Mengenal Sales Promotor, Tugas, Skill, dan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Promotor adalah— Secara umum, promotor adalah seseorang yang akan bertugas untuk menjadi penggerak untuk menyukseskan suatu acara atau peristiwa. Dengan kata lain, promotor adalah pendukung hingga yang memberikan sebaran informasi secara menyeluruh kepada masyarakat luas.

Sebenarnya, ada berbagai jenis promotor, antara lain misalnya:

  1. Promotor dalam ranah pendidikan yang biasanya menjadi pengarah atau rekomendasi kepada seseorang yang ingin mengambil gelar doktor.
  2. Promotor suatu acara, nantinya akan bertugas untuk mengatur suatu acara, seperti acara musik, olahraga, festival, dan lain sebagainya.
  3. Promotor dalam suatu perusahaan, bertanggung jawab untuk menjadi penganjur dalam suatu usaha.
  4. Promotor dalam bidang marketing, akan berperan untuk memberikan promosi dan menyebarluaskan suatu produk kepada masyarakat luas yang menjadi target pasar produk tersebut.

Di artikel ini, KitaLulus akan secara khusus membahas promotor dalam bidang marketing atau yang biasanya disebut sebagai sales promotor.

Apa itu sales promotor dan bagaimana tugasnya? Apakah cukup menawarkan produk kepada calon customer? Dan adakah keahlian khusus yang harus dikuasai untuk menempati posisi karir ini?

Untuk memahami lebih lanjut tentang sales promotor, kita simak artikel dari KitaLulus ini yuk. Akan dibahas dengan lebih mendapat bagaimana dan apa saja yang harus dipelajari sehingga bisa menjadi sales promotor yang profesional.

Pengertian Sales Promotor

sales promotor adalah

Nama lain dari sales promotor adalah sales promotion dan sales representative. Posisi ini sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan yang memiliki produk berupa barang dan harus menjualnya sesuai target yang ditetapkan.

Jadi, dengan demikian, sales promotor adalah seseorang yang akan memberikan informasi terkait brand atau produk kepada target pasar sehingga mereka mengetahui kehadiran brand atau produk tersebut.

Sales promotor tentu saja termasuk ke dalam bagian dari tim marketing suatu perusahaan. Nantinya, mereka akan bekerja sama dengan posisi di tim marketing lainnya sehingga dapat menggapai target pasar secara tepat sasaran. 

BACA JUGA: 7 Jenis Gaya Komunikasi yang Wajib Kamu Ketahui, Penting untuk Karir!

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Promotor

tugas sales promotor adalah

Apa sih tugas dan tanggung jawab secara pokok dari posisi sales promotor ini? Secara sederhana, sales promotor adalah seseorang yang menempati posisi marketing di bagian offline. Nantinya, mereka harus meningkatkan awareness brand atau produk dengan cara menghampiri customer atau calon customer secara langsung untuk menawarkan produk.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak tugas dan tanggung jawab sales promotor berikut ini.

  • Melakukan kolaborasi dengan beberapa pihak untuk mengadakan promosi secara langsung kepada customer.
  • Melakukan survei secara langsung ke customer tentang kebutuhan produk serta saran dan kritik kepada produk perusahaan.
  • Memberikan penjelasan tentang produk perusahaan ke customer sehingga awareness meningkat.
  • Membuat rencana promosi yang menarik di suatu event ketika melakukan kolaborasi sehingga bisa menggaet customer lebih luas.
  • Menyiapkan sebuah display atau booth produk dalam suatu event atau acara kolaborasi lainnya sehingga menarik perhatian pengunjung.
  • Menghubungi target-target market sehingga bisa langsung melakukan reach out secara langsung.
  • Menjaga hubungan baik dengan customer sehingga bisa menjadikan mereka sebagai loyal customer.
  • Membuat rencana promosi yang menarik dalam tahap selanjutnya pada produk lain yang belum memiliki impresi yang tinggi supaya memiliki jumlah penjualan yang setara dengan produk yang sudah tinggi penjualannya.
  • Memberikan edukasi kepada customer yang melakukan komplain dan nantinya diteruskan kepada divisi yang terkait.
  • Membuat laporan terkait penjualan.

Skill yang Dibutuhkan Promotor

Dengan tugas yang kompleks, kamu harus memiliki skill tertentu sehingga bisa menjadi sales promotor yang profesional. Skill yang harus kamu kuasai tersebut adalah:

  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Dalam melakukan negosiasi dengan baik.
  • Memiliki kemampuan customer service yang baik.
  • Dapat melakukan deep research dan fast learning di berbagai situasi.
  • Manajemen emosi yang baik.
  • Bisa bekerja secara individu maupun tim sehingga bisa berkolaborasi dengan baik.
  • Memahami tren terkini terkait produk dan kompetitor.
  • Memiliki networking yang luas.
  • Bisa mencapai penjualan sesuai target.
  • Customer centric.
  • Memiliki manajemen waktu yang baik.
  • Dapat memahami product knowledge dengan baik.

Gaji Promotor di Indonesia

gaji sales promoter di indonesia

Dikarenakan penggolongannya dalam divisi marketing, gaji promotor di Indonesia dapat terdiri atas tiga hal, yaitu: gaji pokok, komisi penjualan, dan bonus. Terkait dengan gaji pokok, rata-rata sales promotor di Indonesia memiliki gaji Rp2.500.000 hingga Rp5.000.000 tergantung daerah bekerja.

Sementara itu, untuk komisi penjualan dan bonus, jumlah yang diterima promotor sesuai kebijakan perusahaan. Bahkan, ada beberapa jenis perusahaan yang berani memberikan komisi penjualan dan bonus lebih besar dari gaji pokok, misalnya perusahaan properti, alat berat, dan pembangunan.

BACA JUGA: Pengertian Komunikasi Pemasaran, Tujuan, Peran, dan Contohnya

Itulah hal-hal yang bisa kamu pelajari untuk dapat menjadi sales promotor yang baik sehingga bisa melakukan tugas yang sesuai kebutuhan perusahaan. Pada umumnya, sales promotor adalah posisi yang tidak bisa digantikan sehingga sangat penting dimiliki oleh suatu perusahaan yang butuh melakukan closing penjualan dengan baik dan cepat. Jadi, kamu benar-benar harus memahami tugasnya dengan baik ya.

Jika sekarang kamu sedang mencari pekerjaan di posisi ini, kamu bisa menggunakan aplikasi KitaLulus. KitaLulus memiliki 50.000+ informasi lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia yang bisa kamu akses secara gratis.

Seluruh perusahaan yang terdaftar di aplikasi KitaLulus telah diverifikasi oleh tim sehingga terjamin kebenarannya. Tidak akan ada informasi loker palsu yang menipu pelamar. Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk melamar kerja di aplikasi KitaLulus.

Tidak hanya itu, di aplikasi KitaLulus juga memiliki fitur Komunitas. Di dalamnya, kamu bisa saling berbagi ilmu dengan anggota komunitas lain sehingga bisa saling menambah informasi baru dan memperluas networking. Ada 30 lebih komunitas yang bisa kamu pilih sesuai bidang keahlian yang kamu minati ya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera instal aplikasi KitaLulus melalui Playstore. Dapatkan kemudahan menemukan karir impian kamu hanya dalam genggaman!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!