Apa Itu Side Hustle, Bedanya dengan Side Job, Tips Memulainya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Sudah memiliki pekerjaan full time, tetapi ingin menambah penghasilan dan mencari pekerjaan dengan waktu fleksibel? Side hustle adalah solusi yang tepat untuk kamu coba. Jika bingung bagaimana cara memulainya, artikel ini akan membantu kamu.

Jadi, simak penjelasan tentang side hustle di artikel ini dengan baik, ya!

Apa Itu Side Hustle?

Apa Itu Side Hustle?

Banyak yang bilang, side hustle adalah efek dari hustle culture, yaitu budaya di mana bekerja menjadi kebiasaan. Padahal sebenarnya, side hustle adalah kegiatan yang dapat kamu lakukan jika memang penghasilan dari pekerjaan utama dirasa kurang bisa menutupi kebutuhan.

Bahkan, beberapa orang dengan pekerjaan full time di bidang yang sebenarnya tidak terlalu disukai, akan mencoba mengejar passion-nya melalui side hustling.

Ada banyak jenis side hustle. Berikut beberapa contoh side hustle yang mungkin salah satunya ingin kamu lakukan.

  • Penulis
  • Desainer
  • Fotografer
  • Videografer
  • Content creator
  • Online tutor

Contoh side hustle di atas adalah yang paling umum ditemukan di kalangan karyawan. Hal ini dikarenakan pekerjaan di atas menjadi passion dari beberapa orang, tetapi kurang bisa memberikan pendapatan yang tinggi. Maka dari itu, pekerjaan di atas dirasa lebih baik untuk dijadikan side hustle saja.

Namun, tak jarang juga orang lama kelamaan menjadikan pekerjaan sampingan sebagai profesi utama yang menggantikan pekerjaan mereka di kantor.

Baca Juga: 15 Kerja Online Untuk Pelajar yang Bisa Kamu Coba!

Perbedaan Side Hustle dengan Kerja Sampingan

Pada hakikatnya, side hustling memiliki konsep yang sama dengan kerja sampingan atau side job. Namun, jika dilihat secara lebih luas, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Berikut penjelasan perbedaan side hustle dengan kerja sampingan.

1. Tujuan Pekerjaan

Perbedaan side hustle dengan kerja sampingan yang pertama adalah dari tujuan pekerjaan. Side hustle adalah pekerjaan yang dikerjakan untuk memenuhi impian dan rasa puas. Memang juga untuk menambah penghasilan, tetapi itu bukan tujuan utama seperti pada kerja sampingan.

2. Waktu Pengerjaan

Baik side job maupun side hustle pada umumnya adalah berupa pekerjaan lepas atau freelance. Namun, side hustle yang bukan freelance akan lebih memiliki waktu fleksibel dalam pengerjaannya.

Sedangkan kerja sampingan memiliki waktu pengerjaan yang mirip dengan kerja full time, yaitu memiliki deadline ketat dan aturan dari pemberi kerja.

3. Cara Mendapatkan Pekerjaan

Side hustle bisa berupa freelance dengan cara melamar ke perusahaan yang sedang membutuhkannya. Namun, banyak side hustle yang berupa self employee, seperti memproduksi konten, tulisan, bahkan menciptakan karya handmade secara personal.

Untuk side job sudah dipastikan akan selalu didapatkan dengan cara melamar ke loker freelance yang sedang dibuka.

4. Beban Pekerjaan

Dari segi beban pekerjaan, side hustle bisa dibilang tidak seberat pekerjaan sampingan. Hal tersebut lantaran tugas side hustle lebih sedikit dibanding side job.

5. Keuntungan yang Didapat

Perbedaan side hustle dan kerja sampingan yang terakhir adalah keuntungan yang didapatkan.

Untuk side hustle, mendapatkan keuntungan secara materi lebih dirasa sebagai bonus, sementara keuntungan lainnya adalah menambah ilmu, kemampuan, hingga kepuasan diri. Sedangkan keuntungan kerja sampingan tentu saja meningkatkan pendapatan.

Baca juga: 11 Ide Jualan Online Tanpa Modal, Bisa Dilakukan Dari Rumah!

Manfaat Side Hustle

Manfaat Side Hustle

Di atas sudah dibahas sedikit tentang keuntungan side hustle. Nah, di bawah ini KitaLulus akan membahas dengan lebih detail tentang manfaatnya.

1. Penghasilan Tambahan

Meskipun dilakukan untuk memenuhi perasaan bahagia dengan melakukan kerja sesuai passion, tetapi side hustle adalah termasuk jenis pekerjaan. Jadi, kamu memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan berupa materi.

Contohnya ketika kamu suka menulis cerita fiksi. Saat kamu mengirim cerpen ke majalah, lalu dimuat, kamu akan mendapatkan royalti.

