Entrepreneur Adalah: Pengertian, Ciri, Tipe, Bedanya dengan Pengusaha

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
entrepreneur adalah
Entrepreneur Adalah: Pengertian, Ciri, Tipe, Bedanya dengan Pengusaha

Apa yang terlintas di kepalamu ketika mendengar istilah entrepreneur? Apakah kamu akan menjawab entrepreneur adalah pengusaha?

Walau kita sudah tidak asing lagi dengan istilah satu ini, nyatanya masih banyak dari kita yang belum benar-benar tahu apa arti entrepreneur sebenarnya. Agar kamu tidak salah lagi, mari kita simak dalam artikel KitaLulus berikut!

Apa Itu Entrepreneur?

Apa itu entrepreneur

Entrepreneur bila diterjemahkan adalah wirausaha. Menurut KBBI, entrepreneur adalah seseorang yang pandai atau berbakat dalam mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam membuat produk, menyusun operasi pengadaan produk baru, mengatur modal operasional, serta merasakan keuntungannya.

Secara etimologi, kata entrepreneur berasal dari bahasa Perancis, yaitu entreprende yang punya arti berusaha, berkembang.

Istilah ini diperkenalkan pada abad ke-18 oleh seorang ahli ekonomi bernama Richard Cantillon. Entrepreneur diartikan sebagai usaha dalam mengejar peluang tanpa memedulikan sumber daya yang dimiliki.

Mengutip dari Investopedia, entrepreneur adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru, di mana ia memegang sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar imbalan dari usahanya. Ia kerap juga disebut inovator, pebisnis, produser baru.

Dari pengertian di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa entrepreneur adalah seseorang yang menjalankan usaha dan siap dengan segala risiko yang perlu ditanggung demi mendapatkan keuntungan.

Lalu, apakah entrepreneur punya arti yang sama dengan entrepreneurship? Kedua istilah ini tidak jauh berbeda, hanya saja perbedaan entrepreneur dan entrepreneurship merujuk kepada orang yang melakukan dan kegiatan yang dilakukan.

Bila entrepreneur adalah orang yang melakukan wirausaha, entrepreneurship adalah proses kegiatan dari entrepreneur.

Perbedaan Entrepreneur dan Pengusaha

Perbedaan enterpreneur dan pengusaha

Banyak orang yang menganggap bahwa entrepreneur dan pengusaha adalah sama. Padahal, kedua hal tersebut ternyata berbeda.

Bila kita merujuk kepada pengertian entrepreneur, ia merupakan seseorang yang mengembangkan usaha dengan berbagai inovasi. Entrepreneur mengelola bisnis dan juga menanggung segala risikonya baik sukses dan gagal.

Sementara seorang pengusaha adalah orang yang menjalankan usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.

Pengusaha belum tentu entrepreneur, tapi seorang entrepreneur sudah pasti merupakan seorang pengusaha. Berikut ini beberapa perbedaan entrepreneur dan pengusaha lebih jelasnya.

1. Ide Bisnis

Seorang wirausaha mempunya ide bisnis yang unik dan berbeda dengan orang lain. Sementara pengusaha melakukan ide bisnis dengan konsep yang sudah matang.

2. Pangsa Pasar

Karena ide bisnisnya unik, wirausaha akan berupaya untuk membentuk pangsa pasarnya sendiri. Ini berbeda dengan pengusaha yang hanya mengikuti apa yang diinginkan oleh pasar.

3. Cara Pengambilan Keputusan

Seorang entrepreneur mengambil keputusan berdasarkan intuisinya. Sedangkan pengusaha memiliki perhitungan yang matang sebelum mengambil keputusan.

4. Tujuan Bisnis

Keuntungan bukanlah satu-satunya yang dipikirkan oleh entrepreneur, ia lebih memerhatikan kondisi karyawan, pelanggan, serta stakeholder lainnya. Sementara pengusaha berorientasi pada bagaimana mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Baca juga: 20+ Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend di 2023 Modal Kecil

Karakteristik Entrepreneur

Karakteristik enterpreneur

Seseorang bisa disebut sebagai entrepreneur jika memiliki karakteristik sebagai berikut.

1. Bersikap dan Berpikir Optimis

Salah satu karakteristik entrepreneur adalah selalu berpikir optimis. Ia harus berani mengejar mimpinya dan yakin bahwa ia bisa mewujudkannya. Sikap positif ini akan menular kepada rekan-rekan kerjanya yang lain.

2. Berpikir Terbuka

Selalu berpikir terbuka juga merupakan karakteristik entrepreneur. Dengan begini, ia selalu peka terhadap segala perubahan yang ada dan dapat beradaptasi.

3. Selalu Fokus

Seorang entrepreneur biasanya memiliki fokus lebih baik. Jika ia sudah memfokuskan diri pada sesuatu, jarang yang ada bisa mengganggu.

4. Mampu Menyelesaikan Masalah

Seringnya, entrepreneur adalah seorang yang mampu menyelesaikan masalah di dalam bisnisnya. Jadi, bukan hanya berpikir menciptakan hal-hal baru tapi juga mampu menganalisa dan menyelesaikan masalah yang ada.

5. Berani Mengambil Risiko

Menjadi seorang wirausaha artinya tidak takut mengambil risiko. Hal ini dilakukan tidak sembarangan, melainkan sudah  melalui proses berpikir yang panjang.

Ciri-ciri Entrepreneur

Ada beberapa ciri yang melekat pada entrepreneur, yaitu:

  • Creation: Membuat suatu peluang bisnis dan menciptakan peluang yang ada.
  • Innovation: Ia melakukan pengembangan bisnis yang inovatif di lingkungan bisnisnya yang mencakup produk baru, proses, pemasaran, material, dan lainnya.
  • Risk undertake: Seorang wirausaha menerima dan mengambil risiko bahwa bisnis yang dilakukan bisa mengalami kerugian atau gagal.
  • General management: Melakukan pengelolaan dan pengalokasian semua sumber daya.
  • Performance intention: Menciptakan pertumbuhan yang tinggi dan memperoleh keuntungan.

Baca juga: 7 Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha

Tujuan Entrepreneur

Tujuan entrepreneur

Dalam menjalankan usahanya, seorang wirausaha akan membuat perencanaan demi mencapai tujuan. Tidak peduli besar atau kecil, kegiatan kewirausahaan mampu berdampak kepada kehidupan. Berikut ini beberapa tujuan dari entrepreneur.

1. Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Entrepreneur mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar. Apa lagi saat usaha yang diciptakan semakin berkembang, pasti semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, sehingga akan semakin banyak juga lapangan kerja yang dibuka. 

Dengan begini, entrepreneur bisa meningkatkan taraf hidup di lingkungan sekitar.

2. Membantu Menularkan Semangat Berwirausaha

Seorang wirausaha memiliki jiwa kreatif, inovatif, kompetitif. Tujuan membagikan semangat berwirausaha ini biasanya disalurkan kepada masyarakat yang memang ingin memiliki usaha. Nantinya, mereka akan bertukar ide atau memberikan inspirasi.

3. Meningkatkan Jumlah Entrepreneur Berkualitas

Dengan menularkan semangat, ini akan meningkatkan jumlah wirausahawan. Pada dasarnya tujuan dari entrepreneur saling berkaitan satu dengan lainnya, yaitu demi mendorong semakin banyak orang yang berwirausaha demi terciptanya lapangan pekerjaan.

Baca juga: Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah: Contoh & Cara Memulai

Jenis dan Contoh Entrepreneur

Jenis jenis entrepreneur

Di dunia ini, ada berbagai contoh entrepreneur yang dibedakan berdasarkan jenis usaha, tujuan, dan juga keputusan yang diambil. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Sociopreneur

Dalam melakukan kegiatannya, seorang sociopreneur memiliki tujuan ganda. Pertama, untuk mendapatkan keuntungan dan kedua adalah melakukan kegiatan sosial yang mendatangkan banyak manfaat bagi orang-orang sekitar.

2. Technopreneur

Seiring dengan berkembangnya teknologi, lahir pula technopreneur. Dengan memanfaatkan skill dan teknologi yang ada, technopreneur aktif mengembangkan bisnisnya.

egiatan technopreneur biasanya menciptakan sebuah aplikasi, membuat website, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan teknologi.

3. Ecopreneur

Ecopreneur adalah orang yang aktif bergerak dalam bidang bisnis demi menciptakan produk-produk ramah lingkungan. Kegiatan bisnis yang mereka lakukan tetap menjaga keseimbangan kondisi alam dan lingkungan.

Itulah dia pengertian, karakteristik, hingga jenis entrepreneur yang perlu kamu ketahui. Apa kamu tertarik untuk menjadi entrepreneur? Pastikan kamu memiliki produk terbaik dan modal yang cukup, ya!

Jika kamu lebih tertarik untuk menjadi karyawan, tidak masalah. Kamu bisa menemukan peluang pekerjaan dengan gaji besar di aplikasi KitaLulus. Ada banyak pilihan lowongan dari berbagai perusahaan dengan tawaran gaji menggiurkan. Gak percaya? Langsung saja download aplikasi KitaLulus sekarang!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top