Mengenal Officer Development Program (ODP) & Tips Suksesnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Officer development program adalah program perekrutan yang khusus diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan calon karyawan. Program ini biasa disingkat dengan ODP.

Mengapa ODP dilaksanakan? Bagaimana proses melamarnya? Apakah sama dengan loker pada umumnya?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu bisa menyimak artikel ini. KitaLulus akan menjelaskan perihal apa itu officer development program (ODP) dengan lengkap.

Apa Itu Officer Development Program?

Officer development program adalah proses rekrutmen karyawan baru di sebuah perusahaan yang memadukan sistem pelatihan. Mengapa harus diberi pelatihan?

Hal ini dikarenakan perusahaan benar-benar ingin mendapatkan kandidat berkualitas sesuai dengan kebutuhan yang ada sehingga bisa menjalankan visi dan misi perusahaan dengan baik.

Jika dilihat, officer development program adalah program dengan proses pelaksanaan yang sama seperti management trainee (MT). Keduanya sama-sama ingin mendapatkan kandidat unggul yang nantinya akan ditempatkan di posisi manajerial perusahaan.

Jadi, kandidat harus menguasai berbagai kemampuan leadership dengan baik dan memahami cara kerja berbagai divisi.

Mungkin kamu bertanya-tanya, jika ODP berarti harus melakukan pelatihan, apakah nantinya akan dibayar? Tentu saja dibayar.

Kisaran gaji ODP adalah Rp2.500.000–Rp8.000.000. Besar nominalnya tergantung dari perusahaan pelaksana. Untuk bank yang membuka program ini bahkan bisa memberikan gaji hingga Rp6.000.000 per bulannya.

Baca Juga: Manfaat Training Karyawan Bagi Kelangsungan Hidup Perusahaan

Jenis Officer Development Program

Jenis Officer Development Program

Ada dua jenis officer development program, yaitu classical dan on the job training. Keduanya dilaksanakan secara urut sebagai bagian dari rangkaian program. Penjelasan jenis-jenis officer development program adalah sebagai berikut.

1. Classical

Jenis officer development program yang pertama adalah classical atau pelatihan in class. Sesuai namanya, kandidat akan diberikan pelatihan secara teoretik dan mereka akan dikumpulan dalam satu ruang atau kelas.

Mereka akan diberikan berbagai macam modul yang berisi tentang profil perusahaan, pelatihan soft skill, hingga materi tentang pemahaman job desk di setiap posisi yang ada di perusahaan.

2. On the Job Training

Officer development program adalah kegiatan yang pada dasarnya diadakan untuk melatih kandidat sehingga menjadi karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan. Inilah mengapa setelah para kandidat selesai dengan sistem classical, mereka akan melaksanakan on the job training.

Kamu tentu sudah sering mendengar istilah tersebut, bukan? Dalam proses ini, kandidat akan mulai menempati posisi yang dilamar dan mengerjakan tugasnya. Namun, mereka masih tetap dipantau dan didampingi oleh trainer yang biasanya adalah atasan di divisi bersangkutan.

Baca juga: Gimana Caranya Kerja di OJK? Simak Info Karir, Syarat, Lowongan, dan Gajinya

Hal yang Perlu Disiapkan untuk ODP

Hal yang Perlu Disiapkan untuk ODP

Karena seleksinya ketat dan pelaksanaannya juga tidak sederhana, sebelum kamu memutuskan melamar program ini, kamu harus memperhatikan syaratnya. KitaLulus telah merangkum beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk mengikuti ODP. Berikut penjelasannya.

1. Telah Lulus Pendidikan

Syarat pertama untuk mengikuti ODP adalah kamu sudah lulus dari pendidikan. Entah itu D3, D4, S1, atau S2, sesuai persyaratan masing-masing perusahaan. Namun, pada umumnya program ini dibuka untuk fresh graduate dengan minimal pendidikan D-3.

2. Memiliki Kemampuan yang Dibutuhkan

Perhatikan skill yang kamu miliki. Apakah sesuai dengan syarat yang ditentukan? Skill ini juga harus kamu sesuaikan dengan posisi yang dilamar, ya.

3. Memenuhi Syarat yang Ditetapkan Perusahaan

Tidak hanya tentang pendidikan dan skill, kamu juga harus memenuhi syarat lainnya yang ditetapkan perusahaan. Misalnya pengalaman kerja, tinggi badan, berat badan, dan syarat lainnya. Semakin kamu memenuhi semua poinnya, kesempatan lolos seleksi juga akan tinggi.

4. Memiliki Komitmen yang Kuat

Officer development program adalah proses yang panjang dan berat. Jangan bayangkan kamu akan mendapatkan pelatihan singkat dan menyenangkan. Seluruh materi harus kamu kuasai dan terdapat sesi praktiknya juga dalam penilaian. Jadi, kamu harus memiliki komitmen ketika memutuskan untuk mengikutinya.

5. Melengkapi Berkas dengan Baik

Berkas-berkas yang ditetapkan oleh perusahaan juga harus kamu perhatikan, seperti ijazah, transkrip nilai, foto formal, hingga surat bebas narkoba. Ini akan menjadi penilaian pada seleksi administrasi.

6. Mencari Tahu tentang Proses Seleksi Sebelumnya

Cari tahu seperti apa kegiatan ODP. Apa saja tahapannya, bagaimana suasananya, dan seperti apa prosesnya. Dengan mencari tahu, entah melalui internet atau bertanya ke teman yang sudah pernah menjalaninya, kamu akan memiliki bayangan dengan jelas dan bisa mempelajari setiap langkahnya untuk persiapan.

7. Jalani Proses Seleksi dengan Runtut

Hal terakhir yang harus disiapkan untuk mengikuti ODP adalah menjalani setiap proses seleksi dengan runtut. Misal, kamu ternyata lolos seleksi berkas dan harus melaksanakan interview HR. Kamu harus datang sesuai jadwal untuk melakukan wawancara tersebut.

Jangan sampai kamu melewatkannya. Karena sekali kamu melewatkan suatu proses, kamu akan langsung gugur.

Jika memang berhalangan hadir karena ada urusan urgent, kamu bisa coba berdiskusi dengan HRD-nya. Biasanya mereka akan dengan senang hati melakukan reschedule waktu interview.

Baca juga: 10 Contoh Soal Tes Psikotes dan Jawabannya Agar Lolos Kerja

Tips Sukses Mengikuti Seleksi ODP

Tips Sukses Mengikuti Seleksi ODP

Nah, agar kamu bisa lolos mengikuti program ODP yang diadakan perusahaan BUMN maupun perbankan, simak tipsnya berikut, ya!

1. Perhatikan Syaratnya

Tips pertama untuk mengikuti seleksi officer development program adalah pelajari syarat yang ditentukan oleh perusahaan yang ingin kamu lamar dan pastikan kamu memenuhi syarat tersebut.

2. Melengkapi CV dan Kemampuan Diri

Selanjutnya untuk mendaftar program ODP, biasanya kamu harus memenuhi syarat umum seperti berikut:

  • IPK minimal 3.00
  • Skor TOEFL minimal 500
  • Lolos seleksi matematika dasar
  • Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik
  • Mampu berpikir logis, jujur, dan bekerja di bawah tekanan
  • Siap ditempatkan di mana pun
  • Memiliki pengalaman organisasi akan menjadi nilai plus

3. Datang ke Job Fair

Pendaftaran ODP bisa jadi lebih cepat jika kamu berkunjung langsung ke job fair. Ada banyak perusahaan perbankan, BUMN, maupun swasta yang membuka lowongan pekerjaan di acara tersebut.

4. Berlatih Tes Tulis dan FGD

Tips agar lolos program ODP berikutnya yaitu berlatih tes tulis dan FGD. Biasanya, perusahaan akan melakukan tes tersebut sebelum melakukan interview. Jadi, pastikan kamu mempersiapkannya sedari sekarang agar nantinya bisa menjawab dengan benar.

5. Menjaga Kesehatan

Dalam seleksi ODP ada juga tes kesehatan atau medical check up. Untuk itu, kamu harus menjaga kesehatan diri. Konsumsi makanan sehat dan bergizi, rutin berolahraga setiap hari, serta istirahat cukup agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

6. Persiapkan Final Interview

Kalau kamu sudah sampai tahap interview terakhir, pelajari perusahaan yang kamu lamar. Misal tentang berita terkini yang berkaitan, produk atau jasa yang dijual perusahaan, kegiatan terbaru, dan lain sebagainya. Memahami ini semua akan menjadi nilai plus sehingga membuat kamu dipertimbangkan untuk diterima.

Baca juga: 5 Tahap Tes Medical Check Up untuk Kerja yang Harus Dilewati dan Biayanya

Bank yang Membuka Officer Development Program

Untuk kamu yang ingin berkarir di bidang perbankan, jangan khawatir. Ada banyak bank yang membuka officer development program, salah duanya adalah officer development program Bank Mandiri dan officer development program BNI.

Lebih lengkapnya, daftar bank yang membuka officer development program adalah sebagai berikut.

  • Bank Mandiri
  • Bank BNI
  • Bank BTN
  • Bank BRI Syariah
  • Bank Syariah Indonesia
  • Bank BJB
  • BCA Multifinance

Selain di bidang perbankan, ada pula perusahaan yang sering membuka program ODP, di antaranya FIFGroup, Jasa Marga, dan Toyota Astra Motor.

Itulah hal-hal terkait officer development program yang bisa kamu pelajari lebih mendalam. Officer development program adalah program yang memang dikhususkan untuk mendapatkan karyawan unggulan sehingga bisa memajukan perusahaan. Jadi, ikuti seluruh rangkaian programnya dengan disiplin, ya.

Apakah kamu tertarik untuk mengikuti ODP? Jika iya, di aplikasi KitaLulus memiliki banyak lowongan kerja officer development program. Kamu cukup instal aplikasi KitaLulus untuk bisa melamar kerja dengan mudah.

Setelah itu langsung ketikkan “officer development program” di bar pencarian paling atas. Nantinya kamu akan mendapati daftar officer development program yang bisa kamu lamar.

Aplikasi KitaLulus sendiri merupakan platform pencarian loker teraman dan terpercaya di Indonesia. KitaLulus memiliki sistem kurasi yang ketat untuk perusahaan yang sedang mencari kandidat berkualitas.

Jadi, jangan khawatir ketika melamar kerja melalui aplikasi KitaLulus. Yuk, langsung instal aplikasinya di smartphone kamu!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!