17 Prospek Kerja Jurusan Biologi dengan Karir Paling Menjanjikan

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Prospek kerja jurusan biologi— Lulusan jurusan Biologi kerja apa? Pernahkah kamu bertanya demikian? Tidak perlu bingung, prospek kerja jurusan Biologi bermacam-macam. Lulusan Biologi bisa kerja menjadi analisis laboratorium, teknisi laboratorium, pendidik (guru/dosen), bahkan petani yang inovatif.

Tidak hanya itu, lulusan Biologi juga dapat menjadi penulis, biochemist, hingga botanist yang bertugas untuk meneliti tumbuhan, lho. Jadi, tidak perlu khawatir untuk prospek kerja jurusan Biologi. Sebab, skala bidang kerjanya begitu luas.

Bagi kamu yang sekarang sedang mempertimbangkan jurusan Biologi, artikel ini akan membantu kamu. KitaLulus akan memberikan penjelasan tidak hanya prospek kerja yang bisa kamu pilih, tetapi juga alasan lain kenapa harus memilih jurusan ini, mulai dari apa yang dipelajari nantinya, hingga informasi gaji yang bisa kamu dapatkan nantinya.

Langsung disimak hingga akhir artikel ini, yuk!

BACA JUGA: Apa Itu Quality Assurance? Ini Pengertian, Tugas, Skill, dan Gajinya

Kenapa Harus Memilih Jurusan Biologi?

Pekerjaan kuliah jurusan biologi

Bagi banyak orang, jurusan Biologi memang menjadi salah satu jurusan dari lingkup IPA yang tergolong lebih mudah dibanding Kimia atau Fisika. Terlebih untuk kamu yang menyukai tumbuhan hingga pembelajaran tentang seluruh sel dan organ dalam tubuh manusia.

Namun, kenapa sih harus memilih jurusan Biologi? Hal ini tentu saja berkaitan dengan prospek kerja jurusan Biologi yang nantinya bisa kamu ambil. Sebab, kemampuan yang akan kamu kuasai akan sangat mendukung lingkup kerja sesuai bidang yang kamu inginkan, seperti: 

  • Dapat melakukan observasi dengan baik
  • Memiliki kemampuan untuk meneliti suatu objek dengan teliti
  • Dapat menganalisis suatu masalah dengan detail
  • Berpikir rasional
  • Pemahaman akan biologi yang mendalam

Pemahaman dari lulusan Biologi tentang makhluk hidup akan sangat detail, jadi akan dengan mudah untuk memegang peran-peran di ranah kedokteran, observatorium, hingga pertanian. 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Biologi?

Prospek kerja jurusan biologi

Lalu, apa saja yang dipelajari di jurusan Biologi? Untuk menjawab pertanyaan itu, kamu bisa menyimak daftar beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari ketika masuk ke jurusan Biologi berikut ini.

  • Ekologi Umum
  • Kimia Organik
  • Biokimia
  • Struktur Tumbuhan
  • Struktur Hewan
  • Biostatistik
  • Evolusi
  • Genetika
  • Mikrobiologi
  • Ekologi Hewan
  • Ekologi Tumbuhan
  • Mikrobiologi Lingkungan
  • Fisiologi Mikrobia
  • Sistematika Mikrobia
  • Mikrobiologi Industri
  • Anatomi & Fisiologi Hewan
  • Biosistematika
  • Biologi Sel
  • Biologi Sintetik
  • Bioetika
  • Akuakultur
  • Filogenetik Molekuler
  • Imunologi
  • Ekologi Tanah

BACA JUGA: Pentingnya Self-Awareness, Ciri, Jenis, dan Cara Meningkatkannya

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Prospek karir jurusan biologi

Prospek kerja jurusan Biologi memang luas karena apa yang dipelajari merupakan irisan dari berbagai jurusan, salah satunya pertanian. Dengan begitu, prospek kerja lulusan Biologi adalah petani hingga teknisi konservasi lingkungan yang akan memberikan inovasi pada perawatan lingkungan.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak prospek kerja jurusan Biologi berikut ini.

1. Petani

Petani tidak hanya tentang menanam suatu tanaman lalu memanennya saat masa panen tiba. Jika kamu memahami bagaimana struktur tanah, perawatan makhluk hidup, hingga pemilihan ekosistem lingkungan, kamu bisa melakukan inovasi yang berguna untuk dunia pertanian.

