15 Rekomendasi Kegiatan Me Time untuk Menenangkan Pikiran, Favoritmu yang Mana?

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Me Time adalah — Kegiatan yang padat setiap hari terkadang membuat kita lelah, tidak hanya fisik tetapi juga mental. Inilah mengapa me time adalah hal yang kita butuhkan untuk sekadar bersantai sejenak.

Jika kamu sekarang sedang bingung bagaimana memilih waktu yang tepat untuk melakukan me time tanpa merasa bersalah ke anak, pasangan, hingga pekerjaan, maka artikel ini bisa membantumu. KitaLulus akan menjelaskan tentang me time secara detail, mulai dari manfaat hingga rekomendasi kegiatan yang bisa kamu coba.

Jangan di-skip dan baca artikel ini hingga akhir ya.

Apa Itu Me Time?

Sesuai dengan namanya, me time adalah kegiatan curi waktu untuk diri sendiri. Jadi, kata kunci yang bisa kamu pegang adalah diri sendiri dan meluangkan waktu. Hal ini karena seberapa ekstrover pun kamu, pasti membutuhkan waktu sendiri untuk sekadar merenung atau beristirahat dengan tenang, kan?

Bagi introver, kegiatan me time adalah suatu kewajiban. Sebab, bagaimana pun introver pasti membutuhkan waktu untuk melakukan recharge energi. Begitu pula ekstrover. Mungkin, jenis kegiatannya yang berbeda karena kepribadian keduanya dalam mengisi kembali energi memang berbeda cara.

BACA JUGA: Mengenal Multitasking, Kelebihan, Kekurangan, dan Tips Melakukannya Saat Kerja

Pentingnya Me Time

pentingnya me time

Me time adalah waktu yang penting untuk kamu gunakan menyendiri dan memahami diri sendiri dengan baik. Tanpa interupsi dari orang lain, bisa jadi kamu akan memahami apa yang kamu mau sebenarnya. Dengan me time, kamu juga biasanya menemukan kegiatan atau hobi baru yang asik dan mendistraksi dari jenuhnya kegiatan setiap harinya.

Selain itu, ada banyak lagi manfaat me time yang bisa kamu pahami. Berikut beberapa manfaat me time yang bisa kamu rasakan nantinya.

  1. Memahami diri dengan lebih baik
  2. Melakukan recharge energi sehingga lebih bersemangat lagi
  3. Lebih produktif dan berkonsentrasi
  4. Menenangkan pikiran
  5. Meningkatkan manajemen waktu
  6. Lebih sehat secara mental dan fisik
  7. Meminimalisir stres

Cara Meluangkan Waktu untuk Me Time

Jika kegiatan penuh, terlebih untuk ibu bekerja, bagaimana sih cara meluangkan waktu untuk me time? Yang perlu kamu pahami, me time adalah kegiatan relaksasi di mana kamu bisa bersantai. Jadi, ketika kamu sudah sangat penat dengan kegiatan, me time harus benar-benar kamu luangkan.

Jika ingin berkomitmen untuk meluangkan waktu me time, mungkin kamu bisa mengambil jeda beberapa jam atau bahkan seharian dalam satu bulan. Untuk kamu yang masih belum berumah tangga dan merantau, mendapatkan waktu me time pasti mudah.

Untuk kamu yang sudah berkeluarga bahkan memiliki anak yang masih kecil, kamu bisa berdiskusi dengan suami kamu. Rundingkan dan jelaskan bahwa kamu butuh waktu sendirian untuk menenangkan diri.

Yang pasti, jangan pernah merasa egois karena harus meluangkan waktu sendiri ya. Karena me time adalah hal yang tidak hanya sekadar untuk kebutuhan diri sendiri, tetapi juga terkadang akan berpengaruh terhadap cara kamu merespons emosi. Jika terlalu penat, pasti akan cepat tersulut emosi, kan?

Rekomendasi Kegiatan Me Time

rekomendasi kegiatan me time

Bagaimanapun, kegiatan me time adalah menghabiskan waktu dengan diri sendiri untuk melakukan suatu hobi atau hanya sekadar istirahat. Namun, terkadang kegiatan yang sama untuk dilakukan berulang kali ketika me time juga membuat jenuh, kan?

Oleh karena itu, berikut KitaLulus berikan 15 rekomendasi kegiatan yang bisa kamu pilih dan coba untuk dilakukan selama me time. Yuk, disimak. Siapa tahu kamu menemukan hobi baru yang asik dan bisa menambah energimu untuk melakukan kegiatan rutin seperti biasa.

1. Membaca Buku

Sebagai bookworm, membaca buku tentu saja mengasyikkan. Namun, saat banyak deadline, anak sedang rewel, atau tugas menumpuk, meluangkan waktu untuk membaca buku itu sulit sekali. Nah, meluangkan me time untuk membaca buku favorit sudah pasti seru.

2. Jalan-Jalan

Berjalan-jalan santai saat me time akan membantu kamu mendapatkan pemandangan baru yang menyenangkan. Nah, bagi ekstrover, kegiatan ini bisa menjadi alternatif. Me time-nya dapat, tetapi tetap bisa berinteraksi dengan orang lain.

