Foreman adalah Penanggungjawab Produksi, Ini Tugas dan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Foreman adalah— Ketika bekerja, biasanya kamu memiliki atasan langsung yang akan memberikan penilaian terkait kinerja, sikap, hingga pekerjaan keseluruhan. Nah, itulah yang disebut foreman. Secara sederhana, foreman adalah leader. Bedanya, foreman memiliki tingkatan lebih tinggi lagi karena biasanya perusahaan dengan divisi produksi memiliki posisi foreman yang berada di dua tingkat di atas operator.

Jika kamu ingin bekerja di perusahaan dengan proyek lapangan hingga area produksi, kamu harus mengenal posisi foreman. Sebab, pada umumnya leader tetap harus dipantau oleh foreman. Jadi, posisi foreman adalah posisi ini ideal jika kamu ingin memiliki jenjang karir di suatu perusahaan sejenis ini.

KitaLulus sudah menyusunkan berbagai penjelasan tentang foreman. Kamu bisa membaca artikel ini hingga akhir untuk tahu tentang pengertian, tugas, skill yang harus dikuasai dan informasi gaji seorang foreman ya.

Apa Itu Foreman Produksi?

foreman adalah

Secara definisi, foreman adalah seorang pemimpin dari operator-operator di bagian produksi. Foreman lebih tinggi dibanding para leader karena nantinya akan memeriksa para leader juga. Namun, penilaian terhadap para operator tetap terpantau langsung oleh foreman.

Untuk bisa menempati ini, jurusan apa sih yang harus diambil ketika kuliah? Jawabannya adalah menyesuaikan bidang bisnis perusahaan yang nantinya akan kamu apply. Jika kamu melamar di perusahaan yang bergerak di bidang industrial, Jurusan Teknik Industri dan Teknik Sipil akan ideal karena syarat dan ketentuannya menyebutkan kedua jurusan tersebut.

Namun, secara umum, jurusan seperti Manajemen Bisnis, Teknik Industri, dan dan Administrasi bisnis menjadi tiga jurusan unggul yang bisa kamu prioritaskan untuk bisa menempati posisi ini.

Terlebih, untuk bisa menjadi foreman dari posisi bawah, kamu juga harus menjadi operator terlebih dahulu sebelum kemudian mendapat promosi. Dan untuk menjadi operator tentu saja syarat dan kualifikasinya harus menyesuaikan bidang kerja.

Tugas Foreman Produksi

tugas foreman produksi

Tugas dan tanggung jawab utama seorang foreman adalah memantau kinerja para operator untuk kemudian memberikan penilaian.

Untuk lebih detailnya, berikut adalah tugas foreman produksi yang bisa kamu pahami lebih lanjut:

  • Mengecek seluruh keadaan di wilayah produksi.
  • Mengecek fasilitas dan kebutuhan para operator.
  • Memberikan brief tentang tugas dan tanggung jawab seluruh operator secara teknis dan praktis.
  • Memberikan arahan kepada para leader sehingga dapat memantau para operator ketika dia tidak di tempat.
  • Memastikan seluruh mesin produksi berfungsi dengan baik sehingga kinerja para operator tidak terhambat.
  • Memberikan dukungan moral kepada operator sehingga mereka merasa nyaman ketika ada kendala personal atau tim.
  • Menjadi fasilitator atau penghubung antara para operator dengan team leader mereka.
  • Memberikan informasi tambahan terkait brief pekerjaan kepada operator baru.
  • Membuat keputusan akhir ketika terjadi masalah terkait pekerjaan ataupun perselisihan tim.
  • Melakukan monitor terkait hak dan kewajiban para operator dan leader di wilayah produksi.
  • Memastikan standar keamanan dan keselamatan wilayah kerja terpenuhi dan diterapkan oleh seluruh tim produksi.

BACA JUGA: 7 Jenis Helper dan Tugasnya, Apa Saja? Simak Juga Info Gajinya

Skill untuk Menjadi Foreman Produksi

skill foreman produksi

Dari daftar tugas dan tanggung jawab di atas, kamu tentu memahami apa saja sih skill yang harus dimiliki untuk menjadi foreman. Secara hard skill, nantinya kamu harus menyesuaikan dengan perusahaan tempat kamu bekerja.

Nah, kalau untuk soft skill, apa saja sih yang harus dikuasai? Berikut beberapa skill untuk menjadi foreman produksi:

Jenjang Karir dan Gaji Foreman Produksi

Jenjang karir yang akan kamu lalui untuk menjadi foreman adalah mulai dari operator tentu saja. Jenjang ini harus kamu lalui jika memang kamu adalah seorang lulusan baru. Untuk kecepatan promosi menjadi foreman akan tergantung pada keadaan perusahaan masing-masing.

Yang pasti, di setiap perusahaan yang memiliki divisi produksi, akan memiliki struktur posisi sebagai berikut:

  • General Manager
  • Deputi General Manager
  • Manager
  • Assistant Manager
  • Supervisor
  • Foreman
  • Leader
  • Operator

Posisi teratas adalah General Manager di mana akan menjadi atasan dari seluruh tim di bawahnya. Namun, tidak seperti foreman yang akan langsung mengecek seluruh operator, semakin ke atas di suatu posisi, mereka hanya akan mengecek para atasannya saja.

Khusus untuk general manager akan turun tangan mengecek operator ketika ada operator yang berbuat kesalahan fatal. Biasanya, pengecekan ini dilakukan sebelum kemudian ditindak lanjuti oleh HRD untuk diberikan sanksi atau semacamnya.

Posisi foreman yang merupakan tingkatan lebih tinggi dibanding leader sudah pasti memiliki nominal gaji yang tinggi. Rentang gaji foreman di Indonesia berkisar pada angka Rp4.200.000 – Rp5.500.000. Nominal ini tentu bisa lebih tinggi lagi jika kamu bekerja di perusahaan dengan skala produksi yang lebih luas.

BACA JUGA: 4 Lowongan Kerja Astra Terbaru, Simak Syarat dan Cara Melamarnya

Itulah berbagai informasi tentang foreman yang bisa kamu ketahui dan pelajari. Jadi, ketika kamu menarget posisi ini sebagai jenjang karir masa depan, kamu mengetahui hal apa yang harus dilakukan, dikuasai, dan digapai terlebih dahulu.

Ada banyak sekali loker untuk posisi kerja di bagian produksi jika kamu mengaksesnya melalui aplikasi KitaLulus. Perusahaannya pun ada berbagai macam, mulai dari perusahaan lokal rintisan hingga multinational company yang bisa memberikan fasilitas terbaik untukmu.

Aplikasi KitaLulus bisa kamu unduh di Playstore. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 1.000.000 pengguna lho. Mudah digunakan dan aman diakses oleh para pelamar menjadi keunggulan dari KitaLulus. Tidak hanya itu, ada banyak fitur berguna juga yang bisa menunjang karir kamu.

Yuk, instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan rasakan manfaatnya. Mendapatkan karir terbaik dan #LebihMudah ya hanya dengan KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!