Dengan demikian, hasil panen nantinya akan lebih berkualitas hingga memiliki nilai jual yang tinggi. Jadi, pertanian akan menjadi hal menarik untuk dikembangkan di masa depan oleh generasi selanjutnya.

2. Pendidik (Guru/Dosen)

Prospek kerja jurusan Biologi selanjutnya adalah menjadi tenaga pendidik, baik guru maupun dosen. Kita ketahui bersama bahwa mata pelajaran Biologi akan selalu dibutuhkan oleh murid SD, SMP, hingga SMA. Dengan begitu, posisi guru Biologi akan selalu dibuka.

Untuk menjadi dosen, kamu tentu saja harus memiliki sertifikasi pendidik setaraf dosen dan menempuh jenjang pendidikan minimal S2.

3. Teknisi Konservasi Lingkungan

Isu pencemaran lingkungan tentu saja menjadi kekhawatiran bersama. Salah satu penyebab isu ini adalah karena banyaknya industri berbasis pabrik yang memberikan dampak polusi begitu besar.

Nah, di sinilah seorang lulusan Biologi berperan. Lulusan Biologi bisa menjadi teknik konservasi lingkungan yang nantinya bekerja di sebuah industri. Tugasnya tentu saja untuk bertanggung jawab pada desain, produksi, hingga pemeliharaan peralatan pabrik yang bertujuan untuk mencegah polusi.

4. Peneliti Bioteknologi

Rata rata gaji jurusan biologi

Perkembangan zaman membuat bidang teknologi berkembang pesat. Teknologi yang mengalami perkembangan yang tinggi tersebut bisa lho berkolaborasi dengan biologi yang nantinya memiliki manfaat yang baik untuk lingkungan dan masyarakat.

Seorang peneliti bioteknologi adalah salah satu peran dengan cross bidang tersebut. Tugasnya adalah melakukan penelitian terhadap suatu makhluk hidup untuk nantinya dikembangkan menjadi makhluk baru atau produk baru yang bertujuan untuk obat-obatan atau bahan makanan.

5. Bagian Perencanaan, Pengembangan, dan Penelitian Produk Biologi

Apakah kamu pernah melihat suatu plastik bungkus bumbu mie instan yang bisa langsung diseduh tanpa harus membuangnya? Produk tersebut menjadi salah satu hasil dari bidang kerja bagian perencanaan, pengembangan, dan penelitian produk biologi.

Pekerjaan ini memang nantinya menghasilkan inovasi baru yang berkaitan tentang lingkungan hingga produk makanan yang dihasilkan dari proses penelitian berdasar ilmu Biologi. Seru, kan?

6. Perawat Hewan

Perawat hewan tentu saja tidak sama dengan dokter hewan. Perawat hewan akan menjadi rekan seorang dokter hewan untuk memberikan perawatan pada hewan. Biasanya, lokasi kerja perawat hewan adalah di suatu konservasi, kebun binatang, balai karantina, dan tentu saja rumah sakit hewan.

7. Pengusaha

Siapa saja bisa menjadi pengusaha, benar sekali. Namun, ketika seorang lulusan Biologi menjadi pengusaha, kamu akan dengan mudah mengetahui hal-hal detail mengenai dampak usaha kamu terhadap lingkungan.

Terlebih, sekarang sedang digaungkan tentang prinsip 3P dalam berbisnis, yaitu Planet, People, dan Profit. Jadi, tidak hanya keuntungan saja yang diperhatikan, tetapi juga dampak bisnis terhadap lingkungan dan kemanusiaan.

8. Research & Development (R&D)

Lulusan biologi kerja apa

Seseorang yang bekerja di bidang R&D tentu saja harus memiliki kemampuan observasi yang baik. Jadi, kamu harus berorientasi pada detail dan ketelitian yang tinggi.

Bidang ini tentu cocok untuk lulusan Biologi karena sudah terbiasa melakukan penelitian dan observasi. Terlebih ketika posisi R&D yang kamu jalankan adalah di sebuah industri yang bergerak di bidang lingkungan.

