Gaji Kurir Anteraja 2022, Jam Kerja, dan Cara Daftarnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Gaji Kurir Anteraja— Pernah mendengar ekspedisi bernama Anteraja? Ekspedisi ini banyak digandrungi oleh user yang gemar melakukan belanja online. Hal ini dikarenakan Anteraja menyediakan penjemputan barang dengan mudah. Lantas, berapa ya gaji kurir Anteraja seiring dengan ekspansi ekspedisi ini dalam bekerja sama dengan ecommerce?

Seperti yang kita ketahui bersama, perkembangan teknologi membuat segala hal menjadi mudah dilakukan, termasuk berbelanja. Semakin banyak user yang berbelanja, proses pengantaran barang tentu saja semakin tinggi. Namun, sebenarnya bagaimana sih pola kerja kurir Anteraja? 

Di artikel ini, KitaLulus akan menjelaskan bagaimana jam kerja kurir Anteraja, syarat menjadi kurir, dan cara daftarnya. Jika kamu berminat untuk bidang kerja ini, yuk simak artikel hingga akhir!

BACA JUGA: Profesi Supir Kian Digemari, Ini Syarat, Tugas, dan Gajinya

Kurir Anteraja Bernama SATRIA

Apakah kamu tahu bahwa kurir Anteraja disebut SATRIA? Penyebutan ini ternyata sebuah akronim, lho. Kepanjangan dari SATRIA adalah Sigap, Aman, Terpercaya, Ramah, Integritas, dan Amanah. Sebutan ini tentu saja sekaligus motto Anteraja yang akan selalu menjaga paket customer aman hingga sampai ke tangan.

SATRIA biasanya menggunakan jaket berwarna merah muda bercorak kuning. Mereka akan menggunakan aplikasi untuk melakukan checking pada paket customer saat pengambilan paket. 

Jika kemudian customer memiliki kendala dalam produk yang diantarkan oleh SATRIA, customer bisa melakukan mengeluhkan kendala kepada customer service Anteraja.

Jenis Kurir Anteraja

Anteraja memiliki 3 jenis kurir berdasarkan tugas khususnya. Ketiga jenis kurir tersebut bisa kamu simak di penjelasan berikut ini.

1. Kurir Sprinter

Sprinter SATRIA ada dua jenis, yaitu yang mengantar paket dari customer ke kantor cabang Anteraja terdekat. Yang kedua adalah sprinter SATRIA yang menganter paket ke rumah penerima masing-masing.

2. Kurir Ekspedisi

Kurir ekspedisi nantinya akan mengirimkan paket dalam jumlah besar dari kantor cabang Anteraja satu ke kantor cabang lainnya di dalam maupun luar kota. Kurir ini akan menggunakan mobil box.

3. Kurir Khusus

Kurir khusus ini biasanya menggunakan pesawat terbang. Pengiriman paket yang dikerjakan adalah kepada pihak lain yang melakukan kerja sama khusus dengan Anteraja.

Tugas & Jam Kerja Kurir Anteraja

Jam kerja kurir anteraja

Dari ketiga jenis SATRIA di atas, mereka memiliki satu scope job deskripsi yang sama, yaitu sebagai berikut:

  • Menyiapkan formulir yang berisi keterangan pengirim, penerima, dan informasi isi paket.
  • Melakukan proses penyortiran paket jika dibutuhkan.
  • Menjemput paket dari pengirim ke kantor cabang Anteraja terdekat.
  • Mengirimkan sebanyak 50–80 paket dalam sehari ke alamat tujuan penerima.
  • Membuat daftar paket yang sudah dikirim untuk di-input ke dalam database Anteraja.

Jam kerja kurir Anteraja adalah dari Senin hingga Minggu. Libur akan dilakukan dengan sistem shifting dengan kurir lain. Jam operasional yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Jam kerja kurir Sprinter SATRIA : Senin–Minggu pukul 08.00–20.00 WB.
  • Jam kerja kurir Ekspedisi SATRIA : Senin–Minggu 24 jam.

BACA JUGA: Syarat Penting Menjadi Supir Pribadi yang Profesional | Kisaran Gajinya Lumayan, lho!

