Self Management: Manfaat, Jenis Skill, dan Tips Meningkatkan

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Self management adalah— Bagaimana biasanya kamu mengerjakan daftar tugas, kerjaan, hingga menyeimbangkan hidup personal dan sosial? Untuk dapat mengerjakan berbagai hal dengan baik dan rapi yang kita butuhkan adalah manajemen diri alias self management. Manajemen diri atau self management adalah sebuah usaha kontrol diri sehingga dalam pengaturan kegiatan kita di setiap harinya.

Terkadang, kita merasa 24 jam dalam sehari tidak cukup. Banyak yang harus diselesaikan dalam sehari dan itu membutuhkan konsentrasi dan waktu yang pas. Namun, sebenarnya waktu yang cukup atau pas itu seberapa lama? Bahkan ketika sehari menjadi 48 jam, tanpa kita memiliki skill manajemen waktu, pasti tidak akan bisa menyelesaikan kepentingan.

Manajemen waktu ini termasuk dalam manajemen diri. Self management harus selalu kamu terapkan dalam berbagai situasi. Terlebih jika kamu memiliki target perkembangan karir. Setiap langkah untuk mencapai karir yang diinginkan tentu saja membutuhkan strategi dan manajemen pengerjaan tugas yang baik.

Itulah yang KitaLulus coba bahas di artikel ini. Kamu akan mengetahui secara detail bagaimana pentingnya self management untuk diterapkan dalam segala kegiatan yang kamu jalankan. Aspek-aspek apa yang dibutuhkan dalam penerapan self management.

Nah, tanpa menunggu lebih lama lagi, yuk langsung disimak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui bahwa self management adalah hal penting untuk kamu kuasai.

BACA JUGA: Apa Itu Etos Kerja? Ini Manfaat, Ciri, dan Cara Menumbuhkannya dalam Diri Sendiri

Apa Itu Self Management?

apa itu self management

Secara sederhana, self management adalah kemampuan diri kamu untuk mengontrol akan apa yang sedang kamu kerjakan atau akan dikerjakan sehingga bisa menyelesaikannya dengan baik sesuai rencana/apa yang diharapkan.

Self management secara psikologi penting, lho. Sebab, dengan kamu mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengerjakan sesuatu, berarti kamu memahami apa yang sedang atau akan kamu kerjakan.

Manajemen diri atau self management meliputi 4 hal, yaitu self monitoring (pengawasan diri sendiri), self reward (penghargaan kepada diri sendiri), self contracting (komitmen dengan diri sendiri), dan stimulus control (pengendalian diri). Berikut penjelasan lengkap dari empat hal tersebut:

1. Self Monitoring

Jika kamu ingin menjaga anak atau keponakan atau adik yang masih di bawah umur, apa yang kamu lakukan? Yang utama tentu saja melakukan pemantauan terhadap segala hal yang mereka lakukan, bukan?

Pemantauan tersebut bisa kamu lakukan terhadap diri sendiri. Hal ini termasuk dalam tindak yang bisa dilakukan dalam manajemen diri sehingga bisa tahu hal apa saja yang sudah, sedang, atau akan dilakukan.

2. Self Reward

Ketika sudah berhasil menyelesaikan sesuai rencana, kamu bisa memberikan penghargaan terhadap diri sendiri atau self reward. Akhir-akhir ini, self reward banyak dibahas karena akhirnya disalah artikan untuk melakukan tindakan pemborosan.

Padahal, self reward tidak harus berupa hal rumit atau barang mahal. Melakukan sesuatu yang disenangi termasuk self reward sepanjang hal itu menjadi kegiatan santai setelah melakukan sesuatu yang memusingkan.

3. Self Contracting

Berjanji untuk menyelesaikan yang dimulai dan harus mematuhi perjanjian itu apa pun yang terjadi menjadi konsentrasi self management. Jadi, kamu bisa mengontrol hal apa yang dilakukan untuk bisa mempercepat kegiatan tersebut supaya bisa selesai dengan sesuai perjanjian yang dibuat di awal.

4. Stimulus Control

Hal keempat yang meliputi self management adalah stimulus control. Hal ini berkaitan dengan self contracting di mana kamu harus menahan diri akan godaan yang datang untuk menghambat kegiatan yang harus dikerjakan dan diselesaikan.

Manfaat Self Management

manfaat self management

Apa sih manfaat yang bisa kamu rasakan jika memiliki self management yang baik? Salah satu manfaat self management adalah kamu dapat mengetahui apa sih yang menjadi tujuan kamu sehingga membuat hidup kamu terasa content alias puas karena telah mencapai hal yang menjadi memang menjadi prioritas.

Manfaat lain dari self management diantaranya:

  • Memiliki pengelolaan pikiran dan perasaan yang baik sehingga tidak mudah terdistraksi akan hal sepele yang justru membuat kamu tidak nyaman.
  • Kamu bisa hidup sesuai keinginan sendiri, tanpa terpengaruh dari pendapat orang lain.
  • Merasa puas dengan pencapaian yang dimiliki karena itu hasil dari kerja keras sendiri.

