Apa Itu Life Skill, Contoh, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Life skill adalah kemampuan manusia untuk bertahan hidup. Menguasai life skill, berarti kamu dapat dengan mudah melewati ujian hidup. Dan sama pentingnya seperti soft skill dan hard skill, kemampuan ini juga penting untuk dikuasai sehingga bisa melaksanakan tanggung jawab di tempat kerja dengan baik.

Nah, apa saja sih life skill yang dibutuhkan di tempat kerja? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Life Skill?

Apakah sedari tadi kamu bingung sebenarnya apa itu life skill? Mengapa untuk bertahan hidup kita harus menguasai kemampuan tertentu? Tidakkah kita harus bernapas saja untuk bisa hidup?

Bukan begitu, ya. Kata orang-orang, hidup itu seperti bersekolah, selalu memiliki ujian untuk bisa naik kelas. Bisa dikatakan, analogi itu memang pas, lho.

Makanya, kita harus selalu belajar untuk bisa mengerjakan ujian dengan baik. Namun, belajar hal apa, itu tidak bisa diprediksi karena “materi” menjalankan hidup tidak sama seperti materi di sekolah. Inilah mengapa kita butuh life skill.

Contoh sederhana. Kamu lapar. Bagaimana supaya bisa kenyang? Ya masak. Itu contoh basic life skill. Kalau tidak bisa masak? Mari cari cara lain, yaitu membeli makanan. Tidak punya uang? Berarti harus kerja untuk mendapatkan uang.

Rangkaian proses di atas bisa kamu lalui jika kamu memiliki life skill. Dan life skill di atas adalah cara kamu berpikir, mengambil keputusan, serta memecahkan masalah supaya kamu merasa kenyang. Dengan gambaran begitu, kamu jadi paham kan bahwa life skill adalah hal penting untuk kamu kuasai selama masih hidup?

Kesimpulannya, life skill adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola aktivitas dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Menguasai keterampilan ini bisa membuat kamu mampu menangani berbagai hal dengan baik, mulai dari cara berinteraksi dengan orang lain hingga mengelola emosi.

Baca Juga: Self Management: Manfaat, Jenis Skill, dan Tips Meningkatkan

Contoh Life Skill yang Harus Dimiliki di Dunia Kerja

Contoh Life Skill
Sumber: Mind Help

Bekerja termasuk salah satu kegiatan dalam hidup, kan? Maka dari itu, life skill adalah kemampuan yang juga kamu butuhkan untuk menjalankan pekerjaan dengan baik. Nah, berikut contoh life skill yang harus dimiliki di dunia kerja.

1. Kemampuan Komunikasi

Berkomunikasi secara efektif adalah contoh life skill yang harus dimiliki di dunia kerja. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kamu bisa dengan mudah berinteraksi dengan sekitar sekaligus kamu bisa meningkatkan soft skill kamu.

2. Memecahkan Masalah

Life skill adalah tentang kecakapan manusia dalam menghadapi masalah. Dengan begitu, kemampuan memecahkan masalah haruslah kuat. Kemampuan ini juga dibutuhkan dalam dunia kerja supaya bisa mengerjakan tugas dengan baik.

3. Berkolaborasi

Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain sangat dibutuhkan di dunia kerja. Terlebih, sekarang adalah zamannya berkolaborasi.

4. Mengambil Keputusan

Mengambil keputusan bukan hanya tentang keputusan yang berkaitan dengan job desk, tetapi juga tentang kemampuan diri kamu dalam menyikapi lingkungan.

Ketika kamu sibuk dan ada orang lain yang ingin meminta bantuan, tidak masalah untuk menolak secara baik-baik. Sebab, jika dituruti kamu yang justru akan merugi karena telah menjadi people pleaser.

5. Berempati

Ada ungkapan bahwa, “Jangan jadikan rekan kerja sebagai teman”. Itu terkadang memang  benar, karena bagaimanapun, tujuan bekerja adalah untuk menghasilkan uang dan meningkatkan karir. Namun, bukan berarti kamu tidak memperhatikan rekan yang kesusahan, ya. Jika memang bisa, bantulah, atau minimal berempati dengan keadaannya.

6. Manajemen Stres

Akan ada banyak masalah di tempat kerja, itu benar. Maka dari itu, life skill adalah hal yang wajib kamu miliki, utamanya manajemen stres dan emosi. Jangan sampai, ketika kamu tidak bisa menguasai stres dengan baik, itu akan berakibat buruk dan menimbulkan konflik dengan rekan kerja atau atasan.

7. Berpikir Kreatif

Creative thinking adalah contoh life skill yang harus dikuasai di dunia kerja. Dengan kemampuan ini, kamu akan dengan mudah menyelesaikan pekerjaan.

8. Dapat Dipercaya

Integritas adalah sifat yang nilainya sangat mahal. Ciri dari sifat ini yaitu kamu bisa dipercaya serta bertanggung jawab dengan tugas kamu.