3. Menonton Series Kesukaan

Banyak serial baru di platform menonton film. Namun, karena kerjaan kamu menumpuk, anak tidak bisa ditinggal sedikit pun, atau tugas kuliah harus diselesaikan segera, waktu untuk menonton serial-serial tersebut tidak ada. Meluangkan waktu untuk menonton serial tersebut bisa kamu lakukan sebagai hiburan dan mengumpulkan energi baru ya.

4. Menonton Bioskop

me time menonton bioskop

Terkadang, menonton film atau serial di rumah sendiri kurang menarik rasanya dibanding menonton film di bioskop. Sensasi menonton tayangan di layar yang besar dengan suara yang keras bersama banyak orang asing menjadi keasyikan tersendiri ketika menonton bioskop.

BACA JUGA: Self Healing Artinya Menyembuhkan Luka Batin Sendiri, Bagaimana Cara Melakukannya?

5. Journaling

Saat kecil, menulis buku harian terasa seru. Ketika sudah dewasa, buku harian terasa terlalu “lucu” untuk dipegang dan menjadi tempat curhat. Oleh karena itu, journaling bisa menjadi alternatif. Selain bisa sedikit mencurahkan hati, kamu juga bisa menghiasnya dengan cantik dan itu bisa membuat relaks, tenang, dan puas.

6. Menulis

Menulis yang dimaksud bukan menulis diary. Beberapa orang, menulis cerita sederhana bahkan menulis opini bisa berfungsi untuk mengurangi stres. Maka dari itu, me time dengan menulis bisa menjadi pilihan kegiatan yang menyenangkan.

7. Mengedit Video

Siapa nih yang aktif mengunggah konten di media sosial? Ketika memiliki waktu untuk me time, mengedit video bisa menjadi kegiatan yang seru. Footage-footage yang ada di galeri akhirnya bisa dimanfaatkan dan menjadi konten yang keren untuk dibagikan di linimasa media sosial kamu.

8. Hunting Foto

Ada yang suka fotografi? Memiliki waktu luang untuk dihabiskan dengan diri sendiri dan bingung ingin melakukan apa, berjalan-jalan sambil hunting foto bisa menjadi pilihan terbaik. 

9. Memasak

memasak untuk me time

Menyukai kegiatan memasak, tetapi membuat sarapan saja tidak ada waktu karena pekerjaan sangat padat? Nah, sekarang saatnya kamu bersenang-senang dengan berbagai peralatan masak di dapur. Utak-atik dan temukan resep enak versi kamu.

10. Membuat Handicraft

Membuat gelang dari pernak-pernik, merajut, menghias bingkai foto, dan membuat barang handicraft lainnya bisa menjadi kegiatan seru untuk dilakukan ketika me time.

11. Berolahraga

Me time adalah kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan diri dari rutinitas harian yang membosankan. Berolahraga, mulai dari jogging hingga pergi ke gym, bisa kamu lakukan juga lho untuk membuat fisik lebih rehat dan bugar.

12. Membersihkan Rumah

Siapa di sini yang ketika merasa stres justru membersihkan sekeliling?  Ini terjadi karena ketika kita melihat lingkungan rapi dan bersih akan membuat pikiran tenang.

13. Istirahat

Bingung ingin melakukan apa saat memiliki waktu untuk me time? Maka, jangan melakukan apa-apa. Setelah merasa lelah, baik fisik maupun pikiran, yang kamu butuhkan adalah beristirahat dengan tenang tanpa distraksi dari notifikasi pekerjaan ataupun interupsi lainnya.

14. Bermeditasi

Menenangkan pikiran banyak caranya, salah satunya adalah melakukan meditasi. Kamu bisa menyetel musik yang menenangkan untuk mengiringimu beryoga. Ini akan membuat kamu lebih relaks dan tenang lalu keesokan harinya siap menjalani rutinitas seperti biasanya.

15. Perawatan Diri

perawatan diri untuk me time

Baik cewek ataupun cowok, merawat diri itu perlu, lho. Tubuh yang bersih, rapi, dan wangi akan membuat pikiran lebih tenang. Jadi, ketika akhirnya memiliki waktu untuk me time, pergi ke salon atau spa bisa menjadi kegiatan yang asik untuk dilakukan.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Aplikasi Produktivitas Gratis Terbaik, Biar Kerja Lebih Efektif!

Itulah 15 rekomendasi kegiatan me time yang bisa kamu pilih. Me time adalah kunci kesehatan mental. Jadi, jangan sungkan untuk meluangkan waktu dengan diri sendiri ya.

Dan jika sekarang kamu sedang merasa stres karena tak kunjung mendapatkan karir impian, no more worries. KitaLulus memiliki 50.000+ informasi loker yang bisa kamu akses secara gratis dan mudah untuk melamarnya. Gimana caranya? Sangat mudah, kok.

Kamu hanya perlu instal aplikasi KitaLulus di Playstore. Lakukan registrasi dengan masuk ke akun Google kamu. Setelah itu kamu bisa memilih loker dengan mengetik nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan. Setelah itu, kamu juga bisa melakukan filter dengan memilih loker sesuai dengan sistem kerja, jenjang pendidikan, hingga gaji tertinggi.

Yuk, lekas instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Dapatkan pengalaman #LebihMudah dalam mendapatkan karir sesuai passion.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!