Gaji Kurir Anteraja dan Tunjangannya

Gaji kurir Anteraja tidak sama di setiap daerah. Nominal gaji pokok yang diberikan mengacu pada UMP setiap provinsi masing-masing. Sekarang, gaji kurir Anteraja berkisar Rp2.500.000 hingga Rp3.500.000.

Tidak hanya gaji pokok, kurir Anteraja juga akan mendapatkan beberapa fasilitas lainnya, yaitu: 

  • Insentif atau bonus pemenuhan target pengiriman
  • Biaya perawatan kendaraan
  • Uang makan harian
  • Uang transport

Salah satu contoh gaji kurir Anteraja di wilayah Semarang. Mereka mendapatkan gaji pokok sebesar Rp2.810.025. Nominal tersebut belum termasuk tunjangan, uang makan, uang transport, dan bonus lainnya.

Syarat Daftar Kurir Anteraja

Untuk kamu yang ingin menjadi kurir Anteraja, kamu harus memenuhi syarat yang ditentukan oleh perusahaan. Selengkapnya tentang syarat daftar kurir Anteraja adalah sebagai berikut:

  • Memiliki KTP aktif.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Pria/Wanita.
  • Umur maksimal 45 tahun.
  • Pendidikan minimal SMP.
  • Memiliki SIM C/SIM A aktif.
  • Memiliki kendaraan bermotor roda dua yang masih bisa dioperasikan (minimal keluaran tahun 2012 dan tidak dimodifikasi).
  • Memiliki handphone dengan kapasitas yang sesuai (sistem operasi minimal 4.4 dan RAM 2 GB)

Cara Daftar Kurir Anteraja

Cara daftar kurir anteraja

Cara daftar menjadi kurir Anteraja memiliki 3 cara, yaitu:

1. Daftar melalui Situs Resmi Anteraja

Untuk pendaftaran melalui website Anteraja, kamu bisa mencermati langkah-langkah berikut ini.

  • Akses website https://anteraja.id/career-details/3/Satria.
  • Pilih posisi yang diinginkan dengan cara mengeklik pada bagian Satria/Kurir lalu klik Daftar.
  • Isi formulir dengan lengkap lalu masukkan data-data yang dibutuhkan.
  • Pastikan semua data sudah benar.
  • Lalu unggah curriculum vitae terbaru atau surat lamaran yang disyaratkan.
  • Klik Lanjut untuk mengirimkan formulir pendaftaran yang diisi.

2. Daftar melalui Aplikasi KitaLulus

Kamu bisa mencari informasi lowongan kerja menjadi kurir Anteraja di aplikasi KitaLulus. Caranya mudah. Kamu cukup instal aplikasi KitaLulus melalui Playstore lalu lakukan registrasi akun dengan hanya masuk ke akun Google kamu.

Nantinya, kamu bisa langsung mencari “kurir Anteraja” di bagian pencarian lowongan kerja. Akan ada beberapa peluang di posisi tersebut dari berbagai cabang Anteraja. Nah, kamu tinggal pilih sesuai kota tujuan yang kamu inginkan.

3. Daftar secara Offline

Untuk pendaftaran offline kamu hanya perlu mendatangi kantor cabang Anteraja terdekat dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan. Namun, kamu harus memastikan bahwa kantor cabang tersebut memang membuka pendaftaran kurir ya.

Itulah berbagai informasi tentang kurir Anteraja. Setelah mengetahui gaji kurir Anteraja tersebut, apakah kamu ingin menjadikan kurir Anteraja sebagai bidang kerja yang kamu targetkan? Yang pasti, kamu bisa melakukan pendaftaran menjadi kurir Anteraja di aplikasi KitaLulus ya.

Di aplikasi KitaLulus juga memiliki lebih dari 50.000 lowongan kerja. Kamu bisa melakukan filter loker menggunakan nama posisi, nama perusahaan, atau kota yang kamu inginkan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa kok untuk melakukan pemilihan lowongan kerja berdasarkan gaji tertinggi atau sistem kerja yang kamu inginkan, seperti full time, freelancer, atau work from home.

Yuk, segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Dengan KitaLulus, kamu akan #LebihMudah dalam mendapatkan karir impian!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!