2. Mendapatkan Motivasi

Side hustle adalah kegiatan yang akan memberikan rasa bahagia. Hal ini karena ketika kita mengerjakan sesuatu yang disukai lalu mendapatkan apresiasi dalam bentuk materi, pujian, hingga menambah ilmu tentu menjadi hal yang membahagiakan. Sehingga itu akan menjadi motivasi tersendiri untuk kamu.

3. Menambah Skill

Side hustle adalah keberlanjutan dari hobi. Itu benar. Terkadang, tidak semua orang mendapatkan pekerjaan utama sesuai hobi, baik karena sengaja maupun karena tidak ada kesempatan.

Nah, dengan side hustling kamu bisa terus mengerjakan hobi dan memungkinkan untuk memperoleh bayaran dari sana, meskipun tidak banyak. Namun, dengan konsisten mengerjakannya, kamu bisa menambah skill hobi kamu tersebut.

4. Persiapan Career Switch

Tidak sempat bekerja sesuai hobi karena kurang skill atau budget untuk membeli peralatan yang dibutuhkan? Kamu bisa pelan-pelan dulu. Jadikan hobi tersebut sebagai side hustle. Setelah dirasa siap, ilmu sudah lebih baik dan perlengkapan sudah dibeli, kamu bisa melakukan career switch nantinya.

5. Mendapatkan Kepuasan Diri

Manfaat side hustle yang paling utama adalah mendapatkan content life. Kamu merasa puas dan penuh sehingga tidak memiliki penyesalan di masa tua.

Baca Juga: 15 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Cepat & Mudah

Tips Memulai Side Hustle

Jika dirasa kamu kurang motivasi dengan pekerjaanmu akhir-akhir ini, kamu bisa lho memulai side hustling. Berikut tips memulainya.

1. Pertimbangkan Skill yang Dimiliki

Cari tahu apa hobi yang bisa kamu kembangkan untuk dijadikan side hustle. Setelah menemukannya, gali potensi diri, pertimbangkan kemampuan yang dimiliki lalu dalami lebih lanjut.

2. Perhatikan Waktu Luang

Jika kamu adalah seorang karyawan yang bekerja dari Senin-Jumat pukul 9 pagi hingga 5 sore, berarti waktu dalam seminggu kamu sudah habis 40 jam. Itupun belum dihitung waktu lembur.

Dari fakta ini, kamu bisa mempelajari waktu luang kamu kapan saja. Waktu luang tersebut dapat kamu gunakan untuk memperdalam skill yang kamu miliki dan mengerjakan side hustle.

3. Perhatikan Pengeluaran dan Pendapatan

Pada umumnya, mengerjakan side hustle adalah kegiatan yang akan memperoleh tambahan penghasilan. Namun, tidak jarang juga side hustle akan membutuhkan pengeluaran, tetapi pengeluaran ini termasuk positif karena untuk kegiatan berpenghasilan.

Dari sini, kamu bisa mulai memperhatikan pengeluaran dan pendapatan untuk hal yang tak terduga.

4. Kerjakan Side Hustle dengan Sepenuh Hati

Jangan kerjakan side hustle jika kamu merasa terbebani. Pada dasarnya, side hustle adalah hobi yang memberikan penghasilan. Jadi, pastikan kamu mengerjakan side hustle dengan sepenuh hati dan merasa nyaman, ya.

5. Gunakan Aplikasi Pencarian Kerja Freelance yang Aman

Side hustle tidak selamanya berupa bisnis sendiri, kok. Ada pula side hustle yang berupa pekerjaan lepas, misalnya penulis. Kamu yang hobi nulis bisa melamar pekerjaan sebagai content writer atau editor lepas.

Lokernya bisa kamu cari melalui aplikasi pencarian kerja freelance seperti aplikasi KitaLulus. Aplikasi ini merupakan platform pencarian kerja teraman di Indonesia. Ada banyak jenis loker yang bisa kamu temukan, seperti full time, kontrak, remote working, dan freelancing. Sistem filternya akan mempermudah kamu menemukan pekerjaan sesuai kebutuhanmu.

Nah, itulah informasi tentang pengertian side hustle dan bedanya dengan side job. Side hustle adalah kegiatan yang memberikan relaksasi. Jadi, pastikan kamu melakukannya dengan nyaman, ya.

Dan ingat, cari pekerjaan melalui aplikasi KitaLulus. Caranya sangat mudah. Kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus di PlayStore lalu lakukan registrasi. Setelah itu kamu sudah bisa mencari loker sesuai kebutuhanmu.

Ada 92.000+ loker di aplikasi KitaLulus dari 50.000 lebih perusahaan di seluruh Indonesia. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini dan instal aplikasi KitaLulus sekarang juga yuk!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!