Ingin Menjadi MC Profesional? Ini Tugas, Gaji, dan Tipsnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Master of ceremony atau MC adalah sebutan untuk seseorang yang bertugas memandu jalannya acara. Dalam bidang pekerjaan ini, kemampuan public speaking tentu saja menjadi syarat utama jika ingin menjadi MC.

Nah, kalau kamu tertarik berkarir menjadi seorang MC, maka kamu sebaiknya simak dulu artikel berikut. Akan dijelaskan seputar apa itu master of ceremony (MC), tugas pokok, hingga tipsnya.

Apa Itu Master of Ceremony?

Dalam suatu acara tentu saja dibutuhkan seorang MC agar rangkaian acara bisa berjalan lancar. Ibaratnya, MC adalah kepala acara yang wajib ada.

Jadi, apa itu master of ceremony atau MC?

MC adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab memimpin acara dalam suatu pertemuan, upacara, panggung pertunjukan, hiburan, dan sebagainya. MC juga akan menginformasikan segala hal terkait kegiatan atau acara yang dibawakannya.

Pemilihan MC biasanya tidaklah sembarangan, terlebih jika acaranya berskala besar. Seseorang yang sudah terbiasa dalam memandu acara akan jauh lebih baik dibanding hanya asal pilih.

Biasanya, jika begini, anggaran yang disiapkan untuk MC juga tidak main-main, lho. Ini akan kita bahas lebih lanjut di bagian informasi gaji MC, ya.

Macam-macam Istilah Pemandu Acara Lainnya

Sama-sama bertugas memandu alur sebuah acara, tetapi banyak istilah yang digunakan. Selain MC, ada banyak sebutan untuk seseorang dengan pekerjaan ini. Berikut di antaranya.

1. Pembawa Acara

Istilah lain yang umum selain MC adalah pembawa acara. Istilah ini hanya translate dari istilah MC dan lainnya yang menggunakan bahasa asing.

Istilah pembawa acara lazim digunakan untuk acara besar resmi. Beberapa acara pemerintahan dan kenegaraan akan menggunakan istilah berikut, termasuk ketika upacara.

2. Host

Acara hiburan di TV, seminar, dan webinar biasanya akan menggunakan istilah host untuk menyebut pembawa acaranya. Jika diartikan secara literal, host berarti tuan rumah.

Merujuk pada pengertian ini, dapat dipahami bahwa acara yang dipandu host seolah menjadi rumahnya dan peserta acara adalah tamu yang harus dia sambut.

Seperti halnya  sebuah webinar, biasanya host berasal dari tim yang mengadakan webinar, bukan orang luar.

3. Presenter

Istilah selanjutnya di samping MC adalah presenter. Istilah berikut sering digunakan di acara-acara TV dan media lainnya. Acara yang dipandu biasanya adalah berita (disebut sebagai news anchor) dan acara radio (disebut sebagai announcer).

Pengertian presenter adalah seseorang yang harus presenting sesuatu. Jadi, penyebutan ini juga berlaku pada presentasi yang membutuhkan penayangan materi.

Baca juga: 10 Tips Pembukaan Presentasi dan Contoh Kalimatnya

4. Protokoler

Protokoler menjadi sebutan dari pemandu acara di tingkat berbeda. Ini karena acara yang harus dijaga biasanya setingkat pemerintahan dan sifatnya sangat resmi.

Protokoler akan berhubungan langsung dengan para pejabat, mulai dari presiden, menteri, hingga kepala daerah lainnya. Ia juga harus memastikan semua protokol dibuat dengan baik supaya tidak ada bahaya sehingga acara dapat berjalan lancar dan aman.

Tugas MC

tugas mc

Kita tahu bahwa tugas pokok MC adalah memandu acara. Namun, selain itu masih ada beberapa tugas MC lainnya, seperti:

  1. Membuat rancangan alur acara dari awal hingga akhir.
  2. Melakukan rehearsal atau latihan, pada umumnya di H-1 acara, supaya seluruh pihak memahami alur acara yang dibuat MC.
  3. Membuka acara dengan baik sesuai waktunya.
  4. Menyambut para tamu penting dan audiens lainnya sebagai penghormatan awal setelah acara dibuka.
  5. Menjelaskan rundown acara sehingga seluruh tamu mengetahui setiap tahapan acara yang sedang berlangsung.
  6. Memastikan seluruh rangkaian acara berlangsung sesuai tenggat waktu yang ditentukan sehingga nantinya acara selesai tepat waktu.
  7. Berkoordinasi dengan tim acara dan panitia lain jika terjadi kendala teknik.
  8. Mencairkan suasana supaya seluruh audiens tetap fokus dengan alur acaranya.
  9. Berdialog dengan audiens jika memang dibutuhkan dan bukan acara resmi.

Baca juga: Pendapatan Besar, Ini Dia 12 Pekerjaan Ilmu Komunikasi Terbaik 2022

Syarat Menjadi MC

Mungkin awalnya kamu berpikir bahwa untuk menjadi MC adalah harus memiliki kepribadian ekstrovert. Padahal faktanya tidak demikian. Kepribadian seseorang tidak menentukan apakah bisa menjadi MC atau tidak.

MC adalah tentang pembawaan diri dalam memandu acara, sedangkan kepribadian seperti extrovert atau introvert adalah tentang bagaimana seseorang mendapatkan energinya kembali.

Jadi, asal kamu memiliki keinginan untuk menjadi MC, tidak masalah jenis kepribadianmu apa. Berikut syarat menjadi MC yang perlu kamu pelajari.

  1. Memiliki kepercayaan diri yang baik.
  2. Ramah dan memiliki etika yang sopan.
  3. Problem solver.
  4. Kreatif dan mampu membaca situasi dengan baik untuk mencairkan suasana.
  5. Memiliki pengalaman yang baik.
  6. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
  7. Pandai mengatur waktu.
  8. Memiliki manajemen emosi yang baik.
  9. Tegas.

Tips Menjadi MC Profesional

Sebagai pemula, kamu dapat mengikuti beberapa tips menjadi MC yang baik berikut.

  1. Lakukan riset tentang acara yang akan kamu pandu, bisa bertanya ke panitia atau riset sendiri dari acara-acara sebelumnya jika memang acara tersebut sudah pernah dilakukan.
  2. Saat ditunjuk menjadi MC, cari tahu tamu yang datang berasal dari mana saja dan siapa saja tamu penting untuk nantinya diberi sambutan secara khusus.
  3. Murah senyum, jangan biasakan cemberut atau memasang muka datar.
  4. Lakukan latihan time management dengan baik.
  5. Berlatih untuk fokus dan konsentrasi.
  6. Perluas wawasan.
  7. Pahami setiap rangkaian acaranya untuk kemudian kamu buat summary sebagai bridging ke acara selanjutnya dan simpulan di akhir acara.
  8. Aktif menyapa penonton jika acaranya informal.
  9. Perhatikan body language supaya enak dilihat.
  10. Berlatih secara rutin tentang pernapasan hingga artikulasi karena pada umumnya durasi memandu acara cukup lama.
  11. Jangan gugup dan tetap fokus.
  12. Berkolaborasi dengan baik jika kamu memiliki pasangan MC.
  13. Menjaga kerja sama yang baik dengan tim panitia.

Proyeksi Karir MC dan Informasi Gaji Terbarunya

Karir MC akan selalu ada di masa depan berbanding lurus dengan banyaknya acara yang terselenggara. Namun, mungkin media yang digunakan akan berbeda.

Sejak Covid-19 muncul, penyelenggaraan acara mengalami peralihan dari offline ke online. Jadi, ke depannya bisa saja kerja MC online, offline, atau hybrid.

Pada konsep hybrid biasanya MC akan diundang ke tempat acara dan melakukan presenting seperti melakukan tugas MC pada umumnya, tetapi tidak ada penonton sama sekali, kecuali tim panitia.

Peserta akan berada di rumah masing-masing yang mana mereka menyimak melalui Zoom atau Google Meet. Tanya-jawab akan dilakukan melalui kolom chat yang akan disampaikan MC kepada pembicara.

Kemudian secara umum MC adalah seorang yang akan bekerja sendiri, yaitu sebagai freelancer, sehingga mereka akan mendapatkan bayaran per acara.

Rata-rata bayaran atau gaji MC adalah Rp400.000–Rp8.000.000. Nominal ini bisa bertambah seiring dengan pengalaman dan reputasi MC.

Baca juga: Ini Dia 8 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi untuk Wanita di 2022 & Jurusan Kuliahnya

Berkarir sebagai MC adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Apakah kamu juga tertarik menekuni profesi ini? Jika iya, maka kamu harus terus berlatih dan membiasakan diri berkomunikasi dengan baik mulai dari sekarang.

Untuk melatih kemampuan menjadi MC, kamu bisa lho bergabung di komunitas. Kamu dapat meminta pendapat dan berlatih dari pengalaman MC lainnya.

Berbicara tentang komunitas untuk melatih kemampuan suatu pekerjaan, KitaLulus juga memiliki fitur Komunitas di aplikasi KitaLulus. Ada 30+ komunitas yang bisa kamu ikuti sesuai bidang yang ingin kamu kuasai lebih lanjut.

Cara bergabung dengan komunitasnya bagaimana? Mudah, kok. Kamu cukup instal aplikasi KitaLulus di PlayStore. Masuk ke akun kamu dengan cara log in ke akun email Google aktif. Setelah itu, klik Komunitas di bagian bawah dan pilih join atau bergabung.

Tak hanya itu saja, aplikasi KitaLulus juga bisa kamu gunakan untuk mengakses informasi loker sebanyak 50.000+ dari berbagai perusahaan di Indonesia.

Yuk, langsung saja instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan dapatkan pengalaman mencari kerja serta menambah kemampuan dengan #LebihMudah dan menyenangkan!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!