9. Kooperatif

Life skill selanjutnya yang harus kamu kuasai supaya bisa mengerjakan tugas dan tanggung jawab di kantor adalah kooperatif. Sifat ini nantinya berkaitan dengan kemampuan berkolaborasi. Memiliki kemampuan ini akan menjadikan kamu sosok yang bisa diandalkan sesuai kebutuhan.

10. Fleksibilitas

Tidak kaku, mampu mengerjakan tugas dengan baik, dan bisa membaur secara alami. Itulah kemampuan fleksibilitas di mana nantinya akan membentukmu di dunia kerja. Salah satu life skill ini akan menjadikan kamu sebagai sosok yang asik dan dapat diajak bekerja sama dengan baik.

11. Berpikir Kritis

Selain berpikir kreatif, kamu juga harus bisa menggunakan berpikir kritis di tempat kerja. Life skill adalah kemampuan yang akan mempermudah kamu dalam memilah mana yang baik dan kurang baik untukmu.

Makanya, kemampuan ini juga harus kamu bawa ke dunia kerja supaya kamu tidak hanya mengangguk. Fleksibel boleh, tetapi memiliki prinsip juga suatu keharusan.

Baca Juga: Mengenal Kepuasan Kerja, Faktor Penentu, dan Cara Meningkatkannya

Manfaat Life Skill

manfaat life skill

Dengan memiliki life skill, kamu akan bisa menjalani hidup secara efektif. Berikut beberapa manfaat life skill yang bisa kamu rasakan.

  1. Mudah beradaptasi.
  2. Akan mudah menguasai kemampuan lain untuk menunjang setiap kegiatan kamu.
  3. Kamu bisa meningkatkan potensi diri kamu secara maksimal.
  4. Mudah menggapai cita-cita atau keinginan.
  5. Memiliki hubungan yang baik dengan orang lain.
  6. Meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental.

Cara Meningkatkan Life Skill

Sebagaimana dengan soft skill, life skill adalah kemampuan yang bisa dipelajari. Namun, proses pembelajarannya tentu saja tidak sekali melihat langsung bisa. Kamu membutuhkan proses pembiasaan sehingga dapat menguasainya. Cara meningkatkan life skill adalah sebagai berikut.

  1. Memahami dengan baik apa tujuan setiap kegiatan yang kamu jalani.
  2. Fokus tingkatkan interpersonal skill.
  3. Memiliki kemauan belajar yang kuat.
  4. Memperhatikan sekitar secara seksama.
  5. Usahakan untuk memiliki lingkungan yang positif atau minimal sesuai dengan prinsip hidup kamu.
  6. Milikilah mentor.

Perbedaan Life Skill dengan Soft Skill

Nah, mungkin kamu akan bertanya mengenai apa perbedaan life skill dengan soft skill. Jika dilihat sekilas, keduanya memang mirip. Namun, jika kamu memahaminya lebih dalam, kamu akan tahu bahwa keduanya memang berbeda. Berikut penjelasan perbedaan life skill dengan soft skill.

1. Pengertian

Life skill adalah kecakapan atau kemampuan yang akan kamu gunakan supaya bisa menjalankan kegiatan keseharian dengan baik. Sedangkan soft skill adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Secara sederhana, kamu bisa memahami bahwa soft skill termasuk ke dalam life skill, tetapi life skill belum tentu soft skill.

2. Tujuan Penggunaan Kemampuan

Sesuai pengertian di atas, life skill adalah kemampuan yang digunakan untuk bertahan hidup. Sementara soft skill bertujuan untuk berinteraksi dengan orang lain.

3. Cara Meningkatkannya

Life skill adalah kemampuan yang bisa ditingkatkan dengan cara beradaptasi secara naluriah dengan lingkungan. Sedangkan soft skill baru bisa ditingkatkan jika kamu mau dan mampu berbaur dengan orang lain. Ketika kamu individualis, kamu tentu akan susah mengembangkan sebagian kemampuan tersebut.

Baca Juga: 7 Perilaku Kerja Prestatif yang Harus Dimiliki Karyawan

Itulah informasi mengenai apa itu life skill yang penting kamu ketahui. Karena life skill adalah kemampuan yang bisa membantumu menjalani hidup lebih baik, terapkan sesuai situasi yang kamu hadapi. Memahami kemampuan ini dengan baik akan memudahkan kamu dalam menyikapi hidup.

Bicara tentang keterampilan hidup, kamu juga dapat meningkatkan keterampilan lain yang berguna untuk di dunia kerja, seperti hard skill dan soft skill. Kamu bisa bergabung dengan komunitas bidang yang kamu sukai untuk sharing ilmu bermanfaat.

Nah, kamu tak perlu bingung mencari komunitas di mana, sebab di KitaLulus sudah menyediakan fitur Komunitas yang dapat kamu gunakan.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba melamar kerja di berbagai perusahaan yang sedang membuka loker. Tenang saja, semua loker yang terpasang di KitaLulus sudah pasti aman dan bukan penipuan. Maka dari itu, yuk segera apply pekerjaan impianmu melalui KitaLulus! Download aplikasinya sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!