BACA JUGA: Apa Itu Personal Branding? Ini Contoh dan Cara Membangunnya

Jenis Skill yang Termasuk Self Management

jenis jenis skill self management atau manajemen diri

Ada beberapa kemampuan yang termasuk dalam self management, seperti manajemen waktu, manajemen emosi, independensi diri, beradaptasi, bertanggung jawab, terorganisasi, dan gigih. Penjelasan self management skills ini bisa kamu simak di penjelasan detail berikut ini:

1. Manajemen Waktu

Seperti yang sudah dibahas di awal, memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan berbagai hal akan sangat tergantung pada bagaimana individu tersebut mengatur waktunya. Ketika dia mudah terdistraksi oleh suatu hal, maka waktu yang dimiliki tidak akan pernah terasa cukup.

Maka dari itu, manajemen waktu menjadi kemampuan yang utama dalam self management.

2. Manajemen Emosi

Dapat menahan emosi di situasi yang penting dan memahami bagaimana kita mengatur rasa stres bisa bermanfaat untuk diri kamu. Namun, di luar itu, kamu tetap bisa mengeluarkan emosi dengan secukupnya agar tidak tertahan di dalam diri dan justru menjadi dampak stres diri yang lebih berbahaya di kemudian hari.

3. Independensi Diri

Perasaan independen dan percaya pada diri sendiri akan menjadi kunci selanjutnya dalam self management skill. Kamu harus tahu kapasitas diri kamu, ilmu yang kamu miliki, sehingga tidak perlu ragu dalam menyatakan pendapat di depan umum.

4. Adaptif

Dapat dengan mudah memahami situasi baru akan berguna untuk manajemen diri kamu. Jadi, kamu akan dengan mudah bergaul dan memahami situasi serta lingkungan dengan cepat.

5. Bertanggung Jawab

Komitmen harus selalu kamu miliki sehingga orang lain tahu kamu dapat dipercayakan suatu tugas yang besar. Bertanggung jawab ini juga bisa sebagai simbol bahwa kamu memahami dan percaya pada diri kamu untuk bisa menyelesaikan suatu hal dengan baik.

6. Terorganisasi

Self management skill selanjutnya adalah kamu memahami prioritas dari kerjaan kamu. Jadi, kamu bisa mengorganisasi hal-hal mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu jadi semuanya selesai dengan baik sesuai rencana.

7. Gigih

Tidak mudah menyerah adalah kemampuan self manajemen yang bisa kamu asah selanjutnya. Jadi, kamu tahu suatu hal yang susah dikerjakan pasti bisa terselesaikan asal kamu memiliki usaha yang cukup.

Tips Meningkatkan Self Management

pengertian self management

Nah, bagaimana sih cara meningkatkan kemampuan self management? Kamu bisa mengikuti tips-tips dari KitaLulus berikut:

  • Percaya pada diri kamu bahwa kamu dapat mengerjakan sesuatu hal secara baik dan menyelesaikan dengan sempurna.
  • Ketahui hal-hal penting untuk dimasukkan ke dalam prioritas yang harus dikerjakan dahulu.
  • Pahami kemampuan bekerja kamu sehingga tahu teknik manajemen kerja apa yang harus dilakukan.
  • Buat perjanjian dengan diri sendiri tentang batas waktu menyelesaikan tugas secara rigid dan berkomitmen dengan tegas.
  • Periksa setiap hal yang dilakukan, apakah kamu sudah nyaman dengan langkah tersebut atau justru membebani diri sendiri. Sebab, self management adalah bagaimana kamu memahami diri sendiri supaya pelaksanaan tugas bisa dengan mudah terselesaikan tanpa beban.

BACA JUGA: Pentingnya Self-Awareness, Ciri, Jenis, dan Cara Meningkatkannya

Penjelasan self management dari KitaLulus di atas bisa kamu pahami dengan baik di setiap detailnya untuk kamu terapkan. Sebab, self management adalah suatu usaha yang penting untuk dimiliki dan dilakukan supaya kamu bisa menyelesaikan segala tujuan dengan baik dan sesuai keinginan.

KitaLulus juga memiliki tips lainnya yang bisa membantu kamu dalam peningkatan kemampuan seputar kerja. Tips-tips ini tentu saja bisa dilakukan oleh kamu yang sudah bekerja maupun yang masih menjadi jobseeker.

Untuk kamu yang sekarang masih menjadi jobseeker, KitaLulus juga bisa membantumu dalam penyediaan informasi lowongan kerja. Kamu cukup instal aplikasi KitaLulus melalui Playstore. Ada lebih dari 50.000 lowongan kerja yang bisa kamu akses secara gratis.

Dengan menggunakan aplikasi KitaLulus, kamu bisa #LebihMudah menggapai karir impian kamu dan meningkatkan manajemen diri dengan baik. Yuk, langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!