BACA JUGA: Komunitas KitaLulus: Tingkatkan Potensi Karirmu dengan Jadi Sobat Karir!

9. Penulis

Satu lagi bidang pekerjaan yang bisa dilakukan oleh semua orang, yaitu penulis. Namun, sebagai penulis yang berkaitan tentang lingkungan atau detail makhluk hidup tentu saja hanya bisa dilakukan oleh seorang lulusan Biologi. 

10. Konsultan

Prospek kerja jurusan Biologi lainnya adalah konsultan. Bidang konsultasinya tentu saja bukan tentang finansial, perpajakan, apalagi teknologi, tetapi lebih kepada konservasi lingkungan. Nantinya, kamu akan memberikan arahan tentang penelitian dan observasi hingga pengembangan prinsip kesejahteraan lingkungan untuk suatu bisnis atau perusahaan.

11. Teknisi Laboratorium

Teknisi laboratorium adalah prospek kerja jurusan Biologi selanjutnya. Bidang kerja ini akan menuntut kamu untuk melakukan persiapan terhadap bahan dan alat yang dibutuhkan di laboratorium. Alat dan bahan tentu saja harus memiliki kualitas yang baik sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

12. Analis Laboratorium

Prospek karir sarjana biologi

Seorang analis laboratorium harus menguasai tentang bidang biokimia hingga mikrobiologi. Nantinya kamu bisa bekerja di BPOM sebagai analis bahan pangan di laboratorium BPOM, lho.

13. Ecologist

Prospek kerja jurusan Biologi berikutnya adalah ecologist. Nantinya kamu akan bekerja dengan meneliti suatu makhluk hidup dan habitatnya. Dengan begitu, kamu bisa melakukan restorasi habitat atau pengelolaan lingkungan dengan benar.

14. Genetic Counsellor

Lulusan Biologi tidak bisa langsung menjadi genetic counsellor. Kamu harus memiliki pelatihan khusus di bidang medis, genetika, dan konseling. Dengan begitu, kamu baru bisa melakukan konseling dengan pasien untuk membicarakan bagaimana riwayat medis sesuai genetika pasien.

15. Environmental Scientist

Seorang environmental scientist akan bertanggung jawab untuk memberikan kebijakan terhadap pengelolaan lingkungan flora, fauna, hingga sumber daya alam yang ada. Nantinya, kamu bisa melakukan penelitian, regulasi, hingga pengelolaan lingkungan terhadap kebijakan publik.

16. Botanist

Botanist bisa mendukung bagaimana petani menciptakan produk yang unggul. Dengan adanya botanist, penelitian terhadap suatu makhluk hidup bisa dengan mudah dilakukan sehingga bisa diketahui bagaimana cara pengembangbiakannya yang baik nantinya.

17. Biochemist

Biochemist adalah

Seperti yang sudah kamu ketahui di awal, biokimia menjadi salah satu materi yang akan dipelajari selama berkuliah di jurusan Biologi. Nah, materi ini nantinya bisa digunakan sebagai bekal untuk menjadi biochemist.

Tugas dan tanggung jawab seorang biochemist adalah untuk melakukan pengembangan produk yang berbasis pada bidang biologi dan kimia.

BACA JUGA: Tutorial Cara Lamar Kerja Di Aplikasi KitaLulus | Mudah, Cepat, Aman!

Itulah berbagai informasi tentang prospek kerja jurusan Biologi yang bisa kamu jadikan referensi karir di masa depan. Menarik-menarik ya prospek kerjanya?

Nah, jika kamu sekarang sedang mencari informasi lowongan kerja yang berkaitan dengan Biologi seperti ketujuh belas prospek kerja di atas, kamu bisa menggunakan aplikasi KitaLulus. Aplikasi KitaLulus dapat dengan mudah kamu unduh melalui Playstore.

Terdapat lebih dari 50.000 informasi lowongan pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi kamu. Cara mencarinya juga mudah, tinggal ketik nama posisi, nama perusahaan, ataupun kota tujuan kamu. Pencarian dengan sistem kerja, seperti full time, contract, work from home, hingga freelance juga bisa, lho.

Bagaimana? Pengalaman mencari lowongan kerja sesuai passion menjadi #LebihMudah menggunakan KitaLulus, bukan? Yuk, langsung saja instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!