7 Jurusan Kuliah Diplomat, Tugas, Skill, dan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Diplomat adalah— Diplomat adalah suatu profesi yang memiliki banyak privilege dari negara asal bahkan negara lain. Jika kamu bercita-cita ingin menjadi diplomat, bertempat tinggal di negara lain untuk menjadi wakil negara tentang urusan politis, KitaLulus akan membantumu memahami profesi ini lebih mendalam.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa itu diplomat, kamu harus berkuliah di jurusan apa jika ingin menjadi diplomat, apa saja skill yang harus dikuasai, tugas dan tanggung jawab yang harus kamu emban, hingga cara menjadi diplomat.

Nantinya, di akhir artikel juga akan dijelaskan bagaimana jenjang karir dan informasi gaji diplomat yang mungkin bisa menjadi informasi tambahan kamu akan profesi ini. Cek artikel ini hingga akhir yuk!

Apa Itu Diplomat?

diplomat adalah

Diplomat adalah seseorang yang melakukan segala hal yang berkaitan dengan hubungan atau urusan resmi antara negara satu dan negara lain. Biasanya, diplomat akan ditempatkan di suatu negara dalam kurun waktu 2 hingga 3 tahun untuk mengerjakan berbagai hal.

Diplomat tidak hanya mengerjakan tugas untuk urusan negara asalnya dengan negara lain, tetapi bisa juga mengurus hal dengan suatu organisasi atau komunitas resmi di suatu negara.

Karena diplomat adalah sosok yang penting dari suatu negara untuk negara yang ditempatinya, ia mendapatkan banyak privilege. Salah satunya adalah dia memiliki passport hitam. Hanya orang yang memiliki urusan diplomatik yang memiliki passport ini sebab passport hitam berarti memiliki kebal hukum di suatu negara.

BACA JUGA: Wajib Dikuasai! Ini 13 Contoh Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Jurusan Kuliah Diplomat

jurusan kuliah diplomat

Apakah untuk menjadi diplomat harus menempuh pendidikan di Jurusan Hubungan Internasional? Mungkin, sebagian besar dari kamu akan menganggap demikian. Namun, ternyata tidak, lho.

Kamu bisa mengambil jurusan lain dan bisa berpeluang menjadi diplomat. Jurusan untuk menjadi diplomat memangnya apa saja, sih? Bisa simak penjelasan berikut yuk untuk memahaminya!

1. Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional menjadi jurusan yang paling terkenal untuk prospek kerja di luar negeri guna mengerjakan tugas politis suatu negara.

Tidak heran, sih, karena di jurusan ini, kamu bisa belajar berbagai hal kritis untuk menyikapi keadaan politis seluruh negara di dunia. Jadi, Hubungan Internasional bisa menjadi jurusan pilihanmu jika kamu ingin menjadi seorang diplomat.

2. Komunikasi

Menjadi diplomat adalah suatu hal yang membanggakan. Dia bisa berkomunikasi dengan mewakili negara asalnya guna menjaga hubungan baik dengan organisasi dunia atau negara lain.

Tidak ayal, profesi ini membutuhkan pemikiran kritis dan strategis dalam tingkat komunikasi lanjut. Jadi, jurusan Komunikasi, baik itu Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat, ataupun Manajemen Komunikasi bisa menjadi alternatif jurusan yang bisa kamu pilih.

3. Ilmu Ekonomi

Mengapa seorang lulusan Ilmu Ekonomi bisa menjadi seorang diplomat ketika lulus? Hal ini tentu saja karena diplomat adalah orang yang harus juga mengetahui bagaimana kondisi ekonomi suatu negara dan bagaimana pengelolaannya. Mahasiswa Ilmu Ekonomi akan mempelajari hal tersebut.

4. Bahasa & Sastra Asing

Selain karena mahasiswa jurusan bahasa dan sastra asing menguasai bahasa negara lain yang dibutuhkan dalam skill untuk menjadi diplomat, mahasiswa dari jurusan ini juga mempelajari politik dan budaya suatu negara. Kok bisa?

Hal tersebut dikarenakan, ketika mempelajari suatu bahasa, kamu tidak hanya menghafal suku kata lalu mengucapkannya dengan baik. Namun, kamu juga harus paham bagaimana budaya dan kondisi masyarakat di negara pengguna bahasa tersebut. Dengan memahaminya, kamu akan dengan mudah bersikap ketika berkomunikasi.

5. Ilmu Administrasi

Perencanaan pembangunan hingga administrasi suatu negara sudah pasti menjadi hal yang harus seorang diplomat pahami. Mahasiswa lulusan Ilmu Administrasi mempelajari hal tersebut sehingga tidak akan merasa kewalahan dengan tugas dan tanggung jawab diplomat.

6. Ilmu Hukum

Diplomat adalah seorang yang memahami dengan baik kondisi suatu negara tempatnya nanti bertugas. Baik dari segi ekonomi, pembangunan wilayah, bahkan kekuatan hukumnya. Jadi, Jurusan Ilmu Hukum akan menjadi studi yang pas untuk menjadi bekal kamu mengembang tanggung jawab seorang diplomat.

7. Ilmu Politik

Seperti halnya Jurusan Hubungan Internasional, Jurusan Ilmu Politik juga menjadi jurusan yang terkenal bisa menempati kursi diplomat. Hal ini tentu saja karena kebutuhan diplomat dipelajari dengan detail di Ilmu Politik.

Cara Menjadi Diplomat

cara menjadi diplomat

Apakah ketika lulus, bisa langsung menjadi seorang diplomat? Apakah ada proses rekrutmen seperti profesi lain? Profesi diplomat memang profesi yang unik. Kamu harus lagi menempuh beberapa pendidikan dan hal tersebut diatur langsung dalam peraturan pemerintah, lho, yaitu Peraturan Menteri Luar Negeri Nomor 9 Tahun 2020.

Berikut adalah penjelasan tentang cara menjadi diplomat yang bisa kamu pahami lebih detail:

  • Berkuliah di jurusan yang relevan.
  • Menjalani program sekolah dinas luar negeri (sekdilu) selama 6 hingga 8 bulan.
  • Menjalani program sekolah staf dinas luar negeri (sesdilu) selama 4 bulan.
  • Menjalani program sekolah staf dan pimpinan luar negeri (sesparlu) selama 4 bulan.
  • Menunjukkan sertifikat formal dan legal tentang kemampuan penguasaan bahasa asing.

BACA JUGA: 13 Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan dan Gajinya

Tugas Diplomat

Tugas diplomat adalah sesuatu yang rumit. Hal ini tentu saja karena seorang diplomat harus menjadi representasi suatu negara di negara lain sehingga harus bertindak bijak untuk menjaga nama baik negara asalnya.

Untuk tugas dan tanggung jawab utama seorang diplomat ada 6, yaitu representing, negosiasi, penjagaan, promosi, pelaporan, dan managing.

Berikut adalah tugas diplomat selengkapnya:

  • Representing alias menjadi perwakilan menjadi tugas utama diplomat guna memaparkan bagaimana maksud dan tujuan negara asalnya.
  • Melakukan negosiasi dengan negara tujuan untuk melakukan kerja sama saling menguntungkan.
  • Melakukan penjagaan terhadap hak negara asal, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, politik, hingga hukum.
  • Melakukan promosi terhadap berbagai hal dari negara asal kepada negara tujuan untuk meningkatkan pandangan baik negara tersebut.
  • Melakukan pelaporan terhadap segala hal yang dia lakukan di negara tujuan dan apa yang telah dicapai atas kesepakatan yang ditujukan.
  • Melakukan manajemen administrasi, mulai dari perencanaan hingga pencapaian yang telah dimiliki untuk kemudian dikelola menjadi hubungan yang berharga dan berjangka panjang.

Skill yang Harus Dikuasai

Skill yang harus dikuasai oleh seorang diplomat tentu saja kemampuan diplomasi yang andal. Sebab, dengan kemampuan tersebut, diplomat akan dengan mudah mengerjakan segala tugas dan tanggung jawabnya selama bertugas. Selain itu, skill lain yang harus dikuasai diplomat adalah:

  • Pemahaman akan politik berbagai negara yang baik.
  • Komunikasi andal.
  • Dapat bernegosiasi dengan baik.
  • Memiliki skill manajerial yang bagus.
  • Penguasaan berbagai bahasa asing.
  • Analytical thinking.
  • Deep research.
  • Manajemen emosi.
  • Mudah beradaptasi.

Jenjang Karir dan Gaji Diplomat

jenjang karir diplomat

Pada umumnya, gaji pokok diplomat disesuaikan dengan tempatnya bertugas. Sebagai contoh, ia bekerja di Amerika Serikat, maka kurs gajinya menggunakan USD. Gaji tersebut tentu saja di luar tunjangan dan bonus yang akan diterima.

Namun, jika ditotal dengan bonus dan tunjangan, gaji diplomat dapat mencapai Rp75.000.000 - Rp150.000.000 per bulannya.

Untuk jenjang karir diplomat ada 4, yaitu:

  • Atase dan Sekretaris III (Diplomat jenjang pertama)
  • Sekretaris II dan Sekretaris I (Diplomat ahli muda)
  • Counsellor, Minister Counsellor, dan Minister (Diplomat ahli madya)
  • Duta Besar (Diplomat ahli utama)

BACA JUGA: Tutorial Cara Lamar Kerja Di Aplikasi KitaLulus | Mudah, Cepat, Aman!

Bagaimana? Informasi detail tentang diplomat yang sudah KitaLulus jabarkan membuat kamu memahami bagaimana langkah yang harus kamu ambil untuk menjalani profesi ini? Tidak perlu bingung jika prosesnya rumit. Sebab, diplomat adalah sosok penting yang tidak semua orang cocok untuk menempati posisi ini.

Namun, untuk lulusan dari ketujuh jurusan yang dijelaskan di atas, tidak hanya menjadi diplomat, kok. Kamu bisa menjalani profesi apa pun asal memiliki pengalaman di bidang tersebut. Salah satunya adalah bergabung di suatu komunitas sesuai bidang incaranmu hingga menjalani internship.

Kedua langkah untuk mencapai karir impianmu tersebut bisa kamu dapatkan di KitaLulus, lho. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi KitaLulus di Playstore dan lakukan registrasi hanya dengan masuk ke akun Google aktif kamu saja.

Setelah itu, kamu bisa bergabung di komunitas incaran kamu atau mencari pekerjaan dengan posisi internship di bar pencarian kerja paling atas.

Yuk, instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan dapatkan karir impianmu dengan #LebihMudah, aman, dan terpercaya.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!