuah strategi digital marketing yang sangat jitu, tetapi juga sebaliknya. Kamu harus tahu jika target audiens kamu memang seseorang yang aktif mengakses email-nya.

Jenis digital marketing ini bisa dikirim secara berkala dengan berlangganan. Namun, penerima email juga bisa memutus langganan jika merasa terganggu. Maka dari itu, konten email marketing harus menarik untuk audiens.

6. Affiliate Marketing

Affiliate marketing menjadi primadona di bidang pemasaran digital belakangan ini, terutama untuk sebuah perusahaan e-commerce.

Biasanya, penjual atau disebut juga affiliater akan diberi keuntungan berupa dana sekian persen dari produk yang berhasil ia “jual”. Penjualan ini tidak secara langsung, melainkan target market selanjutnya melakukan klik atau pembelian secara tidak langsung.

BACA JUGA: Mau Kuliah Sambil Kerja? Bisa! Ini 7 Tips, Manfaat, & Pilihan Universitasnya

Job Deskripsi Digital Marketing

Job desk dan tugas digital marketing

Setelah mengetahui jenis-jenis digital marketing, tentu kamu sudah memiliki gambaran lumayan jelas mengenai job deskripsinya, kan? Untuk lebih jelas lagi, kamu bisa menyimak job desk digital marketing lebih lengkap berikut ini ya!

  • Bertanggung jawab terhadap semua hal yang berkaitan dengan pemasaran produk atau jasa serta branding perusahaan secara digital.
  • Menyusun perencanaan untuk promosi sebuah produk melalui platform digital, baik media sosial, mesin pencari, hingga aplikasi pesan singkat.
  • Membuat konsep marketing campaign secara menyeluruh.
  • Membuat konsep dan merancang distribusi content marketing campaign di seluruh platform digital.
  • Mengoptimalkan mesin pencari untuk meningkatkan peringkat halaman situs web atau produk/jasa perusahaan.

BACA JUGA: Cara Membuat Desain Kemasan Produk Makanan Kreatif, Tips, dan Contohnya

Cara Memulai Karir Digital Marketing bagi Pemula

Meskipun tugas digital marketing terlihat begitu padat dan harus memiliki skill multitasking, tetapi sebenarnya tidak begitu rumit kok. Kuncinya, tugas yang menjadi target mingguan atau bulanan harus kamu breakdown sehingga bisa dikerjakan secara bertahap.

Nah, untuk kamu yang masih pemula di dunia digital marketing, kamu bisa melakukan tips berikut saat mengerjakan tugas kamu dalam memasarkan produk secara digital ya.

  • Menentukan target pasar dan kebutuhan calon customer
  • Melakukan riset produk kompetitor
  • Memilih produk yang menjadi solusi terbaik bagi customer
  • Menentukan unique selling point (USP) dari produk
  • Membangun website dengan tampilan yang menarik
  • Membangun media sosial sebagai media promosi
  • Menggunakan SEO, SEM, dan social media ads dengan efektif

BACA JUGA: 15 Cara Nego Gaji Terampuh untuk Job Seeker dan Fresh Graduate

Prospek Karir dan Informasi Gaji Digital Marketing

Jenjang karir digital marketing dan gajinya

Saat ini, gairah bisnis di Indonesia dan Asia Tenggara sedang tinggi-tingginya. Oleh karena itu, perusahaan dan startup berbondong-bondong membuka lowongan kerja digital marketing, mulai dari content writer hingga performance marketing strategist.

Jadi, terkait prospek karir digital marketing, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak peran di bidang ini yang bisa kamu raih, baik yang levelnya setara atau vertikal (seperti menjadi marketing executive atau chief marketing officer).

Sementara itu, terkait dengan pendapatan, gaji digital marketing di Indonesia sangat bervariasi ya, mulai dari UMR hingga 2x lipatnya untuk level junior, dan 3 - 5x lipat untuk level manajerial. Tentunya, nominal gaji ini juga ditentukan oleh skala perusahaan tempatmu bekerja.

Akan tetapi, jika tidak puas bekerja sebagai digital marketer di Indonesia, kamu juga bisa kok mencari lowongan kerja digital marketing di luar negeri. Jika tidak berhasil mendapat full time contract, kamu bisa memulai karir internasional dengan jadi freelancer. Bayaran seorang full stack digital marketing bisa mencapai $5 - $20/jamnya.

BACA JUGA: Cara Membuat Desain Kemasan Produk Makanan Kreatif, Tips, dan Contohnya

Itulah berbagai informasi mengenai pemasaran digital, mulai dari pengertian hingga job desk digital marketing yang bisa kamu pelajari.

Bagaimana? Semakin tertarik untuk menjadi seorang digital marketing? Semakin banyak perusahaan yang membutuhkan rekognisi brand melalui platform digital, membuat peran digital marketing banyak dibutuhkan loh.

Di KitaLulus banyak lowongan kerja dari berbagai perusahaan untuk posisi digital marketing. Kamu cukup install KitaLulus di Playstore. Lalu lakukan registrasi dengan masuk ke akun Google kamu, tanpa ribet!

Di aplikasi KitaLulus juga memiliki komunitas digital marketing dengan jumlah anggota ribuan. Jadi, kamu bisa mendapatkan sharing ilmu dari anggota lain, deh!

Yuk, instal aplikasi KitaLulus sekarang juga dan gapai karir impianmu dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!