Close Pop up

Pramuniaga Adalah: Tugas, Skill, Syarat Melamar, dan Gaji

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Pramuniaga adalah seseorang yang akan membantu pelanggan ketika membeli barang di sebuah toko. Perannya begitu penting bagi perusahaan karena bisa membantu meningkatkan penjualan.

Pahami tugas pramuniaga, skill yang harus dimiliki, syarat melamar, dan informasi gajinya dengan detail di artikel ini, yuk!

Apa Itu Pramuniaga?

Secara sederhana, pramuniaga adalah posisi yang akan membantu perusahaan berjualan. Pengertian ini bisa dipahami secara literal melalui kata yang membentuknya, yaitu “pramu” dan “niaga”.

Dalam KBBI, “pramu” merupakan suku kata yang terikat dengan arti “seseorang yang bekerja di bidang jasa”. Sedangkan “niaga” adalah kegiatan jual beli untuk mendapatkan untung.

Jadi, dalam pengertian asli dari kata pembentuknya, pramuniaga adalah seseorang yang bekerja di bidang jual beli atau dagang sehingga nantinya akan mendapatkan keuntungan.

Akan tetapi, pramuniaga bukanlah sosok yang berdagang, melainkan hanya membantu produk tersampaikan kepada pelanggan yang datang supaya terjual. Produk terjual memang tujuan akhir, tetapi menjual produk bukanlah tugas utama pramuniaga.

Bisa dibilang, pramuniaga bukanlah sales representative, sales advisor, ataupun sales counter. Pramuniaga adalah sales associate.

Baca Juga: Mengenal Sales Executive: Pengertian, Tugas, Skill hingga Gaji yang Didapatkan

Tugas Pramuniaga

Salah satu tugas pramuniaga adalah memahami suatu produk dengan baik. Jadi, meskipun mereka tidak memiliki kewajiban untuk mencapai suatu target jual, tetapi mereka harus bisa membantu customer yang kebingungan memahami kegunaan suatu produk.

Lebih lengkapnya, berikut adalah tugas pramuniaga secara umum.

1. Menata Produk

Tugas dan tanggung jawab pramuniaga adalah menata produk dengan baik. Penataan produk yang cantik akan membuat pengunjung betah di sana. Selain itu, mereka juga harus paham mana produk yang sedang tren dan mana produk yang kurang diminati.

Biasanya, produk-produk yang sedang dicari harus diletakkan di tempat yang mudah dilihat. Strategi peletakan produk tersebut diharapkan bisa meningkatkan penjualan produk yang ada.

2. Pendataan Produk

Pramuniaga harus rajin mengecek keadaan dan jumlah produk yang ada di toko serta gudang. Dengan demikian, tidak ada kerugian yang ditimbulkan dari kecolongan jumlah produk.

3. Product Knowledge

Akan selalu ada customer yang pasti bertanya tentang produk, baik itu kegunaan, di mana letak produk tertentu, hingga bingung memilih produk sesuai kebutuhan mereka. Nah, di sinilah tugas pramuniaga dibutuhkan.

Mereka harus tahu dengan baik tentang product knowledge sehingga bisa dengan mudah memberikan edukasi dan penjelasan kepada customer.

4. Promotion Knowledge

Tidak hanya tentang pengetahuan produk, pramuniaga harus hafal ada promo apa saja di setiap saatnya. Bagaimanapun, sistem promo adalah strategi untuk meningkatkan penjualan atau menghabiskan stok barang.

Maka dari itu, setiap customer yang datang harus tahu tentang promo tersebut. Dan pramuniaga lah yang bertugas memberikan penjelasan kepada pengunjung.

5. Menjaga Kebersihan Toko

Berikutnya yang menjadi tugas pramuniaga yaitu senantiasa menjaga kebersihan dan kerapian toko. Sehingga customer yang datang akan nyaman selama melihat-lihat dan membeli barang.

Baca Juga: Syarat Menjadi Sales dan Teknik Negosiasi yang Dibutuhkan

Syarat Menjadi Pramuniaga

Syarat Menjadi Pramuniaga

Tidak ada syarat khusus untuk menjadi pramuniaga. Banyak toko atau brand yang akan merekrut seseorang dengan pendidikan minimal SMP hingga SMA/SMK/atau sederajat. Untuk brand besar, jenjang pendidikan juga tidak dikhususkan untuk suatu jurusan sehingga sangat fleksibel untuk dilamar siapa pun.

Akan tetapi, sebagai pramuniaga yang bertugas di bagian depan dan selalu bertemu customer, kamu harus memiliki penampilan menarik dan ramah. Jadi, pengunjung yang datang tidak akan sungkan untuk bertanya.

Kemudian pramuniaga juga harus menguasai beberapa kemampuan lain, seperti:

Apa Saja Wewenang Pramuniaga?

Setiap karir tidak hanya memiliki kewajiban yang harus dijalankan dengan sepenuh hati, tetapi juga hak yang harus didapatkan. Sebagai pramuniaga, selain berhak mendapatkan gaji, mereka juga berwenang untuk melakukan hal-hal berikut:

  1. Mendapatkan penjelasan tentang product knowledge dari rekan kerja atau atasan yang bertugas.
  2. Memberikan usulan terhadap tampilan rak toko atau display product sehingga bisa lebih menarik customer.
  3. Mengajukan fasilitas tambahan untuk mendukung pekerjaan pramuniaga lebih mudah.

Gaji Pramuniaga

Bicara tentang gaji pramuniaga, rata-rata ada di kisaran Rp2.000.000–Rp4.500.000. Tapi tentu saja ini bergantung pada masing-masing perusahaan dan lokasi kamu bekerja. Sebab, biasanya gaji tersebut akan mengikuti upah minimum kabupaten/kota.

Lowongan Kerja Pramuniaga

Ada banyak perusahaan yang membuka lowongan pramuniaga. Perusahaan tersebut juga berasal dari penjualan yang berbeda-beda, seperti mainan, parfum, makanan, pakaian, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menemukan ratusan hingga ribuan lowongan kerja tersebut di aplikasi KitaLulus.

Cukup menginstal aplikasi KitaLulus lalu lakukan registrasi hanya dengan masuk ke akun Google kamu yang aktif. Setelah itu kamu bisa mencari loker yang kamu inginkan di kolom pencarian. Kamu bisa filter berdasarkan jenjang pendidikan, jenis kelamin, lokasi kerja, hingga kisaran gaji.

Ingin dapat kerja dengan cepat? Yuk lamar melalui KitaLulus sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!