Close Pop up

17 Prospek Kerja Teknik Sipil Lengkap dengan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Berbagai jurusan teknik masih menjadi favorit untuk para calon mahasiswa baru, salah satunya adalah jurusan teknik sipil. Terlebih, prospek kerja teknik sipil terbilang variatif dengan gaji yang tinggi.

Jika kamu tertarik masuk ke jurusan ini, KitaLulus akan membantu kamu memahami jurusan ini lebih mendalam. Selain itu, kamu juga akan mendapat pencerahan mengenai lulusan teknik sipil kerja apa.

Tidak perlu berlama-lama, yuk langsung simak artikel berikut hingga akhir!

Tentang Jurusan Teknik Sipil

Nah, jika kamu masuk ke jurusan ini, nantinya kamu akan mempelajari geoteknik, struktur bangunan, hidro (keairan), transportasi, hingga lingkungan. Ilmu-ilmu tersebutlah yang menjadikan prospek kerja teknik sipil begitu beragam.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari saat menjadi mahasiswa teknik sipil adalah:

  • Gambar dan Struktur Bangunan
  • Mekanika Fluida dan Hidrolika
  • Rekayasa Transportasi
  • Geometri Jalan Raya
  • Struktur Baja
  • Struktur Beton Bertulang
  • Pelabuhan Udara
  • Pelabuhan Laut
  • Manajemen Alat Berat
  • Rekayasa Irigasi dan Bangunan Air
  • Geologi Rekayasa, Ilmu Ukur Tanah,

Dengan berkuliah di teknik sipil, nantinya kamu akan menguasai berbagai skill yang akan kamu butuhkan dalam dunia kerja, seperti:

  • Logical thinking
  • Analytical thinking
  • Designing
  • Kemampuan berkomunikasi dengan baik
  • Kemampuan perencanaan bangunan

Alasan Masuk Kuliah Teknik Sipil

Seperti yang kita tahu, pembangunan yang sedang ditargetkan di banyak negara membuat lulusan teknik sipil dicari di mana-mana. Maka dari itu, berkuliah di jurusan teknik sipil tentu akan menjadi peluang yang sangat menjanjikan.

Seorang lulusan teknik sipil mampu menghasilkan karya-karya yang bermanfaat untuk masyarakat. Merekalah yang membangun jalan, jembatan, terminal, pelabuhan, hingga bandara. Hal ini menjadi nilai tambah bagi seorang lulusan teknik sipil.

Selain di skala besar seperti infrastruktur negara, lulusan teknik sipil juga dicari oleh banyak perusahaan. Mereka membutuhkan seorang lulusan teknik sipil untuk mengisi dan memperkuat divisi pengembangan dan rekayasa bangunan.

Kemudian di samping bekerja pada orang lain, lulusan teknik sipil juga sangat mungkin untuk membuka usaha sendiri dan membuat lapangan kerja. Salah satu caranya adalah dengan menjadi konsultan bangunan. Kamu bisa memilih menjadi seorang kontraktor (perusahaan jasa konstruksi) maupun developer (perusahaan pengembang).

Baca juga: 10 Prospek Kerja Teknik Industri Paling Menjanjikan & Kisaran Gaji‍‍

Prospek Kerja Teknik Sipil

Setelah memiliki gambaran apa saja yang dipelajari saat menjadi mahasiswa teknik sipil serta kemampuan yang nantinya dikuasai, kini kamu akan menyimak karir apa saja yang bisa kamu coba.

1. Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate

Prospek Kerja Teknik Sipil

Prospek kerja teknik sipil yang pertama adalah profesi sebagai Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate. Posisi ini sangat cocok untuk jurusan teknik sipil karena tanggung jawabnya sangat berelasi dengan apa yang dipelajari saat kuliah.

Tanggung jawab Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate adalah sebagai berikut.

  • Melakukan observasi tentang tanah untuk diadakan pembangunan.
  • Membuat perencanaan tentang konsep pengembangan, komposisi penyewa, hingga budgeting untuk kemudian melakukan investasi pada pembangunan yang akan dilakukan.
  • Menganalisis kebutuhan pasar.
  • Membuat struktur organisasi perusahaan dan menyusun ide penjualan tentang properti yang akan dijual hingga melakukan maintenance-nya.

Gaji yang bisa kamu dapatkan dari karir ini adalah sekitar Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000. Nominal akan tergantung pada perusahaan dan kota di mana perusahaan tersebut berada karena menyesuaikan upah minimum tiap wilayah.‍

2. Konsultan Properti

Konsultan Properti

Untuk menjadi konsultan properti, lulusan teknik sipil harus memiliki beberapa sertifikat, seperti Broker Properti (BP), Manajemen Broker Properti (MBP), dan Manajemen Properti dan Investasi (MPI).

Gaji yang bisa kamu dapatkan di posisi ini sekitar Rp4.500.000 hingga Rp8.000.000. Jenjang karir yang bisa kamu dapatkan adalah:

  • Konsultan Properti Junior
  • Konsultan Properti Senior
  • Team Leader‍

3. Sales Perusahaan Konstruksi

Pengetahuan yang harus kamu miliki untuk menjadi sales perusahaan konstruksi di antaranya:

  • Strategic thinking
  • Research & observing
  • Analytical thinking
  • Kemampuan negosiasi yang baik
  • Kemampuan komunikasi yang andal

Gaji seorang sales perusahaan konstruksi cukup tinggi loh, yaitu sekitar Rp4.000.000 hingga Rp6.000.000, belum termasuk bonus dan komisi.

4. Surveyor Tanah

Surveyor tanah menjadi prospek kerja jurusan teknik sipil selanjutnya. Tidak sembarangan orang bisa menjadi surveyor tanah. Kamu bahkan harus memiliki sertifikat, seperti Sertifikasi Ahli Informasi Geospasial dan Sertifikasi Ahli Pemetaan.

Pengetahuan yang harus kamu kuasai berupa:

  • Ilmu ukur tanah
  • Mampu menggambar bangunan
  • Penguasaan alat ukur
  • Mengetahui tentang metode pelaksanaan bangunan

Rentang gaji surveyor tanah adalah Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000.

5. Kontraktor

Kontraktor

Jika ditanya sarjana teknik sipil kerja apa, maka salah satu jawabannya adalah bekerja sebagai kontraktor. Seorang kontraktor bisa mendapatkan gaji antara Rp3.500.000 hingga Rp5.500.000. Untuk menjadi kontraktor, kamu harus memiliki sertifikat Tenaga Kerja Kontraktor yang profesional.

Salah satu tanggung jawab yang nantinya kamu kerjakan adalah melaksanakan pembangunan kerja sesuai prosedur yang ditetapkan dalam kontrak‍.

Baca juga: Berapa Sih Gaji Arsitek di Indonesia dan Apa Saja Tugasnya? Ini Info Lengkapnya

6. Auditor

Auditor

Untuk menjadi auditor di ranah pembangunan, kamu nantinya akan mengecek kesehatan budgeting pembangunan tersebut. Sebagai lulusan teknik sipil, kamu tentu lebih memahami apakah budgeting direkayasa atau tidak.

Gaji seorang auditor biasanya berkisar pada angka Rp3.500.000 hingga Rp5.000.000. Jenjang karir yang bisa kamu dapatkan paling tinggi adalah menjadi Partner. Partner ini nantinya akan langsung bertanggung jawab dan terhubung dengan perusahaan klien.‍

7. Research & Development (R&D)

Berperan untuk memastikan kualitas berbagai hal yang dikeluarkan oleh perusahaan sesuai SOP yang ditentukan menjadi tugas utama tim R&D. Sebab, R&D staff menjadi pusat suatu produk akan diadakan. Gaji R&D staff adalah sekitar Rp4.000.000 hingga Rp6.000.000.

8. Geotechnical Engineer

Prospek kerja teknik sipil selanjutnya adalah geotechnical engineer. Berkarir di bidang ini bisa mendapatkan gaji yang tinggi lho, yaitu sekitar Rp4.000.000–Rp10.000.000. Rentang nominal tersebut bisa lebih tinggi lagi sesuai pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki.

Seorang geotechnical engineer akan bertugas untuk melakukan penelitian daerah, investigasi situs pembangunan, hingga melakukan pelaporan pembangunan.‍

9. Quality Assurance

Quality Assurance

Seorang quality assurance akan bertanggung jawab tentang pengecekan produksi sehingga tidak mengalami kendala dan produk yang dihasilkan sesuai standar perusahaan. Jenjang karir yang bisa didapatkan dalam posisi quality assurance adalah:

  • Staff Quality Assurance
  • Supervisor
  • Manager

Sebagai quality assurance, rata-rata gaji yang bisa kamu terima adalah Rp4.500.000 hingga Rp8.000.000. Nominal tersebut tentu saja bisa lebih besar tergantung pada kemampuan, pengalaman, dan kondisi perusahaan.‍

10. Quality Control

Jika quality assurance memeriksa produk saat akan dan sedang diproduksi, seorang di posisi quality control akan mengecek kualitas produk saat sudah selesai diproduksi. Dengan begitu, produk yang tidak lolos standar perusahaan tidak akan lolos ke pasar.

Gaji seorang quality control ada di rentang Rp3.500.000 hingga Rp5.000.000.

Baca juga: 17 Prospek Kerja Teknik Informatika dan Gajinya 2022‍‍

11. System Analyst

Lulusan teknik sipil juga bisa menjadi seorang system analyst. Rentang gaji yang didapatkan cukup tinggi yaitu Rp5.000.000–Rp11.000.000. Ini setara dengan tanggung jawab yang harus dikerjakan, salah satunya adalah melakukan analisis biaya pembangunan sistem dalam sebuah pembangunan sehingga biaya lebih efektif dan efisien.‍

12. Water Engineer

Water Engineer

Salah satu ilmu yang dipelajari selama berkuliah di teknik sipil adalah keairan. Oleh karena itu, water engineer bisa menjadi bidang karir lulusan teknik sipil. Gaji water engineer tinggi, lho. Kamu bisa mendapatkan Rp7.000.000 hingga Rp14.000.000 per bulannya.

Seperti namanya, tugas water engineer berupa perbaikan, maintenance, hingga mengontrol sumber air pada sebuah situs, seperti waduk.‍

13. Insinyur Situs Pembangunan

Insinyur Situs Pembangunan

Insinyur situs pengembangan nantinya akan melakukan kontrol terhadap sistem teknis pembangunan. Kamu juga akan bertugas menentukan lokasi pembangunan infrastruktur sehingga bangunan bisa berdiri dengan baik. Posisi ini memiliki rentang gaji antara Rp3.500.000 hingga Rp6.500.000.

14. Insinyur Lingkungan

Seorang insinyur lingkungan menjadi profesi yang menggabungkan beberapa ilmu, mulai dari biologi, kimia, dan ilmu teknik. Tugas yang dikerjakan adalah membuat solusi untuk pengembangan lingkungan. Rentang gaji yang didapatkan profesi ini cukup tinggi lho, yaitu Rp4.000.000 hingga Rp12.000.000.

15. Structural Engineer

Structural Engineer

Salah satu prospek kerja teknik sipil ini bertugas untuk merancang dan membangun berbagai bentuk bangunan. Nantinya, structural engineer juga berperan dalam memastikan bangunan yang akan dibangun memiliki struktur kokoh sehingga aman untuk ditempati.

Rata-rata gaji structural engineer adalah Rp6.000.000 hingga Rp10.000.000. Namun, jika kamu memiliki koneksi yang baik serta pengalaman yang terpercaya, penghasilan per bulan kamu bisa sampai 10 kali lipatnya, lho.‍

16. Urban Designer

Urban Designer

Urban designer biasanya akan bekerja sama dengan insinyur lingkungan hingga arsitek. Tugasnya adalah merancang bangunan atau wilayah terbuka yang bisa digunakan untuk umum. Gaji seorang urban designer rata-rata adalah Rp4.500.000 sampai Rp13.500.000, tergantung skala proyek yang didapatnya.‍

17. Pengajar/Guru/Dosen

dosen teknik sipil

Pengajar di bidang teknik sipil dibutuhkan di berbagai lembaga pendidikan. Untuk jenjang sekolah menengah, kamu bisa masuk ke SMK yang memiliki jurusan teknik sipil. Untuk jenjang universitas, kamu bisa menjadi dosen teknik sipil.

Rentang gaji yang bisa kamu dapatkan adalah sekitar Rp3.000.000 hingga Rp7.000.000, belum menghitung tunjangan, komisi, remunerasi, dan semacamnya. Namun sebelumnya, kamu harus memiliki sertifikat sebagai seorang pendidik yang terpercaya.‍

Baca juga: Berapa Gaji Dosen Negeri dan Swasta di Indonesia? Ini Rinciannya

Itulah penjelasan mengenai lulusan teknik sipil kerja apa beserta gajinya. Apakah sekarang kamu sedang mencari informasi lowongan kerja dari salah satu posisi di atas? Jika iya, kamu bisa gunakan aplikasi KitaLulus.

Kamu cukup instal aplikasi KitaLulus. Lakukan registrasi hanya dengan masuk ke akun Google kamu. Anti ribet, bukan?

Di aplikasi KitaLulus terdapat lebih dari 90.000 informasi lowongan kerja dari berbagai perusahaan di seluruh Indonesia. Cari lowongan kerja di bagian kolom pencarian dengan mengetik nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan. Nantinya, kamu juga bisa melakukan filter info loker dengan sistem kerja atau gaji tertinggi.

KitaLulus juga memiliki fitur komunitas dan soal psikotes. Jadi, di samping kamu mencari lowongan kerja yang sesuai, kamu juga bisa menambah ilmu serta relasi.

Yuk langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Dapatkan karir impian kamu dengan #LebihMudah, terpercaya, dan menyenangkan!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!