Close Pop up

Contoh Pertanyaan dan Jawaban yang Sering Keluar saat Wawancara Bahasa Inggris

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Wawancara bahasa Inggris terdengar menakutkan bagi sebagian pelamar. Terutama dari sisi pertanyaan yang diajukan. Takut tidak bisa mengerti pertanyaan dan takut tidak bisa menjawab. Hal ini bisa dibilang wajar, mengingat bahasa Inggris bukanlah bahasa sehari-hari kita.  

Bahkan, terkadang walau sudah mahir sekalipun terkadang bisa kikuk ketika interview  kerja bahasa Inggris. Tapi tenang saja, kali ini KitaLulus bakal kasih tips dan contoh pertanyaan wawancara dalam bahasa Inggris untukmu, simak ya!


Tips Wawancara Bahasa Inggris

Wawancara adalah hal yang diidam-idamkan para pencari kerja, namun juga menjadi tahap yang menakutkan bagi mereka. Saat wawancara biasanya tangan basah, perut terasa mual, hingga hati berdebar-debar. 

Semua itu hal yang umum ditemui karena merasa gugup, terlebih bila wawancara bahasa Inggris. Biasanya, perusahaan melakukan wawancara bahasa Inggris karena mereka ingin mengetahui sejauh mana penguasaan kamu terhadap bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. 

Tapi tenang saja! Beberapa tips wawancara kerja bahasa Inggris ini akan sangat berguna untuk kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi tahap wawancara dengan HRD agar bisa lolos!


1. Lakukanlah Riset Perusahaan dan Bidang yang Dilamar

Pertama, untuk menghadapi wawancara bahasa Inggris, lakukanlah riset kecil terkait bidang pekerjaan yang kamu lamar. Ketahui seluk beluk bidang tersebut. Tidak lupa juga lakukan riset tentang perusahaan. 

Riset kecil ini akan membantu kamu menjawab pertanyaan dengan tepat.  Dikarenakan kamu akan interview kerja bahasa Inggris, terjemahkan semua informasi yang telah kamu rangkum untuk dipelajari.  

Persiapan ini akan membuat diri kamu lebih siap dan HRD juga merasa terkesan dengan usahamu.


2. Belajar Pengucapan Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, salah pengucapan bisa menimbulkan makna yang berbeda, nah karena itu, pelafalan yang tepat menjadi nilai penting agar interview bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, sebelum hari-H ada baiknya kamu berlatih melafalkan beberapa kata bahasa Inggris agar tidak salah ucap dan lidah pun menjadi terbiasa. 


3. Cari Tahu Pertanyaan yang Biasa Ditanyakan

Cobalah untuk mencari tahu pertanyaan-pertanyaan seperti apa yang sering muncul dalam interview kerja bahasa Inggris. Kumpulkan dan catat dengan baik, setelah itu kamu bisa menyiapkan jawab terbaik untuk masing-masing pertanyaan. Cara ini bisa membuat kamu tidak kehilangan kata-kata atau kebingungan pada saat proses interview.


4. Pelajari Kata Bahasa Inggris yang Efektif

Susunlah jawaban interview dengan bahasa formal yang efektif. Jawaban interview tidak perlu menggunakan kalimat yang panjang. Ini bisa membantumu mengurangi kesalahan, selain itu juga membuat HRD kesulitan menangkap maksud dari kalimat yang kamu sampaikan.


5. Latihan Berkali-kali

Luangkan waktu untuk latihan interview agar kamu tidak merasa gugup dalam menghadapi interview. Kamu bisa berlatih bersama keluarga atau teman. Cobalah latihan artikulasi pengucapanmu, gaya bahasa, bahasa tubuh, dan lainnya. Bila perlu, rekam semua proses latihan agar mengetahui mana yang harus diperbaiki.



BACA JUGA: 10 Contoh Soal Psikotes Gratis Beserta Jawabannya


Contoh Pertanyaan Wawancara Bahasa Inggris

Bila wawancara bahasa Inggris adalah pengalaman pertamamu, mungkin kamu belum mendapatkan gambaran seputar pertanyaan apa saja yang biasanya muncul dalam interview kerja bahasa Inggris. Berikut ini beberapa contoh pertanyaan yang biasanya diajukan HR. 


1. Tell me about yourself (Ceritakan tentang diri kamu)

Pertanyaan wawancara bahasa Inggris satu ini sering ditanyakan dalam interview. Ketika kamu mendapatkan pertanyaan satu ini, cobalah jawab dengan singkat dan jujur. Kamu bisa bercerita tentang dirimu, atau pendidikan, hobi bahkan pengalaman pribadi dalam bekerja.


Contoh jawaban:

I’ve been working as a junior chef at a fast food restaurant for 3 years and my duties included assisting the head chef and preparing food. I have always been interested in food and cooking which was why I chose to follow this career path. I studied at Buana college, where I gained my first level cooking diploma.


2. Describe yourself in five words (Deskripsikan dirimu dalam lima kata)

Tidak jarang, untuk mengetahui kandidat mengenal dirinya dengan baik atau tidak, HRD juga akan menanyakan hal ini. Pertanyaan ini cukup menjebak, jadi saat menjawab pertanyaan ini, tunjukan bahwa kamu adalah pekerja yang memiliki kompetensi beragam. 


Contoh jawaban

I am driven, dependable, creative, organized, and results-oriented. I enjoy looking for new ways to achieve project milestones and collaborating with others to make that happen. I always push for the best results in my assigned tasks.


3. What are your strengths and weaknesses? (Apa kelebihan dan kekurangan kamu?)

Jika kamu mendapati pertanyaan wawancara bahasa Inggris ini, cobalah untuk cobalah untuk menonjolkan sifat unik yang kamu miliki. Bicarakanlah keterampilan yang kamu miliki yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Jangan hanya sebutkan saja, tapi berikan juga contohnya.

Ketika membicarakan apa kekuranganmu, katakan saja dengan jujur. Katakan salah satu kekurangan dan bagaimana kamu mengatasi hal tersebut. 


Contoh jawaban:

When I work, I always take the initiative. In a previous project that I worked on with my team, I was able to adjust my time so that there weren’t any gaps in the project. I believe that in order to achieve any goal in life, these qualities are very important.

I sometimes am slower in completing my tasks compared to others because I really want to get things right. I will double or sometimes triple-check documents and files to make sure everything is accurate. 


4. Why do you want this job? (Mengapa kamu menginginkan pekerjaan ini?)

Pertanyaan wawancara kerja bahasa Inggris ini juga sering ditanyakan dalam wawancara bahasa Indonesia. Tujuannya, HRD ingin mengetahui apakah kamu mengetahui perusahaan dan berpikir secara matang ketika melamar. Bukan hanya asal melamar tanpa tahu apa yang akan kamu kerjakan.


Contoh jawaban:

Finding a company with a positive work environment and values that align with my own has remained a priority throughout my job search and this company ranks at the top of the list.


5. What are you goals for the future? (Apa tujuan Anda untuk masa depan?)

Ketika mendapatkan pertanyaan ini, coba tunjukan bahwa kamu telah merencanakan cara berkembang bersama perusahaan, baik sebagai karyawan maupun juga sebagai individu. Jawaban ini akan membedakan kamu dari kandidat lainnya yang kebanyakan menjawab tujuan umum.


Contoh jawaban:

My goal is to ideate and develop products that will make a positive change in the lives of consumers. My goal is in line with the vision of this company to continue to innovate to improve products and services.


6. How do you handle pressure at work? (Bagaimana kamu mengendalikan tekanan kerja?)

HRD ingin mengetahui, seberapa baikkah kamu mengendalikan kondisi penuh tekanan di lingkungan kerja.Untuk menjawab pertanyaan ini, coba berikan contoh yang jelas bagaimana kamu dalam menghadapi stress di tempat kerja dengan kompeten. 


Contoh jawaban:

I can control work pressure well. Usually, when I am dealing with stress at work, I will take a moment to calm my mind. Usually I will do yoga, it really helps me to be more positive and calm.


7. Tell me about your education (Ceritakan tentang pendidikanmu)

Pertanyaan satu ini juga bersifat umum dalam interview terutama bagi fresh graduate, tujuannya adalah untuk mengenal latar belakang kamu lebih jauh. Cobalah ceritakan tentang pendidikan yang kamu ambil dan apa yang kamu pelajari dan aktivitas ekstrakurikuler atau organisasi yang kamu ikuti.


Contoh jawaban:

I graduated from the Faculty of Business and Economics Buana University, majoring in management. There, I learned a lot about marketing, finance, human resources, and operations management.

I also joined some clubs to improve my soft skills and competitions.


8. What is your dream job? (Apa pekerjaan impianmu?)

Pertanyaan ini juga sering diajukan untuk mengetahui apakah kandidat benar-benar ingin bekerja di posisi yang ia lamar, bukan hanya sekadar ingin bekerja saja.


Contoh jawaban:

I am very interested in the world of marketing. Being able to formulate strategies that can increase sales and jump right into it is my dream job.


9. Why did you leave your previous job? (Mengapa kamu meninggalkan pekerjaan sebelumnya?)

Kamu harus menjawab pertanyaan satu ini dengan hati-hati. Meski mungkin kamu memiliki alasan negatif tapi cobalah berikan jawaban senetral mungkin. Hindari untuk menjelek-jelekan perusahaan sebelumnya.


Contoh jawaban

I was very fortunate to be hired by ABC Company. They taught me a lot about digital marketing, and it's been stimulating to work as a contributor to their creative teams.

But I think, I still need to learn and develop again in a new environment so that my experience becomes richer.



10. Why should we hire you? (Mengapa kami perlu memilih kamu untuk pekerjaan ini?)

Biasanya, ini adalah pertanyaan penutup wawancara. Pertanyaan ini menjadi kesempatan kamu untuk menunjukan bahwa kamu merupakan kandidat yang berbeda dari yang lainnya. Coba simpulkan bahwa kamu memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi tersebut, tegaskan minatmu terhadap pekerjaan tersebut, dan tunjukkan bahwa kamu bisa menjadi aset perusahaan.


Contoh jawaban:

I think I am the candidate this company needs, with the work experience that I have. Leading cross-functional teams has sharpened my collaborative, communication, and analytical skills. It has allowed me to effectively manage employees with different work styles to achieve their tasks and goals. I feel that’s an asset for someone who would be in this high-level position.


Wawancara memang menjadi tahap mendebarkan, tapi bila dipersiapkan sebaik mungkin, semuanya bisa berjalan lancar kok. Bila kamu mungkin di-ghosting oleh HR setelah wawancara, jangan sedih itu tandanya mungkin kamu perlu melamar pekerjaan melalui aplikasi KitaLulus. Di aplikasi KitaLulus, lamaran kamu akan langsung masuk ke WhatsApp HR sehingga lebih mudah untuk follow-up. Selain itu, semua lowongan juga sudah terverifikasi sehingga dijamin